cara masak ketupat mini
Product

6 Langkah Cara Masak Ketupat Anti Gagal Agar Disayang Mertua

Bismillahirrahmanirrahim,

cara masak ketupat mini

Lebaran benar-benar sudah di depan mata. Tinggal hitungan jam menuju hari raya yang selalu dinanti. Ada yang berbeda dari lebaran aku tahun ini. Bila selama 33 tahun aku selalu merayakan lebaran di rumah mamih di Bandung, tahun ini justru berada di Bondowoso bersama ayah dan ibu mertua. Excited, tentu saja. Tapi diam-diam aku juga deg-degan, karena aku enggak tahu cara masak ketupat.

Kenapa aku harus memikirkan cara masak ketupat? Tidak lain dan tidak bukan karena ketupat adalah menu khas yang pasti ada di hari lebaran. Jadi meski aku belum tahu bagaimana tradisi lebaran di Bondowoso, aku sudah yakin kalau ketupat pasti ada.

Lalu, kenapa aku harus deg-degan? Namanya juga sebagai mantu, tentunya aku ingin mengambil hati ibu. Meski aku tahu sih aku adalah mantu perempuan kesayangan ibu, wong cuma aku satu-satunya mantu perempuan, tapi sesekali aku ingin juga terlihat sebagaimana seorang istri idaman dalam penilaian orang pada umumnya.

Masak Ketupat Mudah Berkat Pat Pat Ketupat Mini

cara masak ketupat mini

Allah memang bekerja dengan cara yang penuh misteri tapi selalu memberikan solusi bagi hamba-Nya. Di hari terakhir di Jakarta, aku justru mendapat sebuah kotak bernuansa hijau yang menjadi jawaban kegalauan. Pat Pat Ketupat Mini, begitu tulisan yang tertera di kotak tersebut

Pat Pat Ketupat Mini ini adalah produk dari K Link. Mengetahui fakta itu saja aku sudah tak perlu lagi khawatir soal keamanan dan kehalalan produk ketupat mini ini. Sebagai MLM Syariah, K Link sudah pasti selalu berhati-hati setiap kali mengeluarkan sebuah produk.

Dan benar saja, Pat Pat Ketupat Mini ini meski dalam kemasan plastik, tapi plastik yang digunakannya adalah plastik food grade dan free BPA. Insya Allah jauh lebih aman dari ketupat yang selalu dihidangkan di rumah Mamih, yang juga menggunakan plastik.

Keunggulan dari Pat Pat Ketupat Mini selain aman dan halal adalah cara masak ketupat yang lebih cepat dan anti gagal. Takaran beras pada tiap kemasannya sudah dipastikan sesuai. Itu sebabnya cara masak ketupat mini ini dijamin insya Allah anti gagal.

Ini soulusi yang tepat banget buat kegalauan aku. Aku harus membawa Pat Pat Ketupat Mini ini pulang ke Bondowoso. Untung saja kemasannya tidak terlalu besar, karena 1 kemasan Pat Pat Ketupat ini berisi 20 bungkus calon ketupat mini yang masing-masing seberat 20 gram beras.

6 Langkah Cara Masak Ketupat Mini Anti Gagal

cara masak ketupat mini

Isi Kemasan Pat Pat Ketupat Mini

Saking kecilnya kemasan ketupat mini ini, Mas Metra sampai tak menyadari kalau aku membawa kotak Pat Pat Ketupat di dalam ransel bersama laptop, sepanjang perjalanan dari Jakarta menuju Bondowoso. Dia baru tahu ketika aku mengeluarkannya saat sudah sampai di rumah ibu, dan hendak memamerkannya ke ibu.

Rencananya aku baru akan memasak ketupat mini ini hari ini, H-1 lebaran. Meski begitu, karena ibu penasaran, kami pun sudah mencoba memasak dua bungkus terlebih dahulu beberapa hari yang lalu. Sedikit sombong, karena cara masak ketupat mini ini mudah dan anti gagal, aku pun sok-sokan membantu.

Terbukti, cara masak ketupat mini ini memang mudah dan anti gagal. Cukup dengan 6 langkah mudah cara masak ketupat, ketupat mini pun akan matang dengan bentuk yang aduhai menul dan menggugah selera. Ingin tahu cara masak ketupat mini ini? Ini dia 6 langkah cara masak ketupat mini anti gagal.

  1. Buka kemasan plastik besar terlebih dahulu.
  2. Cuci kemasan ketupat mini dengan air yang mengalir.
  3. Rebus air hingga mendidih di dalam panci.
  4. Masukkan ketupat mini ke dalam air yang sudah mendidih. Rebus sekitar 60-90 menit.
  5. Angkat ketupat mini, tiriskan.
  6. Ketupat mini yang menul-menul siap dihidangkan.

Mudah bukan? Anti gagal lagi. Jika ingin wangi, bisa ditambahkan daun pandan ke dalam panci. Tapi tanpa daun pandan pun, buat aku dan ibu ini sudah ok. Bila ingin lebih praktis lagi, cara masak ketupat mini ini bisa dimasak menggunakan magiccom juga loh.

Tak perlu lagi pusing memikirkan cara masak ketupat deh. Sekarang aku tinggal mencari cara bagaimana membantu ibu menyiapkan teman ketupat di hari raya. Aku belum tahu kalau di sini biasanya ibu akan masak apa. Tapi kalau di Bandung biasanya akan terhidang ditemani opor ayam, gulai sapi, sate, bihun, acar, serta sambel goreng ati.

Keuntungan lain dari ketupat mini ini adalah praktis untuk dibawa-bawa. Bukan saja dari Jakarta  ke Bondowoso seperti aku. Tapi bila mungkin akan merayakan hari lebaran jauh dari tanah air, ketupat mini ini juga menjadi solusi. 2 kali aku merasakan lebaran jauh dari tanah air dan terpaksa tidak ada ketupat. Coba saat itu sudah ada ketupat mini, tentu aku tetap bisa menikmati ketupat dong. Karena rasanya kurang afdol merayakan lebaran tanpa ketupat.

Bagaimana dengan persiapan lebaran kalian? Tentunya sudah pada tahu cara masak ketupat dong. Berniat mencoba ketupat mini ini? 1 kemasan Pat Pat Ketupat Mini ini dibandrol seharga Rp 30.000, bisa dibeli di K Link. Tak perlu jadi member K Link terlebih dahulu kok untuk membelinya.

Tapi bila berminat jadi member K Link, tinggal isi form ini, membayar biaya member, dan nantinya akan bisa mendapatkan diskon 20% untuk setiap pembelanjaan produk K Link.

Selamat lebaran semuanya! Mohon maaf lahir dan batin.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

You may also like...

4 Comments

  1. Wah, enak ya kalo gitu. Udah gak rempong lagi bikin ketupat. Ini ketupatnya nggak dibungkus daun ya Mbak?

  2. Lebaran tahun ini aku nggak pulang jadinya nggak bisa makan ketupat euy. Jadi pengen coba masak ketupat sendiri pakai ketupat mini K-link. Belinya di mana ya, Kak?

  3. Wah layak dicoba nih. Semoga takterlalu lama masaknya.
    Thanks tipsnya.
    Salam hangat dari Jombang

  4. wah sangat praktis dan anti gagal, patut dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *