Punya Banyak Waktu Luang? Yuk Cobain Bisnis Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga Ini

bismillahirrahmanirrahim,

Bisnis Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga modern cenderung lebih punya banyak waktu untuk bersantai. Pasalnya, saat ini berbagai teknologi membantu mereka bekerja lebih cepat. Sehingga berbagai jenis pekerjaan rumah tangga bisa diselesaikan lebih awal. Mencuci misalnya, mesin cuci otomatis sudah makin terjangkau dan teknologi ini sangat membantu. Hanya dengan memasukkan cucian dan menekan beberapa tombol, ibu (modern) bisa meninggalkannya sampai mendengar alunan musik yang menandakan bahwa cucian sudah selesai dan siap untuk dijemur.

Begitu juga dengan pekerjaan yang lainnya. Memasak makin mudah dengan adanya kompor gas dan kompor listrik. Mengulek sambal tidak lagi merepotkan karena sudah ada blender. Dan masih banyak kemudahan-kemudahan lain yang membuat seorang ibu rumah tangga semakin punya banyak waktu luang.

Rugi rasanya apabila waktu luang tersebut hanya digunakan untuk bersenda gurau dengan teman-teman di sosial media atau ngerumpi dengan tetangga bukan?

Nah, agar waktu tersebut nggak mubazir, coba deh 5 bisnis sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga ini. Siapa tahu salah satunya cocok dan bisa bikin kamu dapat pemasukan tambahan.

Bisnis sayur organik

Bisnis Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Pernahkah lihat ibu-ibu berhenti beli sayur? Hampir tidak pernah bukan? Setiap hari setiap ibu rumah tangga selalu membeli sayur untuk dimasak hari itu.

Kalau dipikir-pikir, daripada beli, sebenarnya kita pun bisa menanam sendiri. Tidak perlu lahan yang luas dan tidak perlu terlalu banyak. Di halaman depan kamu bisa menempatkan polybag untuk menyemai dan menanam berbagai jenis sayur organik.

Sayur yang tidak habis dimakan–bisa dijual ke tetangga. Hasilnya bisa ditabung atau dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih penting. Prosesnya pun sederhana dan mudah, kamu hanya perlu menyiapkan media tanam untuk pembibitan dan pupuk organik.

Pupuk organik  sendiri sangat mudah didapatkan dan bisa langsung digunakan tanpa perlu proses pengolahan yang merepotkan. Tidak hanya itu, harga pupuk juga tergolong murah, sehingga modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Hampir semua jenis sayuran bisa kita tanam dengan metode organik. Mulai dari cabe, kangkung, tomat, sawi, kol/kubis, dan lain-lain.

Laundry dan gosok

Bisnis Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Kalau kebetulan kamu tinggal di perumahan yang sebagian besar Ibu rumah tangganya bekerja, peluang buka laundry dan gosok (setrika) akan sangat menjanjikan. Karena walaupun sebagian besar ibu rumah tangga punya mesin cuci, tapi tetap saja, mereka kesulitan menemukan waktu luang dan jarang punya tenaga untuk menjemur sendiri, menyetrika, dan melipat karena lelah bekerja dari pagi hingga sore.

Bisnis sayur hidroponik

Bisnis Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Selain bisnis sayur organik, bisnis sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga lainnya adalah bisnis tanaman/sayur hidroponik. Sesuai dengan namanya, metode budidaya hidroponik tidak membutuhkan tanah. Sehingga terasa lebih mudah dan lebih cocok bagi kamu yang tinggal di tempat-tempat sempit dan tidak punya lahan.

Untuk memulai bisnis tanaman hidroponik, kamu hanya harus menyediakan media tanam bisa dengan memanfaatkan botol plastik, ember, hingga baskom plastik. Busa bekas atau gulungan kapas. Bibit, dan pupuk organik/hidroponik. Beberapa pilihan tanaman atau sayuran yang cocok ditanam dengan metode hidroponik antara lain:

  • Sawi hijau
  • Kailan
  • Selada hijau
  • Buncis
  • Pare
  • Pakcoy
  • Bayam
  • Timun
  • Kangkung
  • Brokoli
  • Tomat
  • Cabe
  • Terong
  • Strawberry

Menjadi seorang blogger

Bisnis Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan lainnya adalah menjadi seorang blogger. Ini cocok bagi ibu-ibu yang suka menulis dan punya banyak ide serta suka berbagi.

Jika punya smartphone, kamu bisa memanfaatkannya untuk ngeblog. Caranya, pertama kamu harus mendaftar langsung di blogger.com atau wordpress.com. Kemudian membeli domain seharga kurleb 100 ribuan yang bisa digunakan untuk jangka waktu setahun.

Penulis artikel

Bisnis Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Untuk mendapatkan income dari bisnis Blogger memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Tapi jika ingin lebih cepat, kamu bisa menjadi penulis lepas atau menulis artikel dan kemudian menjualnya di forum-forum. Atau bisa juga ditawarkan kepada pemilik pemilik blog/website populer. Ide bisnis yang satu ini cocok untuk ibu rumah tangga yang hobi nulis dan rajin membaca.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *