Cara Iklan di Facebook yang Tepat untuk Mempromosikan Sebuah Web

Bismillahirohmanirohim,

Seperti yang kita tahu, untuk sekarang pengguna Facebook terus mengalami peningkatan, bahkan dari tahun ke tahun semakin mengalami peningkatan. Menggaet pengunjung atau pelanggan melalui Facebook bukan hal yang baru. Bahkan, banyak pemilik bisnis yang menggunakan Facebook untuk mempromosikan web atau blog bisnis mereka. Meskipun banyak yang telah menerapkan strategi marketing menggunakan Facebook, ternyata tidak banyak yang memperoleh hasil yang baik, bahkan banyak dari mereka yang merasa frustasi hingga gagal. Lantas, bagaimana cara iklan di Facebook dengan lebih sederhana?

Pertama, buat fans page yang khusus untuk web Anda. Membuat akun Facebook serta mempromosikan web bisnis di dalam sana memang terlihat seperti begitu mudah, namun cara ini menjadi kurang efektif. Mengapa bisa demikian? Karena jangkauan tetap sangat terbatas. Berbeda dengan membuat Facebook fans page yang dapat menjangkau banyak audien. Mempromosikan web bisnis di profil Facebook memang tidak salah, namun akan lebih baik lagi bila membuat sebuah halaman khusus untuk web bisnis Anda. sebuah fans page akan menjaring konsumen dengan lebih cemerlang.

 Kedua, menghindari promosi secara terus menerus. Cara iklan di Facebook yang satu ini sering dilupakan. kita tidak boleh menampik jika Facebook adalah situs media sosial, Facebook menjadi tempat banyak orang melakukan sosialisasi, berkumpul hingga saling membagikan informasi. Anda bisa membayangkan Facebook merupakan tempat nongkrong yang menyenangkan, bagaimana jika tempat nongkrong tersebut tiba-tiba dipenuhi dengan orang yang berjualan secara terus-terusan, hingga meminta Anda untuk membeli produk. Pasti akan menjadi kurang menyenangkan. Sebelum menjalankan strategi pemasaran dengan berjualan langsung ke pengguna Facebook, lebih baik Anda menempatkan diri Anda sebagai orang yang membaca promosi. Apakah Anda merasa nyaman bila ada orang yang berjualan di tempat nongkrong? Pasti Anda menghindarinya bukan?

Ketiga, update informasi yang diperlukan oleh pengunjung. Anggap saja sekarang ini Anda sudah memiliki fans page yang berada di Facebook. Lantas, apa selanjutnya yang harus dilakukan? Sudah pasti pemilik harus mengisi fans page mereka dengan konten. Entah informasi mengenai web Anda atau informasi mengenai bisnis. Anda juga bisa mengisi informasi yang berisi produk Anda, bahkan manfaat yang berhubungan dengan produk yang sekarang ini Anda jual. Perlu diketahui jika kredibilitas fans page akan mempengaruhi keberhasilan yang dilakukan untuk memasarkan barang lewat Facebook, dan untuk membangun kredibilitas fans page, Anda bisa menggunakan konten. 

Keempat, update konten menggunakan cara yang unik. Pengisian konten di Facebook bukan hanya sekedar rutinitas. Anda bisa mengupayakan mengupdate konten dengan cara yang lebih unik dan tidak monoton sehingga bisa mempengaruhi audien membagikan konten di wall mereka. Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan seperti membuat judul yang lebih menggugah emosi, menambah image yang menarik dan mencari kata-kata yang membuat orang terpengaruh. Copy writing bisa dilakukan bila Anda ingin memperoleh perhatian lebih dari orang lain, namun jangan menggunakan kata-kata yang negatif.

Terakhir, beri kebebasan berkomentar pada pengunjung. Komentar pengunjung yang berada di fans page adalah hal yang penting karena akan membuat konten memperoleh perhatian yang lebih banyak dari orang lain. Jika fans page tanpa likes bahkan kosong, bisa membuat pengunjung merasa canggung. Memang, saat mempraktekkan cara iklan di Facebook ini, Anda akan mendapatkan kritik pedas. Tetapi, saat mendapatkan kritik pedas, jangan pernah emosi, namun tanggapi dengan profesional seperti pebisnis pintar.

9 Comments

  1. Aku punya fanspage facebook yang khusus untuk menampung postingan Blog, tapi ternyata didalamnya tidak ada yang komentar sama sekali. Apa perlu dikomersilkan /bayar ke Facebook?

  2. Yang keempat itu macam soft selling gitu ya mba Dian? Misalnya yang diuoload foto jualannya yg cukup eyecatchy tapi captionnya quotes atau caption yg ga langsung bilang “produk ibi bagus, hits, murah, blablabla”
    Iya, bener. Kadang yg jualan pakai cara itu banyak yg penasaran pembelinya, alhasil responnya pun bagus

  3. Saya belum punya fans page untuk blog saya nih. Makasi ya udah ingetin, huhu. Gimana cari liker nya yah? Biar yg baca jadi banyak. Uh susah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *