Mengenal 3 Kelompok Masyarakat Vegetarian yang Perlu Anda Pahami

Bismillahirrahmanirrahim,

vegetarian

Pilihan makanan yang dikonsumsi oleh seseorang pada dasarnya memang bergantung pada beberapa hal, diantaranya adalah melihat dari segi selera mereka, begitu juga melihat dari kondisi kesehatan. Karena faktanya mereka yang terkena beberapa jenis penyakit tertentu, memang tak dianjurkan mengkonsumsi semua jenis makanan, ada pantangan-pantangan yang harus diikuti. Bahkan banyak kemudian diantaranya yang memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian. Tentunya sering kali diantara Anda yang mendengar istilah satu ini bukan.

 Seorang vegen pada dasarnya memang mengkonsumsi makanan yang berasal dari protein nabati saja, ini bisa jadi karena selera mereka maupun disebabkan ole faktor pantangan di atas. Umumnya kelompok seorang pemakan sayuran ini sendiri terbagi atas 3, diantaranya adalah:

  1. Lacto ovo, yaitu meskipun tidak mengkonsumsi bahan makanan hewani, namun mereka masih mengkonsumsi beberapa diantaranya, seperti diantaranya adalah produk telur dan juga susu hingga olahan susu layaknya keju maupun yogurt. Sehingga mereka masih bisa mendapatkan kecukupan protein bagi tubuh, karena masih mengkonsumsi beberapa jenis protein hewani tersebut.
  2. Lacto, sedangkan kelompok lainnya adalah golongan yang tidak mengkonsumsi berbagai jenis daging maupun telur, namun mereka masih mengkonsumsi susu atau produk-produk yang dibuat dari bahan dasar susu tersebut.
  3. Vegan, vegan adalah golongan yang agaknya benar-benar tidak mengkonsumsi bahan makanan yang berasal dari protein nabati sama sekali, baik itu telur maupun susu sapi. Mereka mengkonsumsi produk makanan nabati secara penuh. Bahkan ada beberapa kalangan yang akan mual jika mencium aroma dari bahan makanan hewani, karena memang sudah terlalu lama mengkonsumsi produk makanan nabati.

 Menjadi seorang vegan ini bisa jadi faktor keturunan, namun juga bisa disebabkan oleh perubahan dari gaya hidup, mengingat pada dasarnya dengan menjadi seorang vegan nantinya memungkinkan Anda untuk terhindar dari beberapa jenis penyakit berbahaya, seperti diantaranya adalah:

  1. Mencegah penyakit jantung, masalah pada jantung dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satu diantaranya adalah karena kolesterol jahat yang ada dalam tubuh tinggi, sehingga menyumbat pembuluh darah, akibatnya memicu jantung bekerja keras untuk memompanya, membuatnya jadi mudah rusak.
  2. Menengah penyakit kanker, bahkan masalah kesehatan yang sangat berbahaya seperti diantaranya adalah kanker dapat dicegah dengan mengurangi atau bahan tidak mengkonsumsi bahan makanan hewani, perbanyak sumber antioksidan dari produk nabati.

 Masih banyak lagi manfaat menakjubkan yang bisa didapatkan dengan menjadi seorang vegetarian, tak harus sepenuhnya jadi seorang vegan, karena nyatanya Anda juga tetap bisa mengkonsumsi beberapa jenis bahan makanan hewani yang disukai, namun mulai menguranginya agar tubuh bisa lebih sehat. Bahkan untuk mendapatkan berat badan yang ideal juga sangat mungkin dengan mengubah pola makan.

 

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *