Lifestyle

Guys, 6 Cara Hemat Ini Justru Bikin Kamu Boros Lho!

bismillahirrahmanirrahim,

sumber: pinterest

Berhemat adalah salah satu cara yang tepat untuk memperbaiki masalah keuangan agar stabil. Biasanya untuk berhemat kita bakal menyimpan uang lebih banyak ketimbang menggunakannya. Gak jarang dari kita yang juga mengubah penggunaan barang mahal ke barang yang lebih murah. Tapi masalahnya, kalau kita kurang tepat dalam berhemat, malah bikin kita rugi.

Tanpa disadari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan untuk menghemat ternyata bikin kita boros. Kalau kamu sedang berada di kondisi seperti ini, ada baiknya simak beberapa kesalahan berikut supaya kamu bisa menghindarinya dan punya pola hidup hemat yang lebih baik.

1. Belanja Banyak Barang Agar Lebih Murah

Sumber: Pinterest

Hal ini seringkali dilakukan banyak orang yang mau berhemat. Mereka berpikir, dengan belanja banyak barang budget yang dikeluarkan akan jauh lebih hemat. Hal ini biasanya banyak dijumpai saat lagi belanja di supermarket. Pusat perbelanjaan tersebut terdapat banyak barang dengan promo, seperti ‘buy 2 get 1 free’. Sebenarnya boleh-boleh saja, tapi ada baiknya pikiran dulu apakah produk tersebut kebutuhan kamu atau bukan? Kalau bukan, buat apa belanja terlalu banyak?

2. Belanja Karena Promo dan Diskon

sumber: Pinterest

Menemukan barang yang sedang diskon pastinya kamu tidak akan mengabaikannya begitu saja. Dengan diskon kita bisa mendapatkan harga AC Panasonic dan barang lainnya dengan harga lebih murah. Namun, karena itulah kenapa kamu jadi cukup boros. Walau gak selalu, banyaknya diskon terkadang hanyalah sebuah jebakan buat kita. Ketika lagi berada di dalam jebakan diskon tersebut, kita lagi-lagi akan tergiur buat membeli barang yang sebetulnya tidak benar-benar dibutuhkan.

3. Beli Produk Murah namun Kurang Berkualitas

Sumber: Pinterest

Membeli produk dengan harga lebih murah memang bikin hemat. Akan tetapi, kalau kualitas produk tersebut tidak dipertimbangkan dengan baik, kamu hanya akan membelinya terus sampai jadi boros. So, lebih baik beli produk yang harganya terbilang mahal, namun kualitasnya terjamin bagus sehingga lebih awet dan lama digunakan.

4. Tidak Melakukan Perbaikan dan Perawatan

sumber: Pinterest

Bagi kamu yang punya beberapa barang yang harus dilakukan servis secara berkala, misalnya barang elektronik paket CCTV atau kendaraan yang harus rajin diperbaiki dan dirawat agar tidak terjadi kerusakan lebih serius. Jangan menunggu sampai barang tersebut sudah benar-benar rusak karena biaya untuk perbaikannya akan jauh lebih besar lagi nantinya.

5. Beli Makanan Murah, Enak, tapi Gak Sehat

sumber: Pinterest

Hemat juga dilakukan pada makanan. Selagi ada makanan enak dan murah, kenapa enggak? Pasti banyak orang yang beranggapan begitu. Namun, masalahnya makanan dengan harga murah juga biasanya kurang sehat. Kesehatan tentunya sangat penting, sebab sehat itu mahal. Jangan sampai kebiasaan berhemat dengan membeli makanan murah dan kurang sehat, justru bikin kamu jadi sakit hingga harus diberikan perawatan di rumah sakit dengan pengeluaran yang besar.

Biasanya kebiasaan jajan ini karena lapar mata dan belum kenyang sarapannya. Makanya penting banget untuk sarapan sehat yang mengenyangkan sebelum memulai aktivitas harian.

6. Menunda Waktu untuk Istirahat dan Berlibur

sumber: Pinterest

Berhemat sampai menunda waktu buat istirahat dan liburan merupakan hal yang gak tepat buat dilakukan. Kalau memang ada waktu buat beristirahat dan pergi berlibur, cobalah memanfaatkan waktu tersebut agar kamu jauh lebih fresh dan terbebas dari stres. Menunda-nunda waktu untuk berlibur dan beristirahat sama saja kamu mendatangkan stres. Akhirnya, penyakit bakal datang dan bikin kita harus mengeluarkan dana lebih besar untuk mengatasinya.

Itu dia sejumlah cara hemat yang malah membuat pengeluaran jadi boros. Semoga dengan memperhatikan langkah-langkah tadi, kamu bisa lebih cermat dalam berhemat dan terhindar dari masalah boros.

Leave a Reply

Your email address will not be published.