6 Lokasi yang Patut Dilirik untuk Investasi Jual Beli Tanah

Bismillahirohmanirohim,

Berinvestasi tanah bisa jadi pilihan yang tepat untuk dilakukan apalagi di tahun 2018 ini. Sebab, seperti yang telah diketahui tahu, nilai jual tanah dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan. Bahkan, dalam waktu lima tahun, nilainya bisa dua kali lipat. Kalian bisa mencoba jual beli tanah sebagai investasi yang tepat.

Selain itu, masih banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari mencoba investasi tanah. Misalnya saja minim perawatan dibanding investasi properti lain. Nah, bagi  yang tertarik untuk berinvestasi tanah, delapan lokasi di bawah ini patut dilirik sebagai modal yang baik. Sebab, daerah-daerah ini memiliki tempat yang bisa dikatakan cukup strategis.

1. Bintaro

Lokasi pertama yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk investasi tanah yang menjanjikan adalah Bintaro. Bagaimana tidak, dengan beroperasinya tol JORR W2 harga tanah juga jadi ikut terdongkrak. Apalagi di kawasan Bintaro Jaya. Kehadiran properti seperti tanah sangat dibutuhkan untuk membangun berbagai properti kelas atas lain.

Misalnya saja hotel, restoran ataupun apartemen. Dengan begitu, kawasan ini sangat cocok untuk dijadikan tempat investasi yang baik. Rata-rata harga tanah di kawasan ini adalah sekitar 8 hingga 18 juta rupiah per meter perseginya. Sedangkan rasio pertumbuhannya adalah 10 hingga 30 persen pertahun. Bayangkan keuntungan yang bisa kita dapatkan!

2. Bumi Serpong Damai (BSD)

Kalian juga bisa mencoba investasi jual beli tanah di wilayah Bumi Serpong Damai atau disebut juga dengan BSD. Wilayah yang memang sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia khususnya yang bergelut di bidang properti. Bagaimana tidak, tempat ini sudah jadi incaran banyak orang sejak lama. Harga tanah di kawasan ini bisa naik empat kali lipat dalam waktu enam tahun saja. Jauh lebih besar dibandingkan tempat-tempat yang lain.

Jika pada beberapa tahun lalu harga tanah di tempat ini hanya 3,5 juta permeter persegi, sekarang sudah mencapai 15 juta rupiah permeter perseginya. Apalagi jika kalian mengambil wilayah di sekitaran pusat kota, harganya bisa lebih mahal. Lonjakan harga tanah ini disebutkan disebabkan oleh tingginya pembangunan properti di wilayah ini.

3. Depok

Tempat berikutnya yang bisa kalian jadikan investasi jangka panjang yang bagus untuk tanah adalah Depok. Wilayah ini dinilai memiliki prospek masa depan yang sangat bagus. Jika cukup jeli, kalian bisa menemukan beberapa lokasi di Depok yang masih menjual tanah dengan harga yang bisa dikatakan terjangkau.

Meski rasio kenaikannya tidaklah sebesar Bintaro maupun BSD, tapi tetap saja kenaikan harga di sini lumayan besar dan menguntungkan. Harga tanah di sini biasanya 3 hingga 5 juta rupiah saja perbulannya. Kenaikannya sangat tergantung sekali dengan pengembangannya. Sekarang, di daerah Depok sedang dilakukan pengembangan besar, jadi tak perlu senang.

4. Bogor

Daerah berikutnya yang bisa dijadikan investasi yang bagus untuk kalian adalah kawasan Sentul, Boggor. Lokasi ini memiliki nilai tanah yang sangat tinggi dan sering diperebutkan karena adanya jalur Puncak II dari Sentul sampai Cianjur, Jawa Barat. Harga tanah di sini diprediksi akan naik dua kali lipat dalam waktu singkat karena jalur tersebut.

Umumnya, tanah di wilayah ini beberapa tahun lalu hanya 5 hingga 8 juta rupiah saja permeter perseginya. Namun sekarang, tanah tersebut sudah mencapai 10 hingga 16 juta rupiah hanya dalam waktu sebentar saja. Bayangkan saja bagaimana jadinya di tahun-tahun  mendatang. Menguntungkan sekali, kan investasi tanah di wilayah ini?

5. Bekasi

Wilayah berikutnya yang bisa dijadikan tempat investasi tanah yang sangat bagus dan tidak kalah bagus dari beberapa lokasi di atas adalah Bekasi. Tanah di Bekasi bisa jadi pilihan bagus karena harga tanah di sini selalu mengalami kenaikan yang sangat signifikasn setiap tahunnya. Misalnya saja di wilayah Summarecon Bekasi.

Beberapa tahun lalu tanah di sini hanya berharga sekitar 9 juta rupiah saja. Namun, belakangan ini harganya sudah mencapai dua kali lipatnya permeter persegi. Begitu juga dengan wilayah Lippo di Cikarang. Kisaran tanah di sini beberapa tahun lalu hanya 4,8 hingga 7 juta. Namun sekarang, sudah dua kali lipatnya.

6. Tangerang

Berikutnya wilayah Tangerang. Wilayah yang sebenarnya ada di Banten ini sekarang sudah sangat berkembang karena pembangunannya. Pembangunan ini menyebabkan harga tanahnya juga terus mengalami kenaikan. Jika beberapa tahun lalu tanah di sini hanya dihargai 3,5 juta permeter persegi, sekarang ini sudah mencapai 7,5 juta per meter perseginya.

Nah, bagaimana? Sudah mendapatkan tanah yang tepat untuk investasi jual beli tanah kalian di lokasi-lokasi di atas? Jika belum, silakan menggunjungi www.rumah.com yang menyediakan segala informasi mengenai tanah di daerah-daerah tersebut dan daerah lain di Indonesia. Selain tanah, juga ada rumah, apartemen, roko dan lainnya yang bisa kalian pilih.

assalamu alaikum

dian ravi

DianRavi

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

One Comment

  1. Daerahnya itu2 yg favorit. Kalau di Jatim atau Jateng kira2 mana yg jd pilihan? Baiknya kunjungi rumahdotcom aja ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *