Parenting

10 Ide Gambar Untuk Anak TK Belajar Melukis

bismillahirrahmanirrahim,

Belajar menggambar anak dapat menjadi alternatif pengenalan seni guna mewujudkannya.
Image Credit freepik

Mama dan Papa pasti menghendaki agar anak tumbuh cerdas, sehat dan kreatif. Belajar menggambar anak dapat menjadi alternatif pengenalan seni guna mewujudkannya. Selain meningkatkan kreativitas, anak juga belajar mengutarakan pendapat, serta melatih kepekaan menjadi sumber kesehatan. Sebab anak yang ceria, aktif dan kreatif juga ciri anak sehat.

Bagi anak usia dini, Mama dapat membimbing dengan cara menggambar anak TK. Mulai dari mengenal warna, membuat garis-garis juga bentuk sederhana kemudian memadupadankannya. Belajar seni bukan bertujuan menjadikan Si Kecil sebagai seniman, melainkan sebagai langkah pembentukan karakter sesuai usianya.

Manfaat Belajar Menggambar Anak

Umumnya anak-anak usia dini akan menyukai kegiatan menggambar juga mewarnai. Selain sebagai sarana bermain hal ini juga menjadi bentuk ekspresi. Dari awalnya mencoret-coret, kemudian dilanjutkan dengan menggambar hingga melukis.

Pada saat Si Kecil menggambar, artinya ia tengah melatih ketelitian, sedangkan saat melukis artinya anak sedang memvisualisasikan apa yang dia bayangkan. Namun, keduanya memberi manfaat yang sama bagi perkembangan anak Mama dan Papa. Berikut ini beberapa manfaat menggambar bagi Si Kecil.

  • Sarana mengekspresikan isi hati
  • Sebagai media bercerita
  • Sarana bermain dan belajar
  • Melatih ingatan dan berpikir menyeluruh
  • Meningkatkan kreativitas
  • Melatih keseimbangan dan kepekaan

Dengan memahami manfaatnya, Mama dan Papa dapat lebih memahami kondisi Si Kecil. Mereka akan belajar terbuka serta berkomunikasi, ketika Mama dan Papa memulai interaksi dengan mengomentari hasil karyanya. Untuk memudahkan belajar menggambar anak, Mama dan Papa dapat mengikuti beberapa ide berikut ini.

Ide Gambar Untuk Belajar Menggambar Anak TK Juga Melukis

Mama dan Papa bisa membantu Si Kecil belajar menggambar mulai dari yang sederhana. Selain itu, aktivitas menggambar harus tetap menyenangkan agar mereka tidak bosan. Berikut beberapa ide gambar yang bisa Mama dan Papa coba ajarkan pada anak-anak.

1. Gambar Hewan dari Pola Angka

Anak-anak umumnya menyukai karakter binatang. Sambil belajar menggambar, Mama dan Papa bisa sekaligus mengenalkan angka kepada mereka. Coba buat gambar pinguin dari angka 8, atau dinosaurus dari angka 7. Anak-anak akan lebih antusias belajar menggambar hewan favoritnya dan bonus belajar angka.

2. Lukisan Abstrak dari Ban Mobil Mainan

Warna akan sangat menggoda bagi anak-anak. Untuk mengenalkan sekaligus belajar memadukannya, Mama atau Papa bisa memanfaatkan mainan anak yang ada. Bisa mobil-mobilan atau mainan beroda lainnya. Celupkan bagian ban atau roda pada cat minyak atau cat air, lalu jalankan. Maka terciptalah lukisan abstrak yang mengagumkan dari paduan warna favoritnya.

3. Gambar Pohon Dari Cotton Bud

Ketika Si Kecil baru belajar menggambar ataupun melukis, Mama tidak perlu repot menyiapkan alat yang terlalu lengkap. Asal ada cat air atau cat minyak juga pensil warna atau crayon, kegiatan menggambar sudah bisa dilakukan.

Si Kecil bisa belajar menggambar pohon dengan media cotton bud yang dicelupkan ke cat air atau cat minyak. Tidak ada kanvas, gunakan kaos bekas atau buku gambar biasa. Buat pola batang pohon dan ranting dengan crayon atau pensil warna. Lalu cotton bud yang sudah dicelupkan ke cat tadi untuk membuat pola daunnya. Menarik dan menyenangkan bukan!

4. Gambar Bunga dari Pantat Botol Plastik

Ide gambar selanjutnya yang menyenangkan untuk dicoba adalah bunga. Terkadang anak-anak kesulitan menggambar bunga dengan ukuran kelopak yang sama. Kali ini Mama bisa memanfaatkan botol plastik bekas untuk membantu belajar menggambar anak.

Pantat botol dicelupkan ke cat minyak sesuai warna yang diinginkan Si Kecil. Selanjutnya tempel pada media seperti kanvas, buku gambar, kaos atau sterofoam maka akan terbentuk pola bunga dengan lima kelopak yang indah.

5. Gambar Bunga Tulip dari Garpu

Melukis tidak harus menggunakan kuas. Garpu juga bisa dijadikan pengganti kuas. Minta Si Kecil menggambar batang bunga dari cat hijau menggunakan jarinya, atau bisa juga dengan crayon atau pensil warna. Setelah itu celupkan punggung garpu ke dalam cat warna, lalu tempelkan tepat di atas batang yang sudah dibuat sebelumnya. Maka gambar bunga tulip yang indah sudah berhasil dibuat.

6. Gambar Pemandangan dengan Finger Painting

Belajar sambil bermain, akan menyenangkan. Mereka bisa belajar menggambar pemandangan dengan bantuan Mama dan Papa menggunakan teknik finger painting.

Celupkan jari ke dalam cat, lalu tempelkan pada kanvas ataupun kertas gambar. Bantu membuat hamparan langit dengan warna biru, kemudian bentuk gunung dengan warna hijau, serta pemandangan alam lainnya. Anak-anak akan bebas berimajinasi dan berkreasi dengan teknik ini.

7. Melukis Abstrak dengan Gelembung

Anak-anak suka sekali bermain gelembung. Mainan ini juga bisa dijadikan alat untuk melukis Si Kecil. Campurkan pewarna pada air gelembung. Setelah itu anak-anak bisa meniup gelembung ke arah kanvas atau kertas gambar hingga pecah. Bekas pecahan gelembung berwarna tadi akan membentuk rangkaian pola bulat-bulat sesuai warna yang dicampurkan.

8. Gambar dengan Warna dari Teknik Percik

Minta Si Kecil membuat gambar yang diinginkan. Agar lebih menarik, gambar tersebut tentu harus diwarnai. Supaya lebih menyenangkan, Mama bisa mengajak anak mewarnai dengan teknik percikan. Bisa menggunakan botol spray berisi cat air, atau gunakan sisir juga sikat gigi untuk memercikkan warna pada gambar.

Jika mereka ingin langsung membuat gambar dari percikan tanpa pola sebelumnya juga bisa. Cukup percikkan warna sesuai bentuk pola yang diinginkan.

9. Gambar Menggunakan Daun Kering

Mama bisa menggunakan dedaunan kering yang ada di sekitar halaman rumah untuk membantu Si Kecil belajar menggambar. Gunakan daun kering yang bersih untuk dicelupkan ke dalam cat, lalu tempel pada kertas gambar. Mereka akan belajar mengenali bentuk-bentuk daun, sekaligus berekspresi dengan warna-warna pilihannya.

10. Gambar Aneka Bentuk

Bagi anak usia dini, belajar menggambar tidak perlu yang rumit. Bisa mulai dengan bentuk-bentuk sederhana seperti kotak, segitiga juga lingkaran. Jika Si Kecil punya mainan balok berbagai macam bentuk, bisa dimanfaatkan untuk belajar menggambar.

Selain menerapkan ide-ide di atas, Mama dan Papa bisa mendukung belajar menggambar anakdengan bergabung di Kiddo.id. Mama dan Papa akan banyak mendapat informasi terkait pengoptimalan potensi serta tumbuh kembang Si Kecil. Terdapat kelas online juga offline, playdate dan activity kit sebagai penunjangnya. Bergabung menjadi keluarga kiddo, akan memberi banyak pengalaman juga informasi berharga bagi Si Kecil, Mama dan juga Papa.

Sumber Artikel

  • https://nonirosliyani.com/idemainanak-12-ide-melukis/
  • https://www.idntimes.com/life/diy/iefa-pooh/10-ide-melukis-untuk-anak-anak-agar-mereka-tumbuh-kreatif-cerdas-c1c2
  • http://melyloelhabox.blogspot.com/2012/10/melukis-bagi-anak-usia-dini.html?m=1

1 thought on “10 Ide Gambar Untuk Anak TK Belajar Melukis”

Leave a Reply

Your email address will not be published.