Santai di Rumah Ditemani Tokopedia

Bismillahirohmanirohim,

Betah di rumah dengan Tokopedia - dianravi.com

“Dian, sehari-hari cuma diam di rumah gini aja? Emangnya ga bosan?”

Aku cuma tersenyum. Pertanyaan uwa-ku yang kebetulan lagi berkunjung ke rumah siang itu bukan pertama kali ditanyakan padaku. Hampir setiap sanak keluarga yang kebetulan sedang mampir, bahkan juga ibuku, selalu mempertanyakan soal keseharian aku yang betah berdiam diri di rumah. Sudah beberapa tahun terakhir ini aku memang lebih sering berada di rumah. Tepatnya semenjak aku berhenti kerja, aku memang mulai mengurangi aktivitas di luar rumah. Selain faktor menghemat, kemacetan ibukota pun mulai menjadi alasan aku malas kemana-mana, terutama di hari kerja.

Masalahnya, orang-orang banyak yang khawatir kalau aku merasa bosan berdiam diri di rumah. Jujur, ketika pertama kali aku mutuskan untuk resign, aku pun mengalami kekhawatiran yang sama. Apakah aku bakal betah berdiam diri di rumah? Ternyata, setelah dijalani, aku cukup menikmati menjadi wanita rumahan. Banyak hal yang bisa aku lakukan di rumah, seperti menjahit dan membaca buku. Aku pun kembali rajin menulis blog, kegiatan yang biasanya aku lakukan jarang-jarang sekarang aku bisa melakukannya secara berkala. Pokoknya asal ada internet, rasanya aku ga akan mati gaya.

Peran internet jelas penting buat keseharianku. Bukan cuma ketika di rumah aja sih. Ketika aku lagi traveling pun, aku tetap membutuhkan internet. Makanya aku selalu sedia modem Smartfren yang ga boleh lepas kemana pun aku melangkah. Untuk pengisian pulsanya pun gampang, aku tetap ga perlu beranjak keluar rumah, karena bisa isi pulsa Smartfren online. Harganya pun lebih murah daripada harus ke outlet pengisian pulsa, karena harga yang dicharge sesuai dengan jumlah nominal pembelian pulsa. Namanya juga ibu rumah tangga, dimana irit hukumnya adalah wajib. Kan lumayan selisihnya, bisa ditabung jadi jatah traveling, atau jatah belanja online di Tokopedia.

Ngomongin soal Tokopedia, aku pun beli pulsa listrik online di Tokopedia. Soalnya semenjak aku diam di rumah, bukan cuma aku yang jadi pengiritan, tapi juga suami. Dia selalu ngingetin untuk ga usah sering-sering ke atm, kan ongkos bensin harus dihitung setiap kali keluar rumah itu. Makanya, beli pulsa listriknya via online. Apalagi di Tokopedia suka ada promo-promo. Kaya awal November kemarin ada promo diskon 10% dengan maksimum Rp 10.000 untuk bayar tagihan listrik via Tokopedia. Lumayang banget itu, jadi berhemat. Ga cuma untuk beli pulsa listrik, tapi suka ada promo-promo untuk pembelain pulsa, dan tiket kereta api. Asik, bukan?

Untuk bisa transaksi di Tokopedia caranya pun sangat mudah:

1. Bikin akun Tokopedia

Ya iyalah pasti harus punya akun dulu. Dimana-mana juga pasti syarat utamanya adalah pendaftaran. Mulailah dengan menekan tombol daftar, isi data-data yang diminta secara lengkap, dan jangan lupa verifikasi email yang masuk.

2. Masuk ke beranda utama

Santai di rumah ditemani Tokopedia - dianravi.com

Santai di rumah ditemani Tokopedia - dianravi.com

Setelah terdaftar di Tokopedia, silahkan masuk ke beranda utama. Tentunya, jangan lupa log-in terlebih dahulu ya. Di beranda utama itu terdapat pilihan transaksi yang kita inginkan. Kita bisa beli pulsa, beli paket data, beli token listrik, beli tiket kereta, sampai bayar BPJS Kesehatan pun bisa dilakukan. Pilih transaksi yang ingin kita lakukan, dan tekan tombol beli. Silahkan ikuti lagi langkah-langkah yang diminta sama Tokopedia.

3. Bayar

Santai di rumah ditemani Tokopedia - dianravi.com

Habis beli tentu harus membayar bukan? Nah sayangnya cara membayar untuk semua pilihan di atas tadi agak berbeda dengan cara membayar ketika belanja produk. Pilihannya cuma ada:

  • virtual account dengan pilihan BNI atau Briva
  • Pembayaran instan dengan pilihan klik BCA, BCA payment,
  • kartu kredit
  • gerai retail atau tunai di Indomart, 7 Eleven, kantor pos, Alfamart, Alfamidi, serta Lawson

Nah itu kiranya langkah-langkah untuk  melakukan transaksi di Tokopedia. Mudah kan? Makanya aku jadi semakin betah diam di rumah. Kan lumayan, hasil penghematannya bisa buat tabungan jalan-jalan keluar kota, luar pulau, syukur-syukur luar negeri. Aamiin. Jadi ga usah heran lagi deh kenapa Dian betah di rumah.

Eh tapi Tokopedia juga sudah ada aplikasi untuk telepon genggam loh. Jadi ketika lagi traveling pun, aku masih tetap bisa belanja dari Tokopedia.

Salam,

dianravi.com

7 Comments

  1. Hihi iya mba. Akupun sekarang apa2 betah online. Bahkan beli susu dan pampers juga sering sampai si pak kurir hapal.. hihi

    Termasuk urusan pulsa dan token listrik ini

    • Sama, Mbak. Kurirnya sampai hafal banget nama aku dan rumah aku. Pernah salah kasih alamat rumah sebelumnya, tetap sampai dan dikasih tahu sama kurirnya “ini masih rumah lama loh alamatnya” ahahahahahaha

  2. Makasih infonnya, nanti mau juga belajar memanfaatkan tokopedia
    Klo nggisi e tol bisa di toko pedia nggak ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *