Finance

Ternyata Mudah, Ini Cara Melakukan Simulasi Kredit Mobil Sendiri

bismillahirrahmanirrahim,

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa mobil merupakan salah satu media transportasi yang sekarang ini paling banyak digunakan oleh orang-orang.

Hal ini karena banyak produsen mobil yang mulai memproduksi berbagai macam jenis kendaraan dari yang murah sampai harganya yang selangit.

Namun sekarang ini para calon konsumen dan pembeli mobil bisa dengan mudah mendapatkan produk mobil yang mereka inginkan karena sudah ada proses simulasi kredit mobil yang bisa dilakukan dengan mudah.

Hal ini karena memang untuk anda yang sedang ingin membeli mobil pertama kali, mungkin anda masih bingung terkait apakah ingin membeli mobil tersebut secara tunai maupun kredit.

Sebab saat anda membeli mobil secara tunai, tentu saja anda harus memiliki uang yang besar.

Sedangkan untuk membeli secara kredit, tentu saja anda harus memperhitungkan kesanggupan anda dalam membayar cicilan atau angsuran kredit mobil yang anda lakukan tersebut.

Sebab saat anda ingin menggunakan fitur kredit mobil, anda harus mempersiapkan uang DP atau uang muka minimal sebesar 20% dari harga mobil yang akan anda beli tersebut.

Namun lebih besar uang muka atau DP yang anda berikan, tentu saja akan jauh lebih baik karena pokok hutang anda juga akan berkurang.

Namun untuk anda yang ingin menggunakan jalur kredit mobil, tentu saja anda juga harus mempertimbangkan berbagai macam hal, seperti kestabilan keuangan, tarif bunga, besarnya cicilan dan masih banyak lagi.

Untuk itu, sangat penting bagi anda agar mengetahui bagaimana sih proses simulasi kredit mobil yang bisa dilakukan sendiri agar nantinya anda bisa terhindar dari kredit macet.

Cara Melakukan Simulasi Kredit Mobil Suzuki SendiriĀ 

Jadi untuk anda yang ingin membeli mobil Suzuki secara kredit, pastikan anda harus melakukan proses simulasi kredit mobil terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan agar anda bisa tahu berapa kewajiban yang harus anda tanggung. Ini juga sangat bermanfaat untuk membandingkan fasilitas kredit yang diberikan oleh bank atau pihak leasing.

Nah lalu bagaimana sih cara melakukan simulasi kredit sendiri? Untuk anda yang penasaran dengan proses simulasi kredit sendiri, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan informasi lengkapnya hanya untuk anda.

Tentukan Dulu Uang Muka Atau DP

Pertama, tentu saja anda harus menentukan terlebih dulu uang muka atau DP yang anda inginkan. Dimana seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, bahwa besaran uang muka ini dapat berpengaruh terhadap besaran pokok hutang yang anda miliki. 

Dan pada akhirnya bisa berpengaruh terhadap besaran angsuran mobil Suzuki yang harus anda bulan per bulannya.

Dimana taruh uang muka ini biasa nya sudah ditentukan oleh pihak leasing maupun pihak bank. Namun minimal anda harus menyiapkan terlebih dulu uang muka sebesar 20% dari harga mobil yang akan anda beli nantinya.

Tentukan Pokok Hutang

Berikutnya, anda juga harus menentukan pokok hutang. Dimana sebenarnya ini masih berkaitan dengan biaya DP yang anda keluarkan, pokok hutang sendiri adalah harga mobil dikurangi dengan biaya DP yang sudah anda bayarkan.

Tentukan Besaran Bunga Kredit

Langkah berikutnya, tentu saja anda juga harus menentukan besaran bunga kredit yang harus anda tanggung saat anda melakukan kredit mobil.

Dimana bunga kredit sendiri biasa nya terdapat dua jenis bunga yang bisa anda pilih yakni bunga floating dan juga bunga fixed atau bunga tetap.

Tentu saja anda harus paham kedua jenis bunga ini dan bisa memilih mana kira-kira jenis bunga yang akan anda pilih nantinya.

Karena memang bunga yang mengambang, cicilanmu bisa berubah-ubah tergantung dari kebijakan suku bunga yang anda pilih nantinya. Sedangkan anda yang memilih bunga tetap, maka cicilan atau biaya angsuran anda juga akan tetap.

Tentukan Besaran Angsuran Bulanan

Berikutnya, anda juga harus menentukan besaran angsuran yang harus anda tanggung dalam kurun waktu per bulan.

Dimana setelah anda memperoleh besaran tarif bunga dalam kurun waktu tiga tahun, anda juga harus tahu berapa sih besaran cicilan yang harus anda bayarkan per bulan.

Menghitung Cicilan Pertama

Terakhir, anda juga harus menghitung cicilan pertama dimana biasanya cicilan pertama menjadi yang paling besar karena anda akan dibebani dengan biaya-biaya tambahan lainnya seperti asuransi dan lain-lain.

Nah itulah bagaimana cara melakukan proses simulasi kredit mobil Suzuki yang semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk anda yang penasaran dengan bagaimana cara melakukan simulasi kredit mobil sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.