10 Hal yang Harus Dilakukan dalam Persiapan Umroh

bismillahirrahmanirrahim, 

Pergi ke tanah suci sudah tentu merupakan impian hampir seluruh umat muslim di dunia. Tidak terkecuali aku. Bisa mendapatkan paket umroh Oktober merupakan salah satu mimpiku. Doakan saja aku bisa mewujudkan impian aku ini.

Sambil menanti terwujudnya mimpi aku untuk bisa melangsungkan ibadah umroh, tak ada salahnya aku mulai mempersiapkan segala keperluannya. Memangnya apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk umroh? Berikut ini ada 15 hal yang harus disiapkan untuk ibadah umroh. Yuk, disimak.

persiapan umroh

10 Hal yang Harus Dilakukan dalam Persiapan Umroh

1. Paspor

Untuk melakukan perjalanan ibadah umroh ke tanah suci, Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia memiliki peraturan bagi orang-orang yang ingin masuk ke kerajaan Saudi Arabia yakni harus memiliki paspor dengan nama yang terdiri dari 3 suku kata, karenanya jangan lupa untuk urus penambahan nama terlebih dahulu bila belum terdiri dari 3 suku kata untuk persiapan umroh.

Sekarang ini proses pembuatan paspor sudah cukup mudah, daftar online terlebih dahulu untuk pengajuan permohonan paspor, pemohon dapat langsung mengajukan permohonan pembuatan paspor ke Kantor Imigrasi di wilayah masing-masing dengan syarat yang telah ditentukan.

2. Vaksin

Kesehatan tubuh yang prima dibutuhkan untuk beribadah haji atau umrah, karena beribadah bersama ribuan orang dari berbagai penjuru dunia memungkinkan tersebarnya berbagai penyakit. Maka dari itu diperlukan vaksin dalam persiapan umroh untuk mengurangi risiko terpapar bakteri dan virus berbahaya. Salah satu vaksinasi yang dilakukan sebelum ibadah haji dan umroh adalah suntik meningitis.

Seluruh peserta haji dan umroh wajib memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah memperoleh vaksin meningitis. Selain melakukan vaksin, pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat ibadah ke tanah suci juga penting dilakukan untuk persiapan umroh.

3. Kondisi Tubuh

Dengan adanya perbedaan cuaca yang cukup ekstrim antara Indonesia dan Arab Saudi, jangan lupa untuk menpersiapkan badan beberapa bulan sebelum keberangkatan agar tetap fit.

Menjaga tubuh untuk persiapan umroh ini bisa dilakukan dengan memperhatikan asupan gizi tubuh lewat makanan bergizi, olahraga teratur, hingga konsumsi multivitamin. Dengan begitu, daya tahan tubuh dapat terjaga dengan baik saat menghadapi cuaca apapun di tanah suci.

4. Rohani

Selain tubuh, kondisi rohani juga harus disiapkan. Luruskan niat semata-mata beribadah karena menyambut panggilan Allah taala. Niat akan menentukan amal yang akan dikerjakan, dengan lurusnya niat semoga akan membantu dalam mengerjakan umroh yang kita kerjakan dengan sempurna.

Jangan lupa untuk membersihkan hati. Bertaubat atas semua kesalahan yang pernah dikerjakan. Tentu saja sulit mengingat-ingat hal yang sudah dilakukan, karenanya lebih baik bila sebelum berangkat umroh kita meminta maaf terutama kepada orangtua, keluarga, tetangga terdekat, serta teman-teman.

5. Pakaian perempuan

Perempuan memiliki barang bawaan yang lebih banyak daripada laki-laki. Mulai dari hijab, baju gamis atau abaya, inner untuk hijab, kuncir rambut, pembalut, peniti, tas kecil, mukena, dan pakaian dalam.

Pilih pakaian yang nyaman, menyerap keringat, serta tidak membentuk badan. Biasanya warna putih menjadi warna pakain favorit, tapi pastikan agar tidak menerawang.

6. Pakaian laki-laki

Laki-laki memiliki ketentuan tersendiri untuk memakai baju ihram, kain tanpa jahitan. Usahakan membawa lebih dari satu supaya bisa dipakai bergantian. Selain ihram, bawa pula baju yang nyaman untuk nantinya melepas ihram.

7. Perawatan untuk wajah dan kulit

Hawa di sana cenderung panas. Jadi bawalah sunscreen atau sunblock dan pelembab untuk melindungi kulitmu. Bawa juga beberapa krim khusus sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Apalagi kalau kamu punya kulit yang sensitif. Pastikan tak memiliki bau yang menyengat ya.

8. Salin dokumen penting

Layaknya pergi ke negara orang, ketika umroh salin semua dokumen penting, seperti paspor yang kamu miliki. Simpanlah salinan dokumen tersebut di dalam tasmu, dan kirim bentuk softcopy ke smartphone dan keluargamu yang berada di rumah.

9. Travel yang terpercaya

Tentunya masih membekas dalam ingatan kejadian dimana travel penyelenggara umroh gagal memberangkatkan jemaatnya. Mau tak mau kita harus ekstra hati-hati saat memilih travel untuk berangkat umroh.

Agar tidak tertipu, pastikan travel yang kita pilih sudah memiliki izin resmi dari Kementerian Agama, pastikan juga jadwal keberangkatan serta penerbangan dan penginapannya serta visa. Tak ada salahnya kita mencari tahu testimoni rombongan yang sudah berangkat.

10. Membuat budget

Meski tidak semahal haji, tapi tetap saja harga umroh masih terbilang cukup besar. Mau tak mau tetap saja kita harus mengumpulkan budet. Tapi bila kita jeli memilih umroh promo mungkin kita akan bisa mendapatkan harga paket yang sesuai dengan budget kita.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *