Finance

Cara Investasi Emas yang Menyenangkan Bagi Pemula

bismillahirrahmanirrahim,

Investasi emas merupakan salah satu cara investasi yang menyenangkan dan mudah bagi pemula. Harga emas dari waktu ke waktu yang selalu cenderung naik membuat banyak orang tertarik untuk melakukan investasi. Jenis emas yang paling sering digunakan untuk investasi
adalah emas antam, dan emas pada perhiasan. Keuntungan investasi emas yang menggiurkan membuat orang berbondong–bondong melakukannya.

Namun, investasi menggunakan emas yang ada di perhiasan dinilai kurang efektif, karena dalam perhiasan tersebut terkandung campuran bahan–bahan lain selain emas, dan emas yang melapisi perhiasan juga bisa saja berkurang kadarnya. Maka dari itu, jika anda ingin memulai investasi emas, maka akan sangat disarankan untuk investasi emas antam saja, karena kemurnian kadar emasnya yang terjaga.

Nah, setelah sadar akan keuntungan investasi emas dan menentukan jenis investasi emas apa yang akan anda gunakan, maka selanjutnya mari kita mengenal beragam teknik–teknik investasinya. Bagaimanakah teknik–teknik investasi emas yang benar? Berikut ini adalah caranya.

1. Teknik Klasik

Teknik emas klasik adalah cara investasi emas yang sudah lama diterapkan sejak zaman dulu. Caranya dengan membeli emas saat harganya murah dan menjualnya ketika harganya naik. Cara ini terbukti efektif bila dilakukan dalam kurun waktu yang lama kurang lebih  5 tahunan.

2. Investasi Emas Online

Tidak seperti jaman dahulu, kini zaman sudah semakin maju, untuk melakukan investasi emas antam, anda tidak perlu lagi membeli emas lebih dulu ke toko emas. Sekarang anda bisa menabungnya secara online lewat beberapa marketplace online atau pelayanan pegadaian online.

Selain itu, kamu juga tidak perlu mengumpulkan uangnya lebih dulu hingga bisa dipakai untuk membeli emas antam. Layanan investasi emas online bisa menampung berapapun uang kamu hingga nominal paling kecil yaitu 5000 rupiah. Uang tersebut nantinya akan dikonversi kedalam satuan gram, dan jika sudah terkumpul kamu bisa mengambilnya dalam bentuk emas antam atau langsung di jual kembali dan uangnya dicairkan ke rekening pribadi.

3. Investasi Emas untuk Modal Usaha

Cara ini biasanya dijalankan dengan sistem gadai. Jadi, ketika kamu memiliki sejumlah emas. Misalnya  kamu memiliki emas antam senilai 100 gram, kamu bisa menggunakan emas tersebut untuk investasi dengan cara membangun bisnis atau usaha yang sesuai dengan minat dan peluang yang ada saat ini.

Cara investasi emas seperti ini terbilang cukup berisiko karena bisa jadi bisnis kamu bangkrut dan nilai emas kamu malah berkurang. Namun, jika kamu mengetahui cara berbisnis yang baik dan benar, keuntungan akan kamu dapatkan jauh lebih cepat yang banyak daripada hanya sekedar menunggu harga emas naik.

4. Teknik Kebun Emas

Cara investasi emas ini cukup populer pada tahun 2010-an, namun seiring berjalannya waktu, cara ini ditinggalkan karena dinilai tidak efektif, apalagi jika digunakan untuk investasi emas antam. Teknik ini sebenarnya juga masih bisa digunakan untuk investasi emas online jika kamu berminat.

Teknik kebun emas mengajak kamu untuk mengumpulkan emas sebanyak– banyaknya di awal investasi dan jika harganya naik, baru dijual kembali dengan harapan keuntungan investasi emas menjadi lebih banyak.

Seperti itulah cara–cara berinvestasi emas antam yang menyenangkan, kamu bisa memilih salah satu dari ke-4 cara di atas yang sesuai dengan kemampuan kamu. Apakah kamu sudah menemukan cara investasi yang cocok untuk kamu sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published.