7 Cara Untuk Mendidik Moral Pada Anak

bismillahirrahmanirrahim,  

Sedih. Kata itu yang muncul pertama kali dalam benak aku ketika lagi-lagi membaca berita tentang seorang murid melawan guru. Ini bukan kali pertama berita seperti ini ada, bahkan ada juga dimana guru berakhir di tahanan hanya karena menegur muridnya. Entah kenapa aku merasa sepertinya rasa hormat terhadap guru menghilang di negeri ini.

Tidak semua memang seperti itu. Aku harus mengakuinya. Ada banyak yang ikut marah dengan berita tersebut. Tapi dengan peristiwa serupa terjadi berulang kali, bahkan tak jarang ada orangtua murid ikut mendukung anaknya melawan sang guru, kok rasanya membuat hati ini semakin miris. Ada apa dengan moral bangsa ini?

Moral. Sepertinya itu kata kunci yang menjadi salah satu permasalahan yang tengah terjadi saat ini. Entah karena semua sibuk mengejar pendidikan setinggi mungkin, berlomba-lomba mengejar prestasi, tapi kemudian justru moral yang menjadi korban diabaikan.

Menurut aku, pendidikan moral itu sangat penting diajarkan kepada anak sejak usia dini. Apalagi di masa seperti sekarang, saat di mana pengaruh teman atau media sosial sangat besar. Jangan sampai anak menjadi lupa sopan santun dan memiliki moral yang kurang baik. Aku yakin kok, deep down inside semua orangtua pasti mengidamkan memiliki anak yang sopan dan santun dan memiliki moral yang baik.

Pendidikan moral merupakan salah satu pendidikan yang berhubungan dengan perilaku seseorang, baik itu perkataan ataupun perbuatan. Tentunya mengajarkan nilai-nilai moral lebih sulit daripada mengajarkan ilmu pengetahuan, karena lebih menekankan pada praktek di kehidupan sehari-hari. Selain itu juga dibutuhkan kesabaran dan kehati-hatian dalam mengajarkannya.

Setuju enggak, kalau aku bilang, menanamkan nilai moral pada anak harus dilakukan sejak dini. karena pada usia dini, anak-anak masih mudah diarahkan dibanding ketika mereka sudah remaja? Nilai-nilai moral yang orang tua ajarkan sejak dini akan membekas sampai anak tumbuh dewasa.

7 Cara Untuk Mendidik Moral Pada Anak

Dalam mendidik moral, yang paling penting adalah teladan diri dari para pendidinya, bisa dari orang tua, keluarga, sekolah dan lainnya. Sehingga anak-anak mendapatkan contoh nyata, tidak hanya teori saja. Meski tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa. Berikut ini ada 7 cara untuk mendidik moral pada anak.

1. Mulai dari hal yang sederhana

Mari kita mulai dari hal yang sederhana. Seperti membiasakan untuk berkata permisi, tolong, maaf, dan terima kasih ketika sebelum atau sesudah melakukan sesuatu aktivitas.

Biasakan anak untuk mengatakan “Permisi” ketika meminta izin, ingatkan anak untu mengatakan “Tolong” ketika meminta sesuatu, ajarkan anak untuk mengatakan “Maaf” ketika melakukan kesalahan, dan biasakan anak untuk mengatakan “Terima Kasih” ketika orang lain melakukan kebaikan untuk dirinya.

2. Kenalkan dengan nilai-nilai agama

Bagaimanapun agama adalah salah satu pilar yang sangat penting bagi manusia. Pendidikan agama yang baik akan membantu memunculkan moral yang baik dan santun.

Kenalkan anak dengan agama sejak usia dini, karena nilai-nilai moral yang diajarkan dalam agama sangat penting untuk menumbuhkan kedewasaan dan pembentukan karakternya ketika ia besar nanti.

3. Ajarkan kejujuran

Orangtua perlu memberikan penjelasan bahwa kejujuran akan membawa kepada kebahagiaan dan kebohongan hanya akan indah di awal tetapi membawa penderitaan sepanjang hidup. Sekecil apapun kebohongan tetap saja akan membawa dampak yang besar bagi kehidupan. Tekankan bahwa ther is no white lies. Bohong adalah bohong.

Hal mendasar yang menyebabkan seseorang berbohong adalah kebiasaan di waktu kecil sehingga terbawa sampai dewasa.. Oleh karena itu penting sekali mengajarkan kebiasaan bersikap jujur pada anak-anak sejak usia dini.

4. Latihlah tanggung jawab

Tanggung jawab sangat penting diajarkan kepada anak sejak dini. Orangtua bisa mengajarkan pada anak untuk senantiasa meminta maaf apabila melakukan kesalahan terhadap orang lain. Sebaiknya orangtua memberikan penjelasan kepada anak-anak bahwa meminta maaf adalah bentuk dari tanggung jawab atas kesalahan yang telah diperbuat.

5. Tanamkan disiplin

Dengan mengajarkan anak disiplin maka pola hidup anak lebih teratur. Sehingga moralitas anak akan terbiasa disiplin berkelakuan yang baik dan benar. Sepertinya hal ini sepele namun sikap disiplin ini merupakan kunci anak patuh pada orang tua.

Sebagai orangtua jangan bosan untuk mengajak anak bangun di awal pagi, jangan lelah untuk mengajak anak sholat 5 waktu setiap hari, jangan letih untuk mengajarkan anak disiplin dalam belajar, mengaji, makan, tidur dan aktivitas harian lainnya.

6. Melalui cerita dongeng

Umumnya anak-anak akan menyukai dongeng. dPilihlah kisah yang menarik dari buku atau dongeng dan tambahkan dengan imajinasi yang kita miliki, kemudian ceritakan sambil memasukkan nilai-nilai moral yang baik kepada anak.

Sekarang ini buku dongeng sangat beragam, baik kisah dari luar negeri maupun dalam negeri. Kita dapatkan buku dongeng di iPrice, selain banyak pilihan bukunya, harganya pun bisa dibandingkan sesuai budget

7. Lakukan dengan konsisten

Mengajarkan moral adalah suatu proses. Mungkin anak-anak masih sering lupa bagaimana harus bersikap baik, tetapi sebagai orangtua jangan pernah lelah untuk mengingatkan mereka. Dan apabila merekaa bertindak tidak sopan, janganlah terlalu mudah memaklumi sikap mereka, karena hal ini justru akan membuat anda terlihat tidak konsisten di mata anak.

Semoga dengan mendidik moral anak sejak dini, enggak ada lagi kasus-kasus murid melawan gurunya di kemudian hari. Selamat hari pendidikan nasional!

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *