Lifestyle

5 Cara Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mudah Sakit

bismillahirrahmanirrahim,

Semua orang pastinya ingin selalu dalam keadaan sehat dong. Begitu juga aku. Mana ada orang yang mau sakit. Di masa pandemi sekarang ini, aku bersyukur kesibukan masih terus ada. Tapi ini berarti aku harus semakin berusaha menjaga kesahatan. Jangan sampai lengah, sebisa mungkin terhindar dari penyakit.

Alhamdulillah selain sinus yang masih suka kambuh, dua tahun terakhir ini aku masih terus diberi kesehatan. Ada beberapa cara yang terus aku lakukan untuk menjaga kesehatan. Mau tahu enggak apa aja sih yang aku lakukan demi menjaga kesehatan? Baca terus tulisan berikut ini ya.

5 Cara Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mudah Sakit

1.      Makan Sayuran Hijau

Ayo, pada suka makan sayur hijau enggak nih? Sayuran hijau itu kaya akan vitamin. Bukan saja bikin tubuh jadi lebih sehat, tapi juga baik untuk diet lho. Bonus kan, mau sehat berat badan juga turun.

Ada sebuah penelitian yang mengatakan kalau sayuran hijau seperti brokoli, kol, dan kembang kol itu dapat membantu mengirimkan sinyal kimia ke tubuh untuk meningkatkan protein pada permukaan sel yang diperlukan untuk membuat kerja sistem kekebalan tubuh lebih optimal. Makanya, rajin makan sayuran hijau biar enggak gampang sakit yuk.

2.      Konsumsi Multivitamin

Enggak hanya asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita agar lebih sehat, tapi multivitamin juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Multivitamin merupakan salah satu suplemen yang banyak dikonsumsi, karena ragam kandungan vitamin dan mineral di dalamnya dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah timbulnya berbagai penyakit. Sekarang ini membeli multivitamin juga terbilang mudah karena bisa dibeli di toko online vitamin tanpa harus repot-repot keluar rumah.

3.      Tidur yang Cukup

Tahu enggak sih, ternyata orang yang tidurnya kurang dari 6 jam setiap malam itu 4 kali lebih mudah mengalami flu dibandung dengan orang yang tidurnya 7 jam lebih setiap malamnya. Gimana dengan tidur kamu? Cukupkah?

Aku sih putri tidur. Gampang banget tidur malam. Apalagi selama di awal-awal masa pandemi karena enggak harus menunggu suami pulang dari kantor, jam 8 malam bisa sudah bersiap untuk tidur. Karena tidur yang cukup merupakan salah satu kunci dari kekebalan tubuh.

4.      Olaharaga yang Teratur

Ini nih sumber kelemahan aku. Aku paling malas untuk berolahraga. Apalagi semenjak pandemi, rasanya semakin kurang gerak aja.

Padahal olahraga enggak mesti yang berat-berat sih, yang ringan seperti jalan kaki yang teratur aja sudah cukup untuk membuat badan tetap bugar. PR buat aku nih, harus kembali rajin jalan kaki biar badan tetap sehat.

5.      Mengelola Stres

Stres bisa dikelola? Bisa dong. Salah satunya dengan melakukan yoga atau meditasi. Bisa juga dengan melakukan self healing dengan metode mindfullness. Cobain deh. Enak buat tubuh.

Stres itu bisa mengakibatkan imunitas tubuh lemah dan bikin kita mudah terkena penyakit. Makanya meski stres agak susah dihindari, tapi bisa dikelola kok. Pelan-pelan, meski memang tak mudah.

Nah, itu dia 5 cara aku dalam menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit. Sebenarnya masih banyak sih cara lainnya, seperti minum air putih 2 liter sehari dan menjaga kebersihan. Kalau kalian punya tips apa lagi untuk mengaja kesehatan tubuh? Ceritain dong usaha-usaha kalian dalam menjaga kesehatan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.