8 Cara Menuju Langsing Saat Lebaran Bersama Heavenly Blush Tummyogurt

Bismillahirohmanirohim,


Memiliki tubuh langsing sepertinya merupakan dambaan hampir semua wanita. Tidak terkecuali aku. Padahal sampai 6 tahun lalu aku justru mengharapkan naiknya berat badan. Aku dulu begitu kurus sampai-sampai harus ke dokter gizi hanya untuk menaikan berat badan. Berhasil naik? Enggak juga, malah ditutup dengan kalimat bijak dari sang dokter seperti ini: “Neng mah enggak bisa gemuk kayanya. Turunan dari kakek sih.” Iya, sang dokter menyerah setelah mencoba berbagai cara untuk membuat berat badan aku naik dari aku SD sampai setelah menikah.

Berat badanku justru melesat pesat gara-gara obat hormon yang aku minum di dokter yang menangani progam hamil aku terakhir. Dalam 1 bulan persiapan inseminasi aku justru berhasil naik hampir 10 kg. Obat hormon ditambah enggak ngontrol makan jelas penyebabnya. Yang lucu, gara-gara berat badan yang naik drastis ini aku sampai sempat enggak dikenal orang-orang. Bahkan ketika menjemput mertua di stasiun, ibu malah bertanya sama Mas Met, “Dian  mana? Kok enggak ikut?” Padahal jelas-jelas aku ada di sebelah Mas Met.

Manusia memang jarang merasa puas. Kalau dulu aku menginginkan berat badan naik, sekarang aku justru ingin menurunkan berat badan. Bulan puasa seharusnya menjadi momen yang pas untuk menurunkan berat badan. Masalahnya apa iya berat badan akan turun saat sebulan puasa? Dari jaman aku masih kurus saja, angka timbangan tidak bergerak saat lebaran, malah pernah bertambah.  Jadi aku harus bagaimana agar puasa tahun ini bisa menurunkan berat badan?

8 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Demi bisa menurunkan berat badan puasa ini aku mencoba brosing sana-sini. Sampai akhirnya aku menemukan ada 8 cara untuk menurunkan berat badan saat puasa. Gimana caranya? Intip aja list berikut ini:

1. Sahur itu wajib!

Jangan karena merasa mau nurunin berat badan, lantas kita malah jadi enggak sahur. Sahur itu wajib. Pilih makan makanan yang bergizi agar kita memiliki tenaga untuk beraktivitas di hari itu.

2. Pastikan cairan tercukupi.

Biasakan minum 8 gelas per hari. Jaga cairan tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Kalau masih merasa kurang, konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air.

3. Makan yang makanan mengandung protein dan berserat.

Pastikan makanan yang kita makan kaya akan protein dan berserat. Terutama saat kita berbuka. Makanan yang mengandung protein dan berserat akan membantu proses metabolisme tubuh membaik sehingga saat kita tidur nanti, kalori yang terbakar akan lebih banyak.

4. Pilih makanan yang rendah kalori.

Makanan yang rendah kalori biasanya memberikan vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan aktivitas metabolisme, memungkinkan agar kita tetap mendapatkan tenaga untuk beraktivitas.

5. Jaga konsumsi gula.

Tagline di Indonesia saat puasa memang berbukalah dengan manis. Tapi kalau ingin mengurangkan berat badan mulailah kurangi gula. Kalaupun tetap ingin menikmati makanan yang manis-manis, pilihlah yang manis alami seperti kurma.

6. Jangan langsung makan berat saat berbuka.

Berikan waktu agak lama untuk menyantap makan malam setelah berbuka puasa. Kalau perlu baru makan malam setelah usai shalat tarawih. Lagipula hal ini membantu agar ketika kita shalat tidak terasa kekenyangan dan mengantuk.

7. Olah raga.

Walaupun puasa, bukan berarti enggak olahraga dong. Pilihlah olahraga yang ringan, seperti jalan kaki secara rutin.

8. Pengendalian diri.

Inti dari puasa adalah belajar mengendalikan hawa nafsu. Maka jangan sampai setelah berpuasa setengah hari tapi begitu adzan magrib berkumandang kita justru malah dikontrol oleh nafsu lapar. Takar makanan yang kita makan.

Berkenalan dengan Heavenly Blush Tummyogurt

8 tips itu memang bagus, tapi tetap saja rasanya aku membutuhkan sesuatu untuk membantu diet ini. Sesuatu yang membuat program menurunkan berat badan ini jadi terasa mudah. Beberapa minggu lalu ketika aku berbelanja di Indomaret, aku melihat sebuah produk minuman baru di lemari pendinginnya. Karena kemasannya menarik aku pun tergoda untuk melihat-lihat. Ah, rupanya itu adalah produk baru dari Heavenly Blush, Tummyogurt Drink. Berhubung aku memang suka minum yogurt, aku pun memasukkan Heavenly Blush Tummyogurt Drink itu ke dalam keranjang belanjaanku.

Yummyogurt Drink


Entah sejak usia berapa aku sudah mengenal dengan yang namanya yogurt. Mamaku yang mengenalkan aku pada minuman yang difermentasi ini. Bahkan beberapa tahun lalu mama dengan antusiasnya mengajak aku untuk ikut pelatihan membuat yogurt. Sukses? Enggak! Sepertinya aku lebih cocok untuk membeli yogurt yang sudah ada di pasaran saja daripada membelinya.

Aku tahu bahwa yogurt itu selain enak baik untuk kesehatan. Tapi waktu aku mengkonsumsi Heavenly Blush Yummyogurt Drink, aku baru tahu kalau fresh yogurt ini bisa untuk membantu diet juga. Sepertinya aku menemukan solusi untuk masalah aku.

Heavenly Blush Tummyogurt Drink ini memang beda dengan yogurt lainnya. Kenapa? Karena Heavenly Blush Tummyogurt Drink ini merupakan kombinasi dari fruit and veggie yogurt, alias buah-buahan dan sayuran. Ada 3 varian yang ditawarkan, yaitu Blueberry Redbeet (blueberry, blackcurrant, bit merat), Manggo Carrot (ranberry, mangga, wortel), dan Raspberry Brocolli (blackberry, raspberry, brokoli). Kombinasi yang menarik bukan?

Selain rasanya yang berbeda dari yogurt pada umumnya, Heavenly Blush Tummyogurt Drink ini rendah lemak (low fat) dan memiliki serat yang tinggi (high fiber). Sehingga cocok untuk menahan lapar. Serat dapat membuat rasa kenyang terasa lebih lama jadi bisa membantu diet dan menurunkan berat badan. Lagipula kandungan serat yang tinggi itu bisa membuat pencernaan lebih sehat.


Klop sudah! Aku mau buka puasa dan sahur ditemani Heavenly Blush Tummyogurt Drink ini. Eh memangnya buka puasa pakai yogurt enggak bikin sakit maag? Nah ini dia yang seringkali salah kaprah. Banyak orang enggak berani minum yogurt karena berpikir akan memicu sakit maag. Padahal kenyataannya rasa asam yogurt  tidak akan merangsang produksi asam lambung berlebihan dan membuat iritasi pada lambung. Sebaliknya asam yang terbentuk pada yogurt adalah asam laktat yang akan menyembuhkan luka yang ada pada dinding lambung. Tak heran ketika aku baru keluar dari rumah sakit karena asam lambung yang parah, mamaku malah membawa aku untuk jajan yogurt.

Tapi kalau masih ada rasa khawatir akan sakit maag, pilihlah yogurt yang memberikan rasa asam yang tidak terlalu kecut. Seperti Heavenly Blush Tummyogurt Drink ini. Rasa asamnya terasa pas. Malah nyaris tidak ada rasa asam di lidah aku. Waktu aku hendak mencicipi rasa Manggo Carrot, aku agak khawatir kalau rasa ini akan lebih asam dari yang lainnya, tapi ternyata sama aja tuh, rasa asamnya pas.

Heavenly Blush Tummyogurt Drink ini enggak susah dicari. Karena Heavenly Blush Tummyogurt Drink kini sudah tersedia di seluruh Indomaret di Indonesia. Selain di Indomaret juga bisa dibeli di Carefour, Papaya, All Fresh, The Food Hall, dan Farmers Market.

Heavenly Blush Tummyogurt Drink, good for your tummy!

Heavenly Blush Tummyogurt Bar


Beberapa hari sebelum masuk bulan puasa, aku menerima sebuah paket dari KBJ. Sebuah kotak berwarna hijau dengan tutup merah. Ketika aku membuka tutupnya, tampaklah beberapa keping Heavenly Blush Tummy ogurt Bar. Apalagi ini? Aku bertanya-tanya dalam hati. Rupanya selain mengeluarkan minuman yogurt, Heavenly Blush kini memiliki snack sehat.


Ada 2 varian rasa yang ditawarkan oleh HeavenHeavenly Blush Tummyogurt Barly Blush Tummyogurt Bar, yaitu rasa lime dan berries. Kandungan multigrains pada yogurt bar ini meliputi chia seed, pumpkin seed, sunflower seed, black sesame, dan white sesame. Waktu aku menggigit kepingan  ini aku langsung merasakan paduan rasa buah, susu, dan asam. Iya, kalau Yogurt Drink-nya tidak ada sensasi rasa asam,Yogurt Bar ini justru terasa asamnya. Tapi ya jadinya enak, renyah manis-asam gitu.


Sama seperti Heavenly Blush Tummyogurt Drink, Heavenly Blush Tummyogurt Bar ini juga mengandung serat yang tinggi (high fiber) sehingga membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan. Selain itu juga membuat rasa kenyang yang lebih lama.

Masalahnya Heavenly Blush Tummyogurt Bar aku sudah habis sekarang. Saatnya membeli sendiri sekarang (kecuali ada yang mau ngirimin lagi gitu). Heavenly Blush Tummy ogurt Bar ini enggak ada di Indomaret. Catet ya, cuma adanya di Starbucks, Farmers Market, dan The Food Hall.

Diet di Bulan Puasa dengan Heavenly Blush Tummyogurt

Jadi demi badan langsingan saat lebaran nanti, aku mau menurunkan berat badan. Caranya? Ya dengan langkah-langkah tadi ditambah Heavenly Blush Tummyogurt. Saat buka puasa dan sahur minum Heavenly Blush Tummyogurt Drink. Nah biar ga tahu-tahu lapar saat shalat tarawih, aku nyemil Heavenly Blush Tummyogurt Bar dulu. Biar makan malamnya baru setelah selesai shalat tarawih.

Yuk, yang mau menurunkan berat badan ikutan jajan Heavenly Blush Tummyogurt juga! Wish me luck, guys.

 

 

28 Comments

  1. Saya kurang suka sama yogurt. Setelah liat ini ko jadi pgn nyobain haha. Kayanya enak ya, apalagi yg bar nih kayanya.

    • Kalau serius menjalankan tips dari Teh Dian, badan pasti bisa langsing dan sehat ya..
      Teh, tapi saya mah justru ingin naikin berat badan, gimana ya…:))

      • naikin berat badan caranya makan yang teratur. porsi ga usah banyak. tapi dijadwal jam makannya. pancing pakai cemilan yang manis-manis 1 jam sebelum makan siang. dulu aku sih gitu diajarin dokter

  2. Ahhh..aku tuh sadar diri kurang makanan yang berserat selama puasa. Ini bb dah melorot 2 kg hihii..

    Hmm, kalo yogurt mah saya suka, dan pernah nyobain produk ini, seger..apalagi kalo diminum siang bolong yaaa…*ehh

  3. Saya suka yogurtt dan saya jadi pengen coba yang barnya..
    Btw yah puasa emanh rahmat banget yah.. menambah ibadan dan juga sekalian nurunin BB hihihi

  4. berat badanku juga sekarang naik drastis mba, padahal dari jaman kecil sampe abg kurus banget juga.. aku suka sama yougurt kayaknya mau coba sahur minum yougrt juga deh dan kalo havenly blush sukanya yang rasa strawaberry, enak nih sekarang ada snack bar nya juga..

  5. Aku sih maunya naikin berat badan, gimana donk caranya… Jangan bilang minum obat hormon program kehamilan yah

    • wakakakakaka aku juga mau bikin suami gemukan. Rasanya pengen balik ke dokter kandungan terus bilang, dok gantian suami saya yang digemukin ya.

  6. Tapi mbak, jujur saja nih ya.. Prosesi diet pas puasa emang berhasil. Misal gini setelah puasa sebulan full, berat turun 5 kilo, tapi entah kenapa sehari dua hari setelah lebaran, terkadang berat naik 6-7 kilo hahaha entah kenapa bisa begitu, ya mungkin efek opor ayam plus rendang bikinan nenek..

    Ya namanya jg resiko cucu kesayangan, tiap berkunjung ke rumah nenek pasti disuruh makan opor ayam, makan rendang, nyicipin roti kaleng, nyicipin cemilan lainnya, belum lagi pulang nya di bungkusin rendang haha ya intinya banyak makan wkwk

    Y wajar saja jika diet pas puasa, semuanya jadi musnah seketika pas lebaran. Memang benar lebaran yg membuat lebaran

  7. Teh Diii….
    semoga ikhtiarnya berhasil yaa, teh…

    Sama banget kaya mbak iparku.
    Dulu progmil sekali, BB nambah…dua kali, tiga kali…
    Sekarang?
    Sudah susah turun, katanya.

    Haahha…ya sudahlaa….dia pasrah.
    Katanya, yang penting bahagia.
    Aamiin.

    Btw,
    cocok buat aku niih…heavenly blush.
    Secara aku ketakutan banget jarum timbangan ke kanan…maunya ideal di angka 45 ke bawah.

    hiihii…

  8. Mauuuuuu dunk heavenly yg tummybarnya. .

    Cucok nij ya cemilan untuk aku. . aku jg lagi kepingin diet, mengatur pola makan. Pingin sehat. . langsing mah itu bonus.

    sementara pempek diganti heavenly tummy bar kali ya

  9. Tipsnya bermanfaat banget nih. Satu yang kurang, aku belum coba Heavenly Blush Tummyogurt Bar. Nanti kalau keluar coba cari penasaran sama rasanya..

  10. waah.. sampe mertua nggak ngenalin ya mbak, beda banget berarti ya mbak setelah naik 10 kg.

    aku kemarin udah nyoba yang Heavenly Blush Tummyogurt bar. karena aku memang suka yang asem-asem jadi seneng-seneng aja makannya.

  11. Saya sdh 10 hari ini gak makan nasi mba.. saya ganti pake kentang rebus atau roti.. blm keliatannya banget sih turunnya tapi di badan dan perut terasa lebih enak apalagi klo baru jongkok di kamar mandi hahaha

  12. aahhh yogurtnya mlumer bingit… hee
    Iya sih kalo pas buka maem yg berjeniskan makanan berat, dipastikan pas tarawih, mau berdiri bakalan berat gitu bawaane.
    *ngerasa jadi korban, wkwkwk

  13. Aku suka yoghurt apapun. Termasuk yoghurt ini. Yoghurt adalah ide terbaik yg dikasih tuhan kepada manusia untuk mengolah apa yg adajadi istimewa.

    Kak, kalo aku minum yoghurt twpi terus minum susu. Jadi nggsk langsing2 yaaaa

  14. Aku kalau makan habis solat magrib setelah itu stop. Di atas jam 9 gak makan berat. Entah ini bs turun atau gak

    Aku bkn penggemar yogurt sih, Mbak. Tapi kalau yg heavenly snack, kayanya boleh dicoba. Digigitin dikit2 hbis tadarusan enak kali ya

  15. Tahun ini saya mau serius nurunin bb. Ternyata makan banyak bikin perut saya sakit. Nanti dicoba deh tipsnya

  16. Berbahagialah orang yang makan sebakul enggak gemuk2. Tapi disini ada orang yang makan semangkuk langsung gemuk menggelembung. :(((

    Bisa dicoba nih, Heavenly Blush-nya. Belum pernah icip..

  17. Mbak Dian, poin berikutnya tambahin: percaya diri. karena kalo kita kurang percaya diri kita jadi ga menghargai usaha yang kita tempuh sejauh apapun itu. Btw, pengen rasa yogurt ini, deh. Mana tau cucok di lidah. Selama ini aku anti mamam yogurt karena yang terbayang rasanya itu kaya es krim. Tapi taunya? Uughh

  18. Tinggi serat rendah lemak wajib banget buat sahur biar enggak cepet lapar. Kalau heavenly blush yang ini aku kurang suka karena terlalu manis. Aku lebih suka yang greek yogurt.

  19. Aku salut ama orang orang yang mampu menjaga berat badan saat puasa dan lebaran yang dimana waktu krusial untuk muncul makanan setahun sekali. Rasanya sayang banget buat dilewatkan. Eh yogurt nya enaaaak kayanya. Klo abis 2 botol bikin ndut apa kurus?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *