Lifestyle

Biar Uang Saku Bertambah, Ini Dia 6 Ide Bisnis Simple untuk Pelajar!

25

Sebagai seorang pelajar tentunya kamu masih mendapatkan uang jajan dari orang tua. Ini memang sudah menjadi tanggung jawab mereka, tapi meski masih sekolah menghasilkan uang sendiri juga gak ada salahnya lho. Lumayan buat menambah uang saku sekaligus meringankan pengeluaran orang tua. Ada banyak cara simple yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pundi-pundi uang, tentunya gak bakal mengganggu aktivitas belajar kamu deh. Kalau kamu mau tahu cara menghasilkan uang walau masih sekolah, simak artikel selengkapnya berikut ini.

1. Jualan Pulsa HP & Kuota

Anak zaman sekarang seakan-akan tak pernah bisa lepas dari gadget. Hal yang sering mereka lakukan biasanya bermain media sosial atau bermain game. Tak jarang para pelajar yang memiliki waktu istirahat menghabiskannya dengan bermain sosmed. Untuk bisa internetan, mereka tentu membutuhkan kuota data yang stabil. Nah, menawarkan jasa jualan pulsa HP dan kuota kepada teman-teman sekolah bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Menawarkan kepada guru dan karyawan di sekolah juga tak ada salahnya lho. Siapa tahu mereka bisa menjadi pelanggan pulsa kamu kan? Menyiapkan modal sebesar 200 ribu dan ponsel biasa pun sudah cukup untuk memulai usaha ini.Bahkan jika keuntungan pulsamu terkumpul, kamu juga bisa membeli smartphone impian seperti Asus Zenfone Max Pro M1 tanpa harus meminta pada ayah atau ibumu. Gimana, tertarik?

2. Buka Bisnis Kecil Jualan Makanan di Sekolah

Menjual makanan di sekolah bisa jadi ide cemerlang nih. Untung yang didapatkannya juga sangat lumayan. Kamu bisa coba menjual makanan seperti nasi goreng, nasi uduk, atau cemilan ringan yang murah meriah. Kalau kamu pandai memasak, membuat makanan sendiri untuk dijual bisa kamu coba. Makanan yang ingin dijual dapat kamu titipkan ke kantin sekolah. Namun, tanyakan dulu apakah penjaga kantin bersedia menempatkan tempat buat makanan yang ingin kamu jual itu. Memakai sistem bagi hasil kepada penjaga kantin bisa kamu lakukan. Jadi, kalian sama-sama saling menguntungkan.

3. Menjadi Selebgram

Kamu punya hobi foto seperti para selebgram? Mencoba menjadi seorang selebgram mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menambah penghasilan uang saku. Apalagi kini Instagram dapat digunakan buat mencari pendapatan, yaitu dengan melakukan endorse suatu produk. Buat menjalankan usaha ini, kamu cukup bermodalkan followers yang banyak dan foto instagram yang menarik. Semakin banyaknya followers di Instagram milikmu, maka kesempatan mendapatkan tawaran endorse pun semakin banyak.

4. Menjual Barang Kerajinan Tangan

Kalau kamu termasuk tipe orang yang memiliki kreativitas tinggi, cobalah memanfaatkannya untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Membuat kerajinan tangan seperti masker kain, bunga dari kertas origami, tas dari bungkusan kopi, atau dekorasi menarik lainnya dapat kamu jual ke orang-orang terdekat atau secara online. Buatlah sesuatu hal unik yang bikin banyak orang tertarik dengan kerajinan yang kamu buat.

5. Jadi Youtuber Bisa Jadi Ide Menarik Nih!

Seperti yang sudah kita ketahui, mendirikan channel YouTube dan membuat konten menarik bisa mendapatkan pundi-pundi uang. Nah, ide satu ini bisa kamu jadikan pilihan untuk menghasilkan uang sendiri. Memang tidak mudah menjadi seorang YouTuber, tapi dengan kerja keras, usaha, dan kesabaran pastinya akan membuahkan hasil yang baik. Cobalah pikirkan sebuah ide keren dan menarik untuk konten YouTube-mu.

Kalau kamu hobi masak, membuat tutorial bikin makanan kekinian bisa kamu coba. Atau mungkin kamu punya suara yang merdu, bikin cover lagu bukanlah ide yang buruk. Pakai kamera HP buat merekam videonya juga tidak jadi masalah, yang penting kualitas kameranya jernih seperti HP VIVO 19 ini. Dengan kualitas kamera belakang 48MP + 8MP + 2MP + 2MP dan kamera depan 32MP, HP ini mampu menghasilkan foto dan video yang tampak profesional. Harga VIVO V19 ini kisaran Rp 4 jutaan, tentunya dengan spesifikasi yang sangat menguntungkan juga.

Baca juga: Mau jadi vlogger? Ini dia tips jadi Youtuber

6. Menjadi Seorang Freelance Writer

Bagi kamu yang suka menulis, mencoba menjadi seorang freelance writer bisa jadi ide menarik nih untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Ada banyak brand yang memerlukan freelance writer buat melakukan marketing dengan digital. Selain itu, kamu juga dapat bergabung dalam layanan pembuatan artikel. Kamu bisa melakukan pekerjaan ini kapan saja dan di mana saja, sehingga bisa kamu atur mengenai waktu antara pekerjaan dan sekolah. Ini merupakan cara mendapatkan uang secara online yang bisa dicoba oleh anak pelajar. Semoga bermanfaat!

1 thought on “Biar Uang Saku Bertambah, Ini Dia 6 Ide Bisnis Simple untuk Pelajar!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *