Lifestyle Teknologi

6 Tips menjadi Freelancer UI UX Designer yang Handal

bismillahirrahmanirrahim,

Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan UI/UX. Namanya terdengar misterius dan susah ditebak karena hanya terdiri dari dua huruf saja. UI adalah tampilan visual yang memungkinkan pengguna dapat saling terhubung dan berinteraksi melalui sebuah produk. Sementara itu, UX dalah proses mendesain suatu produk dengan menggunakan pendekatan pengguna. Output dari UX akan sesuai dengan keperluan atau kebutuhan pengguna. Saat ini ui ux designer ini menjadi profesi yang banyak digeluti. Kabarnya hanya dengan satu kali pengerjaan saja dapat meraup penghasilan hingga jutaan ruiah tergantung pada design UI/UX yang akan dibuat. Skill yang dibutuhkan yaitu creative thinking, design branding, graphic branding dan convergent thinking. Berikut 6 tips menjadi freelancer ui ux designer yang handal. Simak ya!

1.      Perbanyak referensi

Jika anda ingin menjadi ui ux designer yang handal maka langkah awal adalah dengan memperbanyak referensi. Caranya sangat banyak ya, anda dapat membacanya dengan berselancar internet, buku atau sumber lain yang dapat dijadikan referensi. Dengan banyaknya referensi yang kita olah dan tersimpan dalam memori otak, kreatifitas kita akan semakin mengalir dengan sendirinya. Selain itu, anda juga dapat mempelajari portofolio dari ui ux designer yang lebih berpengalaman. Dari sana anda dapat berkaca dari keahlian yang telah dimilikinya.

2.      Aktif mengikuti Komunitas

Mengikuti komunitas tidak hanya menjadi ajang menambah pertemanan tapi juga menambah pengalaman-pengalaman berharga. Melalui pertambahan teman dalam komunitas tersebut, anda dapat saling sharing akan ilmu-ilmu yang bermanfaat terutama yang menunjang ui ux designer. Komunitas ini juga akan membuka peluang emas untuk karier anda dimasa depan.

3.      Mengikuti Konferensi UI/UX

Tips menjadi ui ux designer yang handal juga dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai konferensi UI/UX dikota tempat anda tinggal. Cara terbaik ini sekaligus menjadi ajang utuk anda dapat mengenal para profesional dibidang UI/UX, Mempelajari inovasi yang berlangsung serta mengikuti desain modern masa kini.

4.      Mengikuti Kursus Online

Setelah anda bertemu dan sharing tentang banyak ilmu desain terbaru bersama komunitas atau ui ux designer professional, anda jangan langsung cepat puas dan merasa skill anda sudah terasah. Ikutilah kursus online materi UI/UX Yang terpercaya seperti Udemy, Course dan sebagainya. Selain ilmu desain anda akan bertambah, anda juga akan mendapatkan portofolio yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan ketika anda ingin melamar suatu perkejaan.  Sertifikat dan networking sangat penting demi karier anda.

5.      Menjadi Pendengar yang Bijak

Ternyata menjadi pendengar yang bijak tidak hanya bermanfaat bagi yang didengarkan tapi juga untuk diri anda sendiri.Saat orang lain membaca CV atau portofolio anda yang dianggap masih kurang kompeten, anda harus menerima dengan  tulus kritikan tersebut. Feedback tersebut dapat kamu jadikan sebagai evaluasi demi menjadi UI/UX designer yang handal.

6.      Carilah Platform untuk mengasah Skill

Tips yang terakhir jika ingin menjadi ui ux designer yang professional dengan mencari platform yang dapat digunakan sebagai tempat untuk mengasah skill yang telah kamu miliki. Anda dapat mendaftar menjadi Freelancer dari aplikasi yang sudah sangat banya sekali pengunjung dan peminatnya yaitu Fastwork.Id. Kunjungi link https://fastwork.id/ui-ux dan dapatkan berbagai keuntungan setelah tergabung. Di Fastwork anda juga dapat memiliki banyak klien layaknya berkerja dikantoran. Justru waktu berekerjanya lebih fleksibel karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pendaftaran tidak dipungut biaya sepeserpun. Buktikan jika anda juga dapat menjadi ui ux designer yang handal dan memiliki penghasilan setara pengusaha dengan menjadi bagian dari freelancer Fastwork.Id. Selamat bergabung pemburu rupiah!

Leave a Reply

Your email address will not be published.