Event, Traveling, Yogyakarta

5 Langkah Menyiapkan Rencana Liburan Musim Panas Romantis di Jogja

Bismillahirohmanirohim,

Musim panas di Indonesia masih belum akan berakhir. Bahkan beberapa minggu terakhir ini terik matahari rasanya semakin terasa panas saja. Tak jarang kalau hati sampai terasa panas dan gampang emosian. Sepertinya saya butuh berlibur musim panas. Musim panas di tempat liburan buat saya biasanya akan terasa teduh meski sebenarnya mungkin panasnya sih sama-sama saja, tapi hati akan terasa lebih adem karena bebas dari rutinitas. Liburan musim panas romantis berduaan suami sepertinya ide yang tepat. Apalagi beberapa bulan terakhir ini memang kami sibuk masing-masing, liburan pun lebih banyak dihabiskan bersama keluarga. Liburan bedua saja terasa sangat tepat untuk dilakukan di penghujung musim panas ini.

Dalam merencanakan liburan tentunya ada beberapa persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu agar agenda liburan enggak terganggu oleh berbagai masalah. Satu dua hal tidak sesuai dengan rencana memang tidak mengapa, tapi bayangkan kalau keseluruhan liburan jadi kacau berantakan cuma gara-gara persiapan yang kurang. Bisa-bisa pulang liburan bukannya membuat hati senang, tapi malah membuat bibir cemberut kecut. Siapa juga yang mau kalau liburan berubah menjadi bencana. Jadi apa saja yang harus dipersiapkan dalam merencanakan liburan?

5 Langkah Persiapan Rencana Liburan

Tiap orang tentu punya banyak faktor pertimbangan tersendiri dalam merencanakan liburan yang mungkin berbeda bagi orang lain. Nah, bagi saya, berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum liburan.

1. Atur cuti, tentukan tanggal liburan

Saya memang pekerja lepas, mudah bagi saya untuk pergi berlibur kapan pun itu. Tapi ini berbeda bagi suami saya yang bekerja di kantor. Dia harus mengajukan cuti terlebih dahulu dan memberskan pekerjaan-pekerjaannya agar selama liburan tidak sebentar-sebentar ditelepon kantor urusan pekerjaan.

Bulan September nanti ada 2 tanggal merah, iduladha dan tahun baru Islam. Iduladha sudah tentu tak mungkin untuk kami pergi libur berdua saja. Jadi kami harus memanfaatkan di tahun baru Islam itu. Ajukan cuti untuk 1 hari kerja, maka kami bisa menikmati liburan selama 4 hari.

2. Budgeting

Mau liburan tentu saja harus punya dana. Kita perlu membuat rencana keuangan terlebih dahulu. Gunananya untuk apa? Tentu saja agar kita tahu kira-kira berapa pengeluaran yang akan kita keluarkan saat liburan nanti. Tak perlu sampai memaksakan diri berhutan sana sini, sesuaikan saja rencana liburan dengan keuangan kita miliki. Ingat, tujuan dari berlibur untuk bersenang-senang, menenangkan diri dari rutinitas, saat pulang ke rumah tentu yang diharapkan adalah hati senang, bukan beban hutang.

3. Cari referensi rencana liburan

Aku senang berkunjung ke blog.reddoorz.com. Blog ini memiliki cukup banyak untuk referensi liburan,mulai dari rekomendasi tempat wisata, rekomendasi tempat makan, rekomendasi tempat menginap, sampai tips dan trik seputar liburan. Oh iya, yang dibahas di Blognya Reddoorz ini enggak cuma seputar wisata di Indonesia juga ya. Wisata mancanegara juga ada loh referensinya. Semakin mantap kan untuk cari-cari ide?

Untuk sementara ini sepertinya saya harus mencoret wisata mancanegara untuk liburan dalam waktu dekat. Selain karena saldo tabungan yang curiga enggak mencukupi, aku dan suami sama-sama harus memerpanjang pasport telebih dahulu. Jadi, mari cari lokasi liburan di Indonesia dulu.

4. Tentukan lokasi liburan, siapkan itineray

Setelah membaca beberapa artikel di blognya RedDoorz, sepertinya saya mantap dengan menjadikan Jogja sebagai destinasi liburan musim panas tahun ini. Saatnya menyusun itinerary perjalanan. Ini kadang bagian yang paling saya suka. Belum-belum biasanya saya sudah berimajinasi berada di tempat wisata yang ingin dituju.

Jogja adalah surganya pariwisata menurut aku. Ada banyak pilihan wisata yang bisa kita tuju di provinsi ini. Mulai dari wisata budaya, sejarah, kuliner, hingga wisata alam bisa kita nikmati. Harga pun meski bervariasi, tapi cukup banyak wisata yang ramah dengan dompet yang bisa kita lakukan di kota ini. Alasan lain saya memilih Jogja karena saya dan suami bisa menempuh kota Jogja dengan kendaraan pribadi dalam satu hari.

Destinasi di Jogja tentu saja harus disesuaikan dengan judul liburan kali ini, yaitu musim panas romantis di Jogja. Ada beberapa destinasi yang ingin aku tuju selama di sana, seperti:

Taman Sari

Taman Sari  terletak di jl Nogosari no 6, Patehan, Kraton, Jogja merupakan situs bekas taman Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Di tempat ini awalnya terdapat kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, danau buatan, serta lorong bawah air. Saat ini kita memang hanya bisa melihat sisa-sisa dari bagian Taman Sari, tapi tetap saja tempat ini terlihat menarik untuk dikunjungi. Juga menjadi tempat yang instagramable untuk foto-foto, apalagi kalau foto bersama pasangan. Tiket masuk bagi wisatawan lokal juga sangat terjangkau, cukup merogoh kocek seharga Rp 5.000 per orang.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau kadang disebut juga Istana Ratu Boko karena bentuknya yang lebih menyerupai reruntuhan istana. Letaknya sekitar 19 km sebelah timur Kota Jogja. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat menjelang matahari terbenam.  Rp 40.000 harga tiket masuk yang berlaku saat ini. Sayangnya untuk menikmati senja di Candi Ratu Boko, katanya lebih mahal lagi.

Sendratari Ramayana di Candi Prambanan

Setelah menikmati sunset di Ratu Boko, sekalian saja menikamti sendratari Ramayana di Candi Prambanan yang letaknya hanya terpaut 3 km dari Candi Ratu Boko. Menikmati wisata budaya sekaligus wisata sejarah. Tapi pastikan dulu hari kunjungan kita sesuai dengan jadwal dilangsungkannya sendratari Ramayana ini. Pagelaran tari ini hanya berlangsung pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Mengunjungi pantai-pantai di Gunung Kidul

pic source: Blog RedDoorz

Liburan musim panas tanpa pantai tentu saja akan terasa kurang lengkap. DI Yogyakarta juga memiliki deretan pantai yang cantik-cantik. Ada banyak pantai cantik di wilayah Gunung Kidul seperti Pantai Pok Tunggal, Pantai Sundak, Pantai Krakal, Pantai Baron, dan masih banyak deretan pantai-pantai yang masih terbilang alami di Gunung Kidul ini.

Menyusuri Malioboro

pic source: Blog RedDoorz

Penutup liburan musim panas di Jogja ini adalah dengan menikmati jalan Malioboro, jalanan yang identik dengan kota Jogja. Malioboro katanya kini sudah punya wajah baru. Kendaraan yang parkir di pinggir jalan sudah ditertibkan sehingga kita dengan leluasa berjalan kaki menyusuri trotoar.

5. Akomodasi penginapan

Tanggal cuti, budget, itinerary semua sudah ditentukan. Langkah terakhir dalam persiapan liburan musim panas ini adalah mencari penginapan yang sesuai dengan budget. Tak jarang penginapan menghabiskan anggaran terbesar dalam rencana liburan kalau kita tidak pintar-pintar memilih penginapan. Untung saja sekarang ini banyak penginapan yang murah tapi tidak murahan. Salah satunya dengan menginap di  RedDoorz.

RedDoorz @Prawirotaman, Jogja

RedDoorz di Jogja ini cukup banyak, tersebar di beberapa wilayah kota Jogja. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Seperti RedDoorz @Prawirotaman inceran saya. Untuk menginap tanggal 17 September 2017 selama 3 malam, harga yang dicharge per malamnya sebesar Rp Rp 427.500.

Tak usah khawatir menginap di RedDoorz, karena murah bukan berarti murahan. Seperti taglinenya RedDoorz memberikan akomodasi terbaik yang memberikan rasa nyaman layaknya hotel berbintang. Di setiap kamar yang kita pesan, RedDoorz menjamin tersedianya fasilitas:

  • wifi
  • TV satelit
  • Air mineral
  • Kamar mandi yang higenis
  • Peralatan mandi
  • Sprei yang bersih.

Selain itu juga tersedia fasilitas lain seperti area parkir. Sehingga buat wisatawan yang membawa kendaraan seperti saya tidak perlu merasa was-was mencari tempat parkir yang aman.

Itu tadi 5 langkah persiapan liburan. Setelah agenda liburan terencana dengan baik, kini tinggal saatnya menanti waktu liburan tiba. Jangan lupa packing, pastikan tidak ada barang yang tertinggal.

Selamat berlibur semuanya!

 

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

You may also like...

45 Comments

  1. Belum pernah ke candi Boko,, kayanya untuk poto poto unch unch bagus 😀

  2. Hastira says:

    penasaran dengan candi boko dan kataya banyak pantai baru yg dijadikan wisata sekarang ya

  3. Asyik ya pakai bisa menikmati liburan musim panas bersama yang tercinta di Jogja. Hhhehehe

  4. OMG aku baru tau di Prawirotaman ada reddoorz yang lucu banget. Asli itu instagramable yaaaa

  5. Wahhhhhh kerennnnn tipsnya mba.
    Jadi pengen ke jogja lagi. Tertarik juga dengan penginapannya. Unik ya…

  6. jogja, jogja. terakhir saya pulang kampung tahun lalu. selalu kangen rumah.

  7. Lokasi RedDoors dekat Malioboro juga ada ya?

  8. Tipsnya bagus, biasanya saya lakukan seperti itu juga biar liburan tetap menyenangkan dan sesuai budget.

  9. Noted. Pengen banget ke Jogja lagi. Semoga bisa mengunjungi semuanya.

  10. Time ya mba huhu kdng cuti gk bs barengan noted bngt tipsny mdh2an bisa liburan breng kelg

  11. Pengen banget ke tempat wisata keceh di jogja , apalah daya, budget terbatas apalagi cuti yang semakin menipis. Huaaaa

  12. Hahahha…poin2nya sudah sering saya terapkan. Liburan akan lbh berkesan karena keteraturan 🙂

  13. Asik jalan jalan. Tips ok punya. Blm pernah ke candi ratu boko. Yuk rencanakan liburan dari sekarang

  14. Wah, aku pengen banget bisa ke Yogya lagi, ntar siap-siap pilih penginapan yang nyaman ya

  15. yang paling penting adalah niatnya.. kalau ada niat nanti bisa diusahakan yang lainnya. terimakasih infonya juga ya

  16. baca ini jadi ingat rencana liburan keluarga ke Jogja. Lebih hemat nginep di Reddoorz aja kali yaa

  17. Aku rencananya bupan depannnih pingin ke Jogja. Pingin jg bs ke Pantai, biar bs merasakan liburan musim panas a la2 bule gitu. Hihi

  18. Pantai2 di daerah Kidul memang msh bagus ya panoramanya. Aku coba cari referensi jg deh di booh reddoors utk rekomendasi obyek wisata lain

  19. itu design reddoorznya yang di prawirotaman kok baguuuusss >.<

  20. Dari semua tempat yg mbk Dian sebut aku cuma pernah nangkring di Marlboro huhuhuhu, mainku kurang jauh 🙁
    Btw penasaran njajal red dorz jg, itu mirip2 airy atau zen rooms kan ya?

    1. Iya mirip-mirip Airy dan Zen, tapi RedDoorz punya Indonesia, Mbak.

      1. Ooo gtu, aku gak pernah merhatiin kalau dua lainnya itu milik asing heheh oke2 thx infonya 😀

  21. Duuh….selama ini aku salah banget berarti yaa, teh…?
    Karena suami itu wiraswasta, jadi jadwal liburan bisa kapan saja ((asal memenuhi budgeting kita)).

    Dan asal nglundung aja…((gak pake itinery))
    Jadi begitu sampai di kota tertentu, kita rempong cari tempat makan rekomendasi blog yang ada di mbah gugel dan tempat wisata pun.

    **kerasa siih…jadi gak maksimal banget…

    1. Sebenernya sih asal berangkat itu seru. Tapi kalau waktunya memang bisa dadakan gitu.
      Duh enak banget suaminya gampang ngatur waktu.

  22. itu dapat reddoorz nya cakep banget..ntar kalo ke Jogja pengen nyobain Red Doorznya

  23. Aku pernah ke Jogja wlw cuma singgah sebentar karena transit kereta dari Malang melanjutkan ke Jakarta, hehe. Wktu lalu belum sempat nyobain reddoorz, krn lokasinya kurang dekat dgn tempat yg kami tuju, lain kali mau nyobain ah

  24. Udah 3 tahun aku gak ke jogja hahaa, kangen. Jadi pengen ke sana laho. Tapi itu tipsnya untuk liburannya bener-bener membantu, apalagi kalo liat review review perjalanan. Bisa lebih mempersiapkan diri jadinya hehehe.

  25. Aku mau cob redsoorz juga nih, udh ceki2 yg dibandung, sekali2 lah gk nginep dtempat sodara.. Hhii

  26. Ada apa dengan Jogja dan romantisme? Hihi bukan karena AADC2 kan…

    Bulan depan ultah pernikahanku mbak, tadinya kami berencana ke Jogja, aku pengen ke Candi Ratu Boko lagi, plus Prambanan. Sayang karena anak2 gak bisa dititip,batal deh rencana.

    Postingannya aku save ah, kalau jadi ke Jogja, referensiku udah lengkap

  27. wow, kamarnya klasik ya mba, tapi fasilitasnya modern…keren sekali. apalagi liburan ama keluarga, pasti sangat menyenangkan

  28. Pantai2 di Gunung Kidul itu bagus2, aku suka tebing2nya yg tinggi. Tapi kalau nginepnya di pusat kota, lama juga perjalanannya. Apalagi pas hari libur, duh rameee

  29. Teh Di, sendra tari Ramayana wajib banget dicoba. Saru lagi, kalo bisa datang saat penampilan outdor. Keceeeee. Aku lupa tapi yang outdor kapan aja. Outdor memanfaatkan bulan purnama, dengan latar belakang candi Prambanan. Duuuhhh… Aku jadi pengen nonton lagi.

    Wkwkwkwk. Sama dengan mbak Lendy, aku dan suami kalo liburan asal glundung aja. Tapi jadinya nyebelin, sering dapet tempat makan harga selangit rasanya…. Errrrr, nggak kuat nyebutnya. Hahahha

    Next, daku mau nyoba tips ini biar liburannya maksimal.

  30. Aku pengennya ke Taman sari Mbak, belum pernah ke sana soalnya

  31. wuah joggja bikin aku kangen kampung halaman. Lihat postingan ini jadi baper ah. Tapi yeaayy khan mau pulang

  32. Selalu iri dgn mereka yg bisa manfaatkan tanggal terjepit tuk liburan ….soalnya kerja sampe Sabtu
    Liburan harus cuti …eh kok curcol
    Btw blm pernah ke keliling Jogja
    Baru sampe dlm kotanya…
    Moga suatu saat bisa keliling tuk liburan

  33. Itu kamarnya RedDoorz kok unik ya, Mbak.. asyik kayaknya buat penginapan liburan romantis. Hihihi..
    Btw dari semua destinasi di atas, saya baru ke Malioboro doang. Hiks.
    😀

  34. Saya sebagai orang Jogja aja selalu kangen dan pengen terus berada di Jogja mba.. selain wisatanya banyak, harganya juga murah meriah mba.. untuk destinasi baru mungkin bisa ke daerah Mangunan juga mba

  35. Jadi inget tiap awal taun suka ada beredar kalender cuti haha.. kombinasi hari kejepit nasional dengan weekend dan tanggal merah. Boleh nih kalau ke Jogja kan ga jauh banget dr Jakarta jadi bisa lah 2-3 hari kejepit kesana.. dan bisa romantis2an hehe

  36. Hahaha kita mengalami hal yg sama utk nomor 1. Kita sama2 freelance, tp terkadang ada aja temen yg barengan mesti nungguin approval cuti. Jd makanya kl mau beli tiket, nungguin doi dulu lols 😀

  37. Tiwi baru pulang liburan~~~
    Telat baca postingannya wkwkwk tapi sebagian dari yang ditulis di atas udah aku lakukan, sih. Tumbenan ini juga, biasanya mah asal jalan aja XD
    Solo yuk Solo~~~

  38. Aku mau ke Jogjaaa…
    Sepertinya Reddoorz bisa diandalkan. Jogja kota yang gak pernah bosan dan selalu bikin jatuh cinta ya mbak Dian 🙂

  39. Lumayan juga ya harganya semalem hampir 500rb. Aku kalau ke Jogja prefer hotel biasa aja, jadi bisa saving buat jajan hahaha…

  40. Atur budget itu yang perlu diperhatikan dan apalagi tanggal paling sensitif banget harus benar benar di pikirkan juga llo di jogja paling sukanke malioboronya bisa jajan jajan lucu disana plus murah murah lagi

  41. Aku lihat gambar-gambar Candi Boko di internet, cantik-cantik banget yaa, pantesan harga masuk ke dalamnya mahal banget ya

  42. makasih tipsnya nih, jadi pengen liburan ke jogja sama istri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *