Lifestyle

5 Cara Biar Tidur Nyenyak Setiap Malam

bismillahirrahmanirrahim,

Putri Tidur, itu nama akun yang sempat aku gunakan di salah satu platform media sosial beberapa tahun lalu. Bukan apa-apa sih, soalnya aku memang merasa aku ini jadi seperti putri tidur, gampang banget tidur teratur. Bahkan ketika orang-orang mengeluhkan masa pandemi jam tidur jadi berantakan karena siangnya terlalu banyak rebahan, aku hampir selalu bisa sudah berada di tempat tidur jam 8 malam, bersiap untuk beauty sleep.

Aku bukannya enggak pernah susah tidur. Di masa lalu aku pernah mengalami insomnia cukup parah. Berhari-hari enggak bisa tidur, baru bisa tidur ketika akhirnya aku menyerah capek dan  minum obat batuk. Lho terus gimana caranya aku bisa berubah dari insomnia ke putri tidur gini? Ada tipsnya dong pastinya.

Jujur, saat itu aku sampai takut sendiri karena harus mengandalkan obat untuk bisa tidur. Sehari-hari tuh rasanya kaya Zombie. Makanya aku bertekad untuk bisa menghilangkan insomniaku ini. Meski enggak mudah, pelan-pelan aku mulai mengubah beberapa kebiasaan. Penasaran enggak sih sama tips aku biar bisa tidur nyenyak setiap malam? Yuk simak beberapa tipsnya, siapa tahu bisa membantu permasalahan kamu juga.

5 Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

1.      Olahraga teratur

Aku yang paling malas olahraga selama ini, beberapa tahun terakhir mulai rajin olahraga. Bukan olahraga berat sih. Mau tahu enggak olahraga yang paling rutin aku lakukan? Senam SKJ! Didikan tahun 80’an banget ya aku ini.

Olahraga di pagi hari sambil berjemur ini efektif banget buat bikin mata melek di pagi hari, dan tidur nyenyak di malam harinya. Cobain deh. Senam SKJ aku pilih karena durasi waktunya enggak lama, tapi gerakannya cukup menguras keringat. Plus karena aku masih sangat hafal semua gerakannya.

2.      Tidur siang sebentar

Jangan salah, tidur siang tetap perlu lho. Tapi jangan lama-lama, cukup 20-30 menit, istirahatkan badan. Karena katanya tubuh kita itu umumnya mengalami 2 kali puncak rasa lelah, siang hari dan malam hari. Jadi kalau punya waktu untuk beristirahat di siang hari, jangan ragu untuk tidur siang.

3.      Jangan minum cafein sebelum tidur

Cafein bukan cuma terdapat pada kopi aja, tapi juga terdapat pada teh, minuman bersoda, dan minuman bernergi. Aku yang coffee addict jelas perjuangan banget di awal-awal, biasanya setelah masuk sore hari, aku harus berhenti untuk konsumsi kopi. Paling tidak, hindari cafein 6 jam sebelum jam tidur.

Bukan cuma cafein, tapi juga jam makan malam. Biasakan makan malam 2 jam sebelum tidur. Ini salah satu yang bikin aku bisa tidur lebih cepat di masa pandemi, karena suami kerja dari rumah, aku bisa makan malam sehabis magrib. Kalau normalnya ya aku biasa nunggu suami pulang dulu.

4.      Ciptakan suasana tidur yang nyaman

Atur pencahayaan di kamar, jangan gunakan lampu terlalu terang. Kalau perlu kamu bisa menggunakan lampu tidur. Gunakan sprei yang nyaman, lembut, dan menyerap keringat. Selain itu kamu bisa tambahkan essensial oil untuk membuat kamu merasa rileks.

5.      Hindari elektronik sebelum tidur

Saat aku masih insomnia, aku belum terlalu akrab sama yang namanya handphone. Belum ada kebiasaan sekrol smartphone sebelum tidur. Dan sekarang ini jadi salah satu kebiasaan yang masih bertahap aku coba hilangkan. Aku tuh senang sekali baca komik di handphone sebelum tidur.

Tapi sekarang aku kasih batasan waktu. Aku cuma boleh lihat handphone sampai batas waktu tertentu, kemudian taruh handpone agak jauh dari tempat tidur. Lebih bagus lagi sebenarnya mematikan telepon genggam, tapi aku tak berani. Mengingat keluarga aku jarak jauh semua, takut kalau ada kabar dari mereka di malam hari.

Kintakun Collection, Bikin Tidur Makin Pulas

Salah satu yang penting banget biar tidur pulas adalah kenyamanan suasana kamar, tidak terkecuali sprei yang digunakan. Aku tuh manusia anti AC, karena gampang alergi dan sinus. Kebayang enggak tuh kalau cuaca Jakarta lagi panas, salah pilih sprei yang enggak menyerap keringat bisa bikin bentar-bentar terbangun.  Makanya, aku agak bawel dalam milih sprei, harus yang bahannya bagus, menyerap keringat, dan sudah tentu motifnya beragam dan menggemaskan.

Nih aku bocorin rahasia tidur pulas aku setiap malamnya, yaitu karena aku menggunakan sprei dari Kintakun Collection. Alasan aku menggunakan sprei dari Kintakun Collection ini karena bahannya yang berkualitas tinggi, higenis, dan punya banyak motif yang gemes-gemes. Bikin tidur makin happy.

Salah satu koleksi favorit aku saat ini adalah Sprei D’luxe Citra. Belakangan aku memang lagi senang sama motif kotak-kotak dengan warna pastel, ala-ala Korea gitu. Makanya happy banget pas lihat ada motif seperti ini dari Kintakun Collection.  Tambah bikin gemes, meski spreinya motif gingham, sarung bantal dan gulingnya itu polos dengan warna senada. Jadi enggak terkesan ramai. Kece banget. Kintakun memang juara padu padanin motif koleksinya.

Selain motifnya keren, bahannya yang digunakannya pun kualitas terbaik, super lembut dan awet. Apalagi bahan Kintakun ini dilengkapi dengan Teknologi Hi-Breath yang terbukti dapat menyerap keringat dengan cepat, anti gerah dan nyaman di kulit. Rasanya jadi lebih sejuk dan breathable. Pas banget buat aku yang tanpa AC di musim panas seperti ini.

Kain yang digunakan pun jenis kain Microtex yang berkualitas tinggi dengan kerapatan benang yang lebih tinggi dibandingkan dengan sprei dan bercover sejenis. Bahannya lebih tebal sehingga lebih kuat dan tahan lama. Sprei yang aku gunakan ini menggunakan teknologi Dipserse Printing, warna yang dihasilkan lebih nyata dan anti luntur.

Sekarang jadi pada tahu kan rasanya dibalik nama Putri Tidur aku? Iya, gara-gara tidur pakai D’LUXE Kirana Edition ini rasanya bisa nyenyak sampai pagi. Jarang banget aku kebangun-bangun. Kalau sampai kebangun itu bukan karena tidurnya enggak nyenyak, tapi karena ada yang tiba-tiba ngajak ngobrol wakakaka….

Aku memang tipe yang cukup peka, ada suara dikit aku mudah kebangun. Apalagi tak jarang aku sudah tidur, eh suami masih asik baca, dan tiba-tiba ngajak ngobrol, otomatis kebangun deh.

Kintakun Collection ini bukan cuma ada sprei dan bed cover aja lho, tapi ada juga Kintakun Home yang bikin rumah makin cantik dan tertata estetik. Di Kintakun Home ini ada storage-storage yang gemesin banget, ada yang berbahan plastik dan ada yang berbahan kain non woven.Tinggal pilih yang mana yang sesuai sama gaya dekorasi rumah kita.

Bukan cuma sotrage-sotrage buat penyimanan barang, tapi ada juga Food Container. Ayo, siapa yang suka pengen punya isi kulkasnya tertata rapih? Ini nih jawabannya, pakai Food Container dari Kintakun yang berbahan plastic foodgrade. Dijamin deh aman untuk makanan, jadi estetik, dan pastinya lebih rapi karena dapat disusun tumpuk.  Ukurannya juga ada berbagai macam.

Sudah enggak bingung lagi deh urusan nata rumah lebih estetik dan rapi, serahkan ke Kintakun Home. Kalau mau tidur nyaman, ya lakukan tips dari dari aku dan gunakan sprei dari Kintakun Collections, biar tidur pulas sampai menjelang adzan subuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.