Kemeriahan 9th Anniversary Aston Marina Ancol

Bismillahirohmanirohim,

Kebahagiaan itu akan semakin terasa ketika dibagi.

Entah siapa yang pertama kalinya menyerukan kalimat bijak itu, aku tak pernah tahu, tapi yang jelas aku mengakui kebenaran dalam kalimat itu. Rasa bahagia memang sebaiknya disebarluaskan. Karenanya tak usah heran bila  peristiwa yang membahagiakan seperti hari lahir, penikahan, dan ulang tahun akan terasa lebih menyenangkan bila diadakan sebuah perayaan.

Begitu juga dengan Aston Marina Ancol yang memasuki tahun ke-9 pada 30 Oktober 2017 lalu. Dalam rangka berbagi kebahagiaannya, Aston Marina Ancol mengadakan sejumlah acara yang diselenggarakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 10 hinggal 12 November 2017.

Aston Marina Ancol mengundang beberapa usaha kecil menengah asuhan Inacraft, kawula muda, juga usaha sampingan karyawan untuk bersama-sama merayakan, meramaikan, serta menambah kemeriahan ulang tahun yang ke-9 lewat acara bazaar yang mengangkat tema “I Love Local Product”.

Dengan diselenggarakannya bazaar ini, kami bermaksud untuk meningkatkan rasa cinta masryarakat terhadap produk lokal.

-Paundra Hanutama, Marketing Communication Manager Hotel Aston Marina Ancol

Selain acara bazaar, dalam rangka memeriah ulang tahun Aston Marina Ancol ke-9 ini juga diisi dengan beragam aktivitas yang enggak kalah menarik. Mulai dance performance dan fashion show, cupcake decoration, cooking class, beauty class, games, coffee clinic, csr, serta blog competion.

Kami berharap kedepannya Hotel Aston Marina Ancol memiliki kesamaan dengan angka 9 yan gmemiliki arti sukses.

-Paundra Hanutama, Marketing Communication Manager Hotel Aston Marina Ancol

Sekilas Mengenai Hotel Aston Marina Ancol

Aston Marina Ancol adalah salah satu hotel di bawah naungah Archipelago International. Mengusung desain minimalis modern dengan nuansa warna kayu, hotel ini memiliki 365 kamar yang terdiri dari tipe 1, 2, dan 3 kamar tidur. Hotel ini selain nyaman untuk dijadikan tempat menginap tapi juga cocok untuk dijadikan tempat untuk mengadakan seminar, pelatihan, pernikahan, ataupun tempat tinggal sementara saat berada di kota Jakarta.

Lokasinya yang terletak di jalan Lodan Raya no 2A, Jakarta Utara ini kerap dijadikan pilihan saat tujuan ke Jakarta untuk bermain ke Ancol atau belanja di Mangga Dua. Karenanya, Aston Marina memberikan fasilitas antar jemput gratis setiap harinya dengan tujuan Ancol dan Mangga Dua bagi seluruh tamu yang menginap.

Pembukaan Rangkaian Acara Ulang Tahun Aston Marina Ancol

Dari tiga hari rangkaian acara ulang tahun Aston Marina Ancol ini, dua hari diantaranya aku berkesempatan hadir. Dan lewat tulisan ini aku ingin berbagi cerita soal keseruanku bersama beberapa teman blogger saat menghadiri acara ulang taun Aston Marina Ancol.

Jumat itu, 10 November 2017, sekitar jam 3 lewat, Trans Jakarta yang aku tumpangi meluncur dari Pal Putih ke arah Ancol. Awalnya aku pikir, aku punya cukup banyak waktu mengingat undangan yang tertera adalah jam 16.30. Tapi aku lupa, hari itu adalah hari Jumat, jalanan agak kurang bersahabat. Hingga akhirnya aku tiba di lobi Hotel Aston Marina Ancol persis menjelang pukul 16.30. Merasa tepak waktu? Tentu tidak, karena aku masih belum melaksanakan shalat Ashar.



Usai shalat di mushola yang terletak di lantai M1, aku pun bergegas kembali ke lobi. Acara masih belum berlangsung. Aku bertemu beberapa teman blogger, berpoto bersama, dan lanjut bekerliling melihat-lihat. Acara bazaar rupanya sudah berlangsung, letaknya ada di dekat parkiran, di luar gedung. Sementara beberapa sponsor utama seperti Martha Tilaar, Batik Gobang Jakarta, Bounce Street, ada di dalam lobi. Selain membuka stand yang memamerkan koleksi batik-batik cantik yang ingin rasanya aku bawa pulang, Batik Gobang juga menyediakan canting dan malam bagi yang ingin mencoba membatik.

Jam 5 lewat akhirnya kami diminta berkumpul di area lobi. Sebelum acara utama dimulai diadakan sejumlah games untuk mencairkan suasana. Hadiahnya lumayan menarik, ada dari voucher Gondola, voucher Bounce Street, dan lain sebagainya. Tapi yang paling menarik menurut aku adalah pertanyaan-pertanyaannya yang cukup unik seperti yang memiliki pulsa paling sedikit. Kami pun berlomba-lomba menyebutkan sisa pulsa kami. Tak disangka ternyata ada yang memiliki sisa pulsa sebesar Rp 2. Sudah tentu langsung tak ada yang berani lagi maju menyebut nominal pulsanya.



Pembukaan rangkaian ulang tahun Anton Marina Ancol ke-9 ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh GM Aston Marina Ancol, Bapak Achmad Noer Ardan. Atas bentuk rasa terima kasihnya, beliau turut mengundang para petinggi wilayah Jakarta Utara, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan,  wali kota, juga aparat kepolisian.


Usai pemotongan tumpeng, acara pun dilanjutkan dengan dance performance dan peragaan busana Batik Gobang Jakarta rancanagan Ethys Mayoshi. Sayangnya aku kepotong shalat magrib, sehingga cuma bisa menyaksikan peragaan busana terakhir. Hicks… Untung saja saat penutupan para model-model yang ternyata mahasiswa dari kampus almamater aku, LSPR,  kembali tampil sekali lagi ke atas panggung bersama ibu Ethys Mayoshi.
Rangkaian acara untuk Jumat itu boleh saja sudah berakhir. Tapi masih ada dua hari lagi dimana acara-acara yang enggak kalah menarik lainnya dilangsungkan.

Cooking Class Bersama forVITA

Tumben-tumbenan hari minggu pagi aku sudah rapih. Terpaksa meninggalkan Mas Met yang masih menikmati alam mimpi, meluncur menuju Aston Marina Ancol kembali. Ada 3 acara yang aku ikuti hari itu, dimulai dari Cooking Class Bersama forVITA.

Demo memasak hari itu menampilkan masakan kesukaan aku, aglio olio with grilled chicken oleh Chef Greg. Masakanan yang praktis tapi sudah pasti bikin perut kenyang kalau versi aku sih. Bahan-bahannya pun mudah di dapatkan: selain tentu saja spageti dan dada ayam, tinggal tambah bawang putih, oregano, keju, dan jamur. Untuk menumisnya, Chef Greg menggunakan margarin forVita.
“Memangnya apa sih kelebihan margarin forVita dengan margarin lainnya?” sebuah pertanyaan meluncur dari salah satu penonton demo memasak ini.

Rupanya margarin forVita ini merupakan margarin yang bebas lemak trans. Itu loh, lemak jahat yang bisa menjadi salah satu pemicu kanker payudara. Nah kalau margarin yang lain masih ada lemak trans, kenapa forVita ini bisa bebas? Gimana caranya?

Ohh, rupanya alasan forVita bisa bebas lemak jahat itu karena proses pembuatannya secara emulsifikasi, tanpa bahan pengawet. Hanya minyak dan air dimikser dengan kecepatan sangat tinggi kemudian dimasukkan ke dalam freezer agar beku. Itu sebabnya forVita ini cepat meleleh ketika terkena suhu tubuh.

Chef Greg pun melanjutkan demo memasaknya sambil menjelaskan bahwa ketika memasak aglio olio ini, bawang putih langsung dimasukkan ke dalam minyak atau margain, tanpa perlu menunggu panas terlebih dahulu. Hal ini agar harum bawang putihnya lebih keluar tanpa harus bawangnya cepat matang. Inilah yang menjadi kekhasan aglio olio, menyatu dengan bawang.



Acara masak memasak ini enggak berlangsung lama, as I said before, ini adalah menu yang praktis. Cocok banget buat aku yang malas berlama-lama di dapur.

Beauty Class with Martha Tilaar

Kalau aku masak itu masih suka meski jarang-jarang, yang ini lebih jarang lagi: dandan! Sepertinya hari ini spesial untuk aku melakukan hal-hal yang jarang banget aku lakukan. Eh, tapi jarang ada yang tahu, ketika masih bikin skripsi 2004 lalu, aku pernah kursus kecantikan di Martha Tilaar. Hanya saja semenjak program hamil aku berhenti menyentuh make-up. Jadi anggap saja kelas hari ini dalam rangka nostalgia.


Di tiap meja sudah disiapkan sebuah make-up  brand PAC Martha Tilaar yang menggoda yang rasanya ingin aku bawa pulang. Aku yakin pasti bukan cuma aku saja yang punya pemikiran serupa, mengingat kelengkapan dempul make-up-nya plus kita semua tahu kalau PAC ini produk Indonesia yang keren banget.

Kelas kecantikan hari ini diajarkan oleh Mrs Vera yang cantik banget. Bikin aku mupeng pengen bisa cantik kaya gitu juga. Di tulisan ini aku enggak mau menceritakan soal langkah-langkah berdandan, bukan apa-apa, aku khawatir kalau langkah yang aku lakukan pun salah, ehehehe.
Tapi aku ingin berbagi sedikit tips yang juga aku dapatkan dari kelas ini soal bagaimana sih membersihkan riasan make-up yang benar. Seringkali kan kita, aku lebih tepatnya, merasa membersikhkan muka denga sabun muka saja sudah cukup. Atau mengandalkan tisu pembersih make-up. Padahal kalau cara membersihkan wajah tidak tepat yang ada malah menimbulkan jerawat akibat kurang bersih. Selain itu gerakan mengusap wajah yang salah pun bisa menyebabkan kerutan halus pada wajah. Jadi biar enggak salah, ini dia tipsnya:

  1. lipat kapas menjadi dua bagian, tekan pada bagian bibir atau mata selama beberapa detik dan perlahan bersihkan ke arah samping. Bukan ke bawah.
  2. untuk menghapus eyeliner dan maskara lebih baik menggunakan cotton bud, bukan kapas. Usapkan secara perlahan dengan mata kondisi tertutup.

Di akhir beauty class ini diadakan lomba siapa yang paling bagus hasil riasanya. Aku sih jelas pasrah ya. Lihat saja perubahan aku ini:


Dan pemenangnya jatuh pada Mila!!! Yeay, selamat ya, Mil.

Coffee Clinic by Javabica

Apa yang paling asik untuk pentup acara? Aku sih kopi. Kebetulan Coffee Clinic ini menjadi penutup dari rangkaian acara ulang tahun ke-9 Aston Marina Ancol yang berlangsung selama tiga hari ini.

Acara talk show kopi ini mengundang d.r Anthy untuk membahas mengenai kopi dari sisi kesehatan, serba-serbi kopi bersama Pak Ramdani dari Javabica, serta mr Markong, barista di Aston Marina Ancol ini. Javabica ini yang menjadi supplier kopi untuk Aston Marina Ancol juga loh. Jadi kualitas biji kopinya pasti juara.

Yang menarik, selain talk show, acara ini bertabur kuis dengan hadiah-hadiah yang menggoda. Aku sendiri berhasil mendapatkan tiket ke Bouce Street serta voucher makan malam di Aston Marina. Yeay! Alhamdulillah. Tinggal butuh voucher menginap aja nih, eh! *ngelunjak*



Setelah ngobrol ringan soal kopi diiringi games, Mr Mackong menunjukan cara membuat latte art. Buat yang mungkin belum tahu, latte art adalah cara menyuguhkan kopi dengan menuangkan susu panas pada secangkir espresso dan menciptakan gambar di atas permukaan latte. Latte art ini kadang menjadi alasan aku untuk menikmati secangkir kopi di kafe. Aku yang sebenarnya lebih doyan dengan kopi hitam tanpa gula, mau tak mau sering tergoda untuk memesan latte demi estetika foto di Instagram.
Sebelum acara berakhir, dipilih 3 peserta untuk unjuk kebolehan mencoba membuat latte art. Lagi-lagi Mila menjadi salah satu kontestannya, tapi kali ini dia belum juara.

Rangkaian acara ulang tahun Aston Marina Ancol yang ke-9 berakhir sudah. And I had so much fun. Banyak pengalaman baru dan bertemu dengan teman-teman baru. Terima kasih Aston Marina Ancol yang mengundangku untuk ikut berpartisipasi dalam acara anniversary-nya.


10 Comments

  1. Mb Dian, pangling aku liat before after make upnya. Cantik euy

    Acaranya seru ya. Gak kebayang acara anniversary hotel bakal ada beauty classnya. Produknya PAC lagi yang emang bagus

  2. Seru banget ya Mba, sudah cooking class ada beauty class pula btw aku kalo bikin kue kering suka dicampur forvita juga, lebih enak dibanding margarin lain.

  3. Banyak bgt kegiatannya mba, seru pula. Terutama pas make uo make up an. Hihi. Btw, nginep disitu asik kali ya buat suasana liburan di Jakarta 😀

  4. Wah banyak banget acara menarik di ultah Aston Marina, dari membatik sampai beauty class. Btw batik yang dipakai perancang busananya itu gambar liberty?

  5. Pernah sekali ke Aston Marina Ancol, masakannya enak #yangdiingatmakan haha.
    Koleksi batik2nya bagus2 yaaaaa. Mbak Dian gak beli? 😀
    Btw itu beauty class-nya bagus mbak make up-nya 😀
    Bisa tu mbak diterapkan jd daily make up 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *