6 Gejala Kolestrol Tinggi yang Sering Diabaikan

bismillahirrahmanirrahim,

Penyakit kolesterol tidak boleh diabaikan hal itu dikarenakan bisa menjadi pembunuh diam-diam jika tidak diobati. Kolesterol tinggi ini akan berdampak pada kesehatan organ lainnya karena menyebabkan atherosclerosis berupa penumpukan plak yang terjadi di dinding pembuluh darah bagian arteri. Penyakit tersebut menyebabkan aliran darah menjadi tersumbat. Kolesterol ini juga menjadi salah satu penyebab penyakit jantung yang sangat berbahaya. Jika sudah terkena penyakit satu ini tidak ada obatnya yang ada hanyalah obat pencegah supaya penyakit jantung ini tidak bertambah buruk dan bisa mengalirkan darah secara sempurna ke seluruh tubuh. Penderita jantung juga harus mengonsumsi obat seumur hidup.

Tanda Terkena Kolesterol

Yang penting untuk diketahui adalah kolesterol ini tidak hanya menyerang orang tua atau dewasa saja bahkan anak muda pun bisa terkena penyakit satu ini. Penyebabnya adalah pola makan tidak sehat yang mana mengandung kadar kolesterol tinggi. Supaya tidak terlambat diatasi simak beberapa gejala kolestrol tinggi yang wajib untuk diketahui berikut ini:

 

1. Kesemutan

 

Saat orang merasakan kesemutan banyak yang berpendapat bahwa hal tersebut diakibatkan oleh peredaran darah yang tidak lancar. Memang hal tersebut benar, namun yang menjadi penyebab peredaran darah tidak lancar itu bermacam-macam salah satunya adalah kolesterol ini. Ketika plak banyak menumpuk di pembuluh darah maka aliran darah membuatnya menjadi sempit sehingga aliran darah ini menjadi terganggu dan tidak lancar.

 

2. Kelelahan

 

Darah ini sangat bermanfaat bagi kesegaran dan kebugaran tubuh manusia. Jika kekurangan darah dan aliran darah tidak lancar maka kesehatan dan kebugaran tubuh menjadi terganggu. Jika Anda sering merasakan hal ini meski sudah beristirahat dengan cukup cobalah untuk mengecek kadar sel darah merah Anda, jika normal mulailah untuk mengecek kadar kolesterol jahat di dalam darah.

 

3. Mual dan muntah

 

Gejala ini tidak hanya dialami oleh orang yang mengalami penyakit maag saja namun juga dialami oleh penderita kolesterol tinggi. Penyebabnya adalah kadar kolesterol jahat tersebut mengganggu saluran pencernaan sehingga mual dan muntah ini menjadi muncul.

4. Sakit kepala

 

 

Gejala atau tanda kolesterol tinggi selanjutnya adalah mengalami sakit kepala belakang. Hal ini diakibatkan oleh terganggunya aliran darah yang ada di belakang kepala tersebut.

 

5. Gangguan keseimbangan

 

Kolesterol tinggi yang tidak segera diatasi akan menyebabkan gangguan keseimbangan. Penyebabnya adalah aliran darah di otak ini tidak lancar sehingga sel sensorik maupun motorik terganggu. Orang dengan sensorik dan motorik terganggu akan sulit menyeimbangkan dirinya sendiri.

 

6. Nyeri otot

 

Penderita kolesterol juga akan merasakan nyeri otot yang parah terutama di bagian punggung dan bahu belakang. Jika tidak dicek kadar kolesterolnya, banyak yang menganggap gejala nyeri otot belakang ini sebagai nyeri pinggang dan sakit punggung biasa.

Banyak orang yang tidak sadar dirinya terkena kolesterol tinggi hal itu dikarenakan gejalanya mirip dengan penyakit lainnya. Hal inilah yang menyebabkan kolesterol bertambah parah. Oleh sebab itu jika Anda merasakan badan terasa tidak nyaman diiringi dengan beberapa gejala kolestrol tinggi yang disebutkan di atas segeralah melakukan cek kadar LDL, HDL, dan juga trigliserida di dalam darah.

Untuk berjaga-jaga jika ada terjadi masalah dalam kesehatan yang berkaitan dengan biaya rumah sakit bisa cek disini.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *