Beberapa Gagasan Usaha Rumahan yang Potensial

Bismillahirohmanirohim,


Kini semakin banyak orang yang bekerja dari rumah, sehingga banyak yang berusaha memulai bisnis dari rumah. Tetapi dalam membangun usaha tidaklah mudah, Anda harus berlomba dalam persaingan yang ada.

Bekerja dari rumah tak hanya menawarkan kemandirian dan kemerdekaan, tetapi juga ada pengurangan pajak dari bisnis rumahan. Serunya lagi, saat melakukan kerja dari rumah, Anda bisa memilih pekerjaan yang benar-benar dicintai untuk dilakukan. Nah, tugas Anda saat ini berarti adalah mencari tahu apa yang benar-benar ingin Anda lakukan dengan penuh cinta. Dan Anda harus menjaga hal tersebut hingga meraih tujuan Anda.

Berikut ini adalah beberapa gagasan mengenai usaha rumahan yang menjanjikan. Mudah-mudahan Anda dapat memperoleh inspirasi dari beberapa gagasan tersebut.

Menjual Produk Secara Online

Salah seorang teman saya baru memiliki bayi, dan dia tak menyukai gaya atau rancangan dari produk bayi yang ada di toko. Maka dia pun mulai membuat sendiri produk untuk bayinya. Setelah mendapatkan pujian dari teman-teman di jejaring sosial, dia menyadari bahwa gagasan yang dimilikinya atas produk tersebut dapat diwujudkan menjadi bisnis yang dapat dijalankan dari rumah dengan tetap bisa mendampingi bayinya.

Maka dia pun membuat toko online dan menjual seluruh produk yang dia buat melalui situsnya. Jika Anda tak memiliki produk sendiri, tak usah khawatir, Anda tetap bisa menemukan produk untuk dijual secara dropship. Sehingga Anda pun tak perlu menyimpan stok di rumah.

Bisnis Kayu

Bila Anda menyukai membuat furnitur dari kayu, berarti Anda seperti Presiden Indonesia saat ini yang memiliki bisnis kayu. Tetapi bukan berarti lantas Anda harus meneruskan karir menjadi Presiden, tentu tak menyenangkan dimaki-maki oleh rakyat di jejaring sosial toh.

Anda bisa memulai workshop kerajinan dan perbotan dari kayu secara kecil-kecilan dari rumah. Setelah itu Anda bisa mempromosikannya secara online atau ke lingkungan sekitar dan komunitas Anda.

Menyewakan Kamar di Airbnb

Jika ada ruang atau kamar kosong di rumah, maka Anda bisa bergabung dengan Airbnb untuk menyewakan kamar atau ruang Anda tersebut bagi para pelancong di mancanegara. Serunya, Anda bisa menambah kenalan dan berbagi kebudayaan dengan tamu-tamu Anda. Dan tentu saja, menghasilkan pendapatan tambahan!

Menulis Lepas

Ada permintaan konten yang cukup besar saat ini untuk website maupun media. Nah, ini merupakan kesempatan untuk menawarkan diri atau mencari kesempatan tersebut. Di awal, kemungkinan Anda bisa mempromosikan diri terlebih dahulu dengan membuat blog sendiri dan mengisinya dengan artikel yang menarik. Setelah itu, Anda bisa menambahkan iklan atau artikel bersponsor di blog Anda maupun memasang tarif itu mengisi konten pada situs lain.

Menjual Barang Bekas

Barang bekas tidak selalu tak berguna. Terkadang barang yang tak berguna bagi seseorang bisa menjadi barang berharga bagi orang lain. Oleh karena itu cari barang-barang bekas di rumah Anda atau pun di tempat penjualan barang bekas. Setelah itu jual dengan harga tinggi di tempat yang lain. Hal ini berlaku untuk barang antik atau pun buku-buku langka. Bahkan jika jeli, Anda bisa menjual barang dengan harga berkali-kali lipat dari harga beli barang tersebut jika memang bisa menakar nilai barang tersebut bagi kolektor atau pun orang yang membutuhkan.

Membuat Website untuk Usaha Kecil

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, banyak orang yang ingin membangun usaha kecil-kecilan sendiri dari rumah. Sehingga untuk mempromosikan usaha mereka atau memudahkan orang mengenal usaha tersebut, maka dibutuhkan website dari usaha yang dibangun. Nah, bila Anda memiliki hobi mendesain dan membuat website, tentu ini kesempatan emas. Apalagi Anda bisa membantu usaha orang lain untuk maju, dan semakin banyak website yang Anda buat, maka akan semakin banyak pula portofolio Anda.

Demikianlah beberapa gagasan usaha rumahan ibu rumah tangga yang bisa dikembangkan menjadi sumber pendapatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *