6 Jenis Singkong Untuk Membuat Keripik Singkong

Bismillahirohmanirohim,


Salah satu makanan khas tradisional Indonesia adalah singkong, ketela pohon atau yang biasa di sebut dengan umbi kayu. Singkong memang bisa di bilang fungsi nya cukup banyak karena singkong ini biasa digunakan untuk mengganti fungsi beras atau nasi sebagai makanan utama atau makanan pokok sebagian orang yang ada di Negara ini.

Kebanyakan para petani memang selain menjual nya, juga mengkonsumsi nya sendiri sebagai makanan mereka, karbohidrat yang ada pada singkong memang bisa membuat orang yang memakan nya merasa kenyang meskipun tidak mengkonsumsi nasi dari beras pada atau lain nya, sehingga tidak heran jika banyak petani yang menanam singkong untuk dijual dan bertahan hidup.

Jenis Singkong yang Enak Untuk Membuat Keripik Singkong:

Singkong Manggu

Singkong manggu adalah singkong yang berasal dari jawa barat dan sudah lama dikenal oleh masyarakat, singkong yang satu ini memiliki diameter sekitar 4 hingga 5 cm. singkong manggu bisa di oleh menjadi berbagai jenis makanan karena rasa nya yang enak dan manis. Singkong manggu ini mudah untuk di tanam, mudah dikupas, renyah dan daging nya juga empuk, dan kadar pati nya juga cukup tinggi.

Singkong Menterga atau Singkong Kuning

Singkong mentega ini juga sering disebut dengan singkong kuning karena warna singkong nya memang lebih kuning di bandingkan dengan yang lain nya, banyak orang yang menyukai singkong mentega karena singkong ini memiliki rasa yang lebih legit dan kenyal di bandingkan singkong lain nya. Keripik singkong yang terbuat dari singkong mentega akan memiliki tampilan yang lebih bagus dan cantik serta menggugah selera. Ketika digunakan untuk membuat tape juga rasa nya lebih enak dan manis.

Singkong Gajah

Singkong gajah berasal dari Kalimantan timur dan memiliki umbi yang besar dengan diameter 8 cm. Singkong ini bisa dikonsumsi karena memiliki rasa yang gurih dan seperti mengandung mentega. Singkong ini biasa nya di jadikan tepung atau bahan baku bioetanol. Singkong gajah ini memang memiliki umbi yang besar, mudah di tanam, bisa langsung dikonsumsi untuk pengganti makanan beras dengan rasa nya yang mirip seperti ketan.

Singkong Putih

Singkong yang satu ini memiliki tekstur yang lebih keras dan memiliki warna yang putih, singkong ini memang cocok untuk di rebus atau di kukus dalam pengolahan nya, seperti dalam membuat kolak singkong, sup singkong dan lain sebagainya.

Singkong Mukibat

Singkong yang satu ini merupakan hasil dari percobaan seseorang yang memadukan antara singkong biasa dengan singkong karet, singkong ini adalah perpaduan okulasi kedua nya, dan ternyata hasil nya cukup bagus karena singkong ini bisa digunakan untuk di ambil pati nya dan di olah menjadi bieotanol.

Singkong Emas

Singkong yang satu ini juga merupakan salah satu dari percobaan antara singkong karet lokal dengan singkong Thailand, umbi yang satu ini pertama kali di kenalkan di daerah Bengkulu dan di tanam oleh petani Bengkulu. Singkong yang satu ini bisa di oleh dengan untuk berbagai jenis makanan seperti tepung terigu, spirtus, bahan pembuatan jamu, minyak kompor hingga pakan ternak.

Demikian informasi tentang 6 jenis singkong untuk membuat keripik singkong yang bisa kami berikan untuk anda, semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi seputar jenis singkong yang bisa digunakan untuk pembuatan keripik singkong atau pembuatan produk lain nya.

6 Comments

  1. wah, saya baru tau nih singkong banyak jenisnya , saya sendiri cuma tahu singkong ya singkong yang buat keripik atau tape, sama saja

  2. baru tahu ada banyak jenisnya, yang aku tahu cuma singkong saja, dan biasanya aku beli singkong di pasar, entah jenisnya apa

  3. Ada juga singkong darul muqlisin, dikembangkan di lampung dan sudah di tanam di sukabumi. Informasi yang menarik hati saya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *