79 Tahun Sinar Mas Berkembang Bersama Masyarakat Indonesia

Bismillahirohmanirohim,

pic source: Sinar Mas, edited by me

Sinar Mas. Siapa sih yang saat ini belum pernah mendengar nama perusahaan besar ini? Perusahaan yang sudah memasuki usia 79 tahun ini rasanya ada hampir di setiap aspek kehidupan kita.

Buku tulis dengan gambar sampul yang menarik menjadi awal perkenalan aku dengan Sinar Mas ketika memasuki usia sekolah sekitar tiga puluh tahun yang lalu. Beberapa tahun terakhir ini aku kembali akrab dengan Sinar Mas lewat asuransi kesehatan yang diberikan oleh perusaan tempat suami bekerja. Aku bisa tenang menjalani operasi tanpa harus pusing dengan urusan admistrasi dan biayanya. Semenjak serius jadi blogger, lagi-lagi aku mengakrabkan diri dengan produk Sinar Mas, modem dari salah satu anak perusahaannya selalu menemani aku setiap keluar dari rumah, dan memudahkan aku untuk bisa menulis dimanapun aku berada.

Baca juga: 4 Hari 3 Malam di Rumah Sakit

Sinar Mas Ada dalam Setiap Aspek Kehidupan

Perusahaan yang berdiri pada tahun 1938 memasuki usia yang ke 79 tahun di tahun ini. Wah, bahkan sudah sebelum negara kita medeka saja, Sinar Mas sudah ada terlebih dahulu. Sinar Mas merupakan brand perusahaan yang bergerak melalui 6 pilar bisnis, yaitu:

1. Pulp dan kertas

Berawal dengan nama PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia,  pada tahun 1972 kini berkembang dengan nama Asia Pulp & Paper (APP) memproduksi kertas berserta produk turunannya. APP menjadi industri yang memiliki kapasitas produksi hingga 12 juta ton per tahun, menjangkau 120 negara di 6 benua.

2. Agribisnis dan pangan

Sinar Mas bergerak di sektor agribisnis dan pangan di bawah perusahaan Golden Agri-Resources Ltd (GAR) yang berdiri pada tahun 1996. Bersama dengan salah satu anak perusahaannya, PT Sinar Mas Agro Resources, GAR menjadi salah satu pengelola perkebunan kelapa sawit terintergrasi terbesar di dunia.

3. Layanan keuangan

Melalui PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) menyediakan berbagai layanan keuangan bagi nasabah korporasi -termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah- maupun perorangan. Menjangkau masyarakat dengan layanan berkualitas global di sektor perbankan, asuransi, pembiayaan nasabah, serta manajemen aset.

4. Pengembang dan realestat

Sinar Mas Land merupakan salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam produk seperti kota mandiri, perumahan, kawasan komersial dan industri, hotel, hingga resor wisata yang tersebar bukan hanya di Indonesia tapi juga di Asia hingga Eropa.

5. Telekomunikasi

PT Smartfren Telecom Tbk mengandalkan teknologi 4G LTE Advanced pertama di Indonesia, yaitu sebuah teknologi jaringan nirkabel dengan menggabungkan dua atau lebih saluran radio (spektrum) untuk mendapatkan kecepatan yang lebih baik.

6. Energi dan infrastruktur

Sinar Mas juga bergerak dalam penyediaan energi listrik, pertambangan batu bara, infrastruktur, bahan kimia, perdagangan ritel, dan multimedia melalui PT Dian Swastatika Sentosa Tbk dan sejumlah perusahaan di bawah naungannya.

Masing-masing pilar bisnis ini dikelola secara independen, namun kesamaan nilai dan histori mempersatukan keseluruhan pilar-pilar ini. Ada lebih dari 380.000 anak bangsa yang menjadi karyawan di Sinar Mas. Tak berlebihan rasanya kalau aku menyebut Sinar Mas ada dalam setiap aspek kehidupan kita. Paling tidak, 3 pilar bisnis Sinar Mas itu cukup dekat dengan keseharianku yang aku tahu saat ini.

79 Tahun Sinar Mas Berkembang Bersama Masyarakat Indonesia

79 tahun Sinar Mas tentunya sebuah prestasi yang tak mudah dicapai. Salah satu kunci keberhasilan #SM79 ini karena Sinar Mas memiiki komitmen pada praktik bisnis berkelanjutan melalui aspek ekonomi, kelestarian lingkungan, dan kesejahteraan sosial.

Sina Mas terlibat dalam penyediaan layanan kesehatan dan pendidikan. Dalam setiap pilar bisnis, tujuan Sinar Mas adalah pengelolaan komoditas serta layanan yang menjadi kebutuhan utama masyarakat, sekaligus mampu mendorong kesejahteraan dan perekonomian bangsa Indonesia.

Selama 79 tahun ini Sinar Mas berkembang bersama masyarakat Indonesia. Sinar Mas menunjukan kepeduliannya pada kemajuan Bangsa Indonesia terlihat dari sejumlah program CSR yang mereka miliki, diantaranya adalah:

DMPA: Pemberdayaan Ekonomi Masarakat dan Pelestarian Lingkungan Cara APP

pic source: Sinar Mas

Sebagai bagian dari integral Forest Conservation Policy (FCP), APP Sinar Mas meluncurkan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) sejak akhir 2015 lalu. Konsep DMPA ini adalah pemberdayaan masyarakat yang dikombinasikan dengan upaya pelestarian lingkungan sekitar dengan landasan kegiatan agroforestri (wanatani).

Masyarakat diarahkan untuk  bercocok tanam hortikultura (seperti sayur mayur dan buah-buahan), tanaman pangan, peternakan, perikanan, dan olahan makanan.  Nantinya hasil pangan tersebut untuk dikonsumsi sendiri sebagai ketahanan pangan, atau untuk dijual untuk menambah daya ekonomi masyarakat.

APP menargetkan sampai 2020 nanti akan bisa mengimplimentasikan DMPA di 500 desa di sekitar wilayah konsensi yang tersebar di 5 provinsi, yaitu Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Produk buah-buahan dan olahan hasil petani binaan DMPA ini adalah beras Riau, madu Riau, kemplang udang, jagung pipil, kerupuk ikan, pepaya madu, jambu biji bangkok, beras Kromojoyo, aloe jelly, minyak nilam, terasi udang, keripik rebung, dan asam, kandis.

Al Quran untuk Indonesia – Wakaf Al Quran

Sinar Mas menyadari bahwa Indonesia sebagai negara dengan jumlah umat Islam terbanyak di dunia maka berarti kebutuhan akan Al Quran di Indonesia sangat banyak setiap tahunnya. Berdasarkan data dari Kementerian Agama di tahun 2011, kebutuhan Al Quran di Indonesia sampai dengan 2 jtua mushaf per tahunnya. Padahal pencetakan nasional baru bisa sampai 50-60 ribu mushaf saja. Untuk memenuhi kekurangan Al Quran itulah Sinar Mas mengajak kita untuk berpartisipasi wakaf Al Quran.

Caranya gampang banget loh! Langkah pertama like Fanpage Sinar Mas, share dan ajak 2 orang teman kita dalam post ini ditambah hastag #QuranUntukIndonesia dan #BanggaIndonesia.

Cara lainnya adalah lewat instagram. Upload foto kita dengan memegang tulisan “Al Quran untuk Indonesia, Produk Indonesia Jati Diri Bangsa” dengan hashtag #BanggaIndonesia dan #QuranUntukIndonesia me-mention Instagram @Sinar_MasID & @Asiapulppaper.

Nah, nantinya setiap submission yang kita lakukan ini akan menjadi sebuah Al Quran untuk diwakafkan. Praktis dan gratis. Tapi yang harus diingat, setiap akun hanya boleh melakukan satu kali saja.

Bazaar Rakyat Sinar Mas

pic source: Sinar Mas

Sudah sejak 2005 Sinar Mas secara rutin mengadakan kegiatan CSR berupa Bazaar Rakyat dengan menyalurkan minyak goreng bersubsidi ke berbagai daerah di Indonesia. Program Bazaar Rakyat ini bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan produk asli dalam negeri yang berkualitas.

#PendidikanUntukSMua

pic source: Sinar Mas

Eka Tjipta Fondation mendirikan sekolah-sekolah di daerah terpencil. Menjangkau sekitar 24 desa di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. GAR percaya bahwa pendidikan merupakan salah satu sarana untuk menuntaskan kemiskinan di daerah pedesaan. Pada tahun 2016, GAR telah memberikan dukungan kepada 217 sekolah, mulai dari TK hingga SMA.

Biaya pendidikan di sekolah ini diberikan secara gratis. Selain mata pelajaran sekolah pada umumnya, diberikan juga pengetahuan praktis di perkebunan tentang bagaimana cara mencegah kebakaran hutan dan melakukan pertanian bekelanjutan.

Itu tadi baru sebagian dari program CSR yang dimiliki oleh Sinar Mas. Masih banyak lagi program-program lainnya yang menunjukkan bahwa Sinar Mas peduli pada kemajuan bangsa.

Untuk tahu lebih banyak soal kepedulian Sinar Mas ini silakan follow akun media sosial merek:

FB Page = SinarMasID
Twitter = sinar_masid
Instagram = sinar_masid

Sinar Mas Berpartisapasi dalam Trade Expo Indonesia 2017

Trade Expo Indonesia adalah pameran dagang tahunan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Di tahun 2017 ini, Trade Expo Indonesia akan berlangsung mulai tanggal 11-15 Oktober 2017. Untuk pertama kalinya TEI ini akan berlokasi di Indonesian Convention Exhibition (ICE), BSD, yang merupakan salah satu bagian dari pilar bisnis Sinar Mas, yaitu Sinar Mas Land.

Di lokasi penyelenggaraan baru, kami berharap TEI akan terlaksana lebih baik lewat penataan tampilan dan layout zonasi produk yang lebih baik dan lebih menarik sesuai standar internasional. Begitu juga dengan kenyamanan bertransaksi dan bernegosiasi bisnis.

-Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan Republik Indonesia

TEI 2017 ini akan menampilkan lebih dari 300 produk dan jasa Indonesia yang akan dipamerkan dalam 7 zona produk potensial dan unggulan nasional. Zona-zona tersebut adalah furniture and furnishing, fashion, craft and creative products, premium products, strategic industries, manufacturing products and services, food and beverages, serta  province premium products. Sebagai perusahaan besar, Sinar Mas pun tak ketinggalan ikut berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia 2017 ini.

Tujuan dari diselenggarakannya Trade Expo Indonesia ini adalah untuk menjaga neraca perdagangan dengan meningkatkan ekspor produk-produk potensial dalam negeri. Semoga saja dengan dilangsungkannya TEI 2017 nanti, perekonomian Indonesia akan semakin membaik

13 Comments

  1. Ya ampun, aku tau nya sinar mas itu cuma bank dan asuransi. Kudet amat ya haha. Ternyata banyak juga yaa grup perusahaannya.

  2. OMG … Udah 79 tahuun ???
    Kalo almh. Ibu saya masih hidup sebaya mereka mba. Kalo sama yg pengalaman seperti ini kita udah bisa percayalah ya

  3. Lah ternyata banyak banget ya mbak, anak dari perusahaannya Sinar Mas ini. Aku cuma tau beberapa aja.. Bahkan ternyata ICE BSD itu masuk pilarnya Sinar Mas Land ya, baru tau banget ini >.<
    Komitmen Sinar Mas untuk memajukan Indonesia ini patut didukung ya mbak.. ^^

  4. Kalau sudah berkembang cukup lama dan aware sama masalah lingkungn sekitar baik itu sekolah, agama, ekonomi jd tambah salut dg Sinarmas bukan hanya mngejr profit

  5. Sinar mas ini guedeee banget cakupan usahanya. Dna kerennya di semua lini mereka ada. Sepertinya uang tak boleh2 jauh kantong dari mereka deh. Heheee..

    Semoga semakin memberi manfaat untuk sekitar.

  6. Sinarmas ini emang luar biasa. Kebetulan perusahaan suamiku handle salah satu pekerjaan di Sinarmas grup. Etos kerjanya ok di sana. Mungkin krn perusahaan ini berbau2 Jepang kali ya 😀

  7. Sinarmas banyak banget lini bisnisnya. Keknya semuanya ada deh. Malah aku baru nyadar minyak goreng di rumah itu produknya Sinarmas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *