Cara Memanfaatkan Libur Singkat ke Thailand Dengan Budget Terbatas

Bismillahirrahmanirrahim,

Cara Memanfaatkan Libur Singkat ke Thailand Dengan Budget Terbatas

Memasuki tahun 2019 ini sudah pasti banyak yang melihat kalender untuk mencari hari-hari libur nasional yang berdekatan dengan hari Sabtu dan Minggu yang menjadikan libur mingguan terasa lebih panjang. Libur long-weekend memang selalu ditunggu-tunggu untuk rehat dari rutinitas sehari-hari atau ingin pergi sejenak keluar kota bahkan ke luar negeri.

Nah, untuk berpergian keluar negeri tentu yang memungkinkan adalah ke negeri-negeri tetangga semisal ke Singapura atau Malaysia. Namun karena budget ke dua negara tersebut dirasa cukup menguras kantong maka seringkali niatan itu diurungkan.  Akan tetapi masih ada kesempatan keluar negeri saat long weekend dengan budget terbatas yaitu ke Thailand. Penasaran? Simak saja tips berikut agar bisa pergi kesana dengan budget minimal agar liburan long weekend-nya terasa lebih seru.

Bikin jadwal Jauh-Jauh Hari

Cara Memanfaatkan Libur Singkat ke Thailand Dengan Budget Terbatas

Sudah pasti dengan dana terbatas dan agar bisa menghemat pengeluaran terutama untuk transportasi dan akomodasi, disarankan untuk memesannya jauh-jauh hari. Salah satu contoh jika ingin pergi ke Thailand pada pertengahan  atau akhir tahun 2019, lebih baik segera cari tiket promo pesawatnya dari sekarang. Selain harganya lebih murah, biasanya ada banyak promo dari maskapai penerbangan jika memesan penerbangan untuk beberapa bualn ke depan.

Perlu diketahui juga bahwa pemerintah Thailand sedang gencar-gencarnya mencanangkan promosi visit Thailand di berbagai media social. Situasi ini tentu sangat menguntungkan bagi kamu yang ingin memanfaatkan libur long weekend. Sebab program pemerintah Thailand ini juga bekerjasama dengan berbagai maskapai besar salah satunya Thai Airways yang kemudian menawarkan paketan murah tiket pergi pulang untuk mengunjungi negara itu.

Pilih Tempat Wisata Murah

Cara Memanfaatkan Libur Singkat ke Thailand Dengan Budget Terbatas

Di Thailand ternyata banyak tempat yang wisata gratis  atu dengan tarif murah dan hal ini tentu saja bisa menghemat budget liburanya. Beberapa tempat wisata gratis yang bisa dikunjungi adalah Khaosan Road, Bangkok Flower Market (Pak Khlong Talad), Lumpini Park dan masih banyak lagi. Apabila ingin berwisata  ke tempat-tempat terkenal Thailand salh satu contihnya yaitu ke Madame Tussauds, disarankan agar membeli tiket masuknya di website resminya karena harganya lebih murah.

Makan di Kali Lima

Cara Memanfaatkan Libur Singkat ke Thailand Dengan Budget Terbatas

Hampir sama seperti Jakarta, jika ingin berhemat maka makan lah di street food yang memang harganay sangat terjangkau. Atau jika ingin ke restoran, dapat mengunjungi  juga restoran fast food yang harganya cukup murah. Hany saja lebih selektif untuk memilih makanannya karena kebanyakan masakan khas Thailand cenderung masam dan pedas. Jadi bagi yang memiliki gangguan pada perut diharap lebih berhati-hati.

Pilih Tempat menginap Murah

Cara Memanfaatkan Libur Singkat ke Thailand Dengan Budget Terbatas

Memilih hotel yang tepat akan membuat budget liburanmu tidak membengkak. Untuk di Thailand sendiri sama halnya di negera-negara lainnya memiliki kawasan khusus untuk tempat menginap para backpaker salah satunya di kawasan Khaosan Road. Hotel termurah bisa dicari di sepanjang Khaosan Road dengan tarif ada yang seharga 100 ribu rupiah dan  ini sudah cukup untuk tempat istirahat serta menaruh barang bawaan. Atau juga bisa mencari di area Sukhumvit yang tarif penginapannya relatif lebih murah. Sanga disarankan juga mencari penginapan yang lokasinya dekat dengan sentra transportasi umum seperti MRT dan skyline sehingga bisa lebih mudah untuk jalan-jalan.

Menawar Saat Belanja

Cara Memanfaatkan Libur Singkat ke Thailand Dengan Budget Terbatas

Mengunjugi pasar Chatuchak Market yang menjadi tempat langganan untuk membeli oleh-oleh khas Thailand hareus berani menawar.  Karena harga barang-barang di sini tak semurah yang dibayangkan, Saat menawar tidak perlu gundah soal bahasa sebab pembeli biasanya menyodorkan kalkulator untuk menuliskan harga dan pembeli bisa mengetikkan angka penawarannya.Jika sukses menawar, kamu bisa dapat barang yang murah dan kalau gagal harganya bisa cukup mahal. Makanya, jangan malu menawar ya, nanti kamu sendiri yang akan merug

Pakai Taksi Argo

Cara Memanfaatkan Libur Singkat ke Thailand Dengan Budget Terbatas

Selain disarankan menggunakan transportasi massal seperti MRT atau kereta, saat berencana mengunjungi obyek wisata yang tidak terjangkau kereta makan dianjurkan untuk menggunakan tuk-tuk yang mirip bajaj itu. Jika terpakasa naik taksi, gunakan taksi argo selain lebih murah hal ini untuk menjaga agar tidak memebayarnya terlalu mahal yang bisa menguras isi dompet.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *