Cara Mengurus Buku Polis Asuransi AXA Mandiri yang Hilang
Finance Healthy

Ini Cara Mengurusi Buku Polis AXA Mandiri yang Hilang

bismillahirrahmanirrahim,

Mungkin salah satu pembaca blog dianravi.com ini adalah nasabah AXA Mandiri. Kini saya ingin berbagi tentang bagaimana cara mengurusi buku Polis AXA Mandiri yang hilang. Apa akan terjadi?

Cara Mengurus Buku Polis Asuransi AXA Mandiri yang Hilang

Panik, pasti itu pertama dirasakan ketika kamu kehilangan buku polis. Eh aku sih begitu. Kamar berantakan, mencari di setiap sudut kemana perginya buku polis. Debaran jantung kian cepat. “Oke, jangan panik, atur napas, tenangkan diri, ingat-ingat lagi dimana terakhir kali menyimpan
buku polis asuransi,” ujarku dalam hati.

Kenapa sih segitu pentingnya mencari buku polis asuransi? Ya iyalah, buku polis ini penting banget buat proses klaim asuransi. Kalau tiba-tiba sakit atau kecelakaan dan buku polis ini masih belum ketemu kan repot banget jadinya. Bakal susah nanti klaimnya. Ada banyak hal sih yang bisa menyebabkan buku polis ini hilang, mulai dari musibah kebakaran
rumah atau hanyut karena banjir, sampai bisa saja karena faktor kelalaian kita sendiri yang lupa menyimpannya dimana atau tertinggal entah dimana.

Nah lho, terus kalau sudah hilang begitu gimana? Nggak bisa klaim asuransi dong nantinya? Jadi sia-sia dong selama ini sudah bayar asuransi? Insya Allah enggak kok. Masih bisa diurus lagi semuanya. Simak terus tulisan ini ya.

Cara Mengurus Buku Polis Asuransi AXA Mandiri yang Hilang

Cara Mengurus Buku Polis Asuransi AXA Mandiri yang Hilang

Hal pertama yang harus dilakukan bila buku polis hilang adalah, jangan panik. Susah memang untuk tidak panik di saat seperti ini. Tapi percaya deh, panik itu tidak akan membuat kamu bisa menemukan buku polismu, yang ada malah waktu dan tenaga kamu habis terbuang begitu saja. Atur napas dan kendalikan pikiranmu, lalu ikuti prosedur ini ketika buku polis asuransi AXA Mandiri kamu hilang.

1. Hubungi pihak asuransi atau call center asuransi AXA Mandiri

Yang pertama harus kamu lakukan begitu memastikan kalau polis asusansi kamu benar-benar hilang adalah menghubungi agen asuransi tempat kamu membeli. Atau kamu juga bisa langsung menghubungi call center perusahaan asuransi kamu, dalam hal ini AXA Mandiri. No telepon call center AXA Mandiri bisa kamu hubungi selama 24 jam di nomor 1500-733.

Biasanya pihak asuransi akan membantu mengurus perihal kehilangan polis asuransi ini. Pastikan dokumen apa saja yang harus kamu siapkan serta biaya yang diperlukan untuk mengurus polis asuransi yang hilang ini.

2. Lapor kehilangan di kantor polisi terdekat

Setiap hendak mengurus surat atau dokumen berharga yang hilang harus melalui proses pelaporan kehilangan terlebih dahulu. Caranya cukup mudah dan tidak sulit kok, kamu hanya harus mendatangi kantor polisi terdekat dan bilang mau mengurus surat keterangan hilang.

Ada beberapa data yang akan diperlukan untuk mengurus surat keterangan hilang ini. Untuk urusan kehilangan polis asuransi, kamu akan diminta nomor polis. Namun bila ternyata kamu benar-benar tidak mengetahui nomor polis asuransi kamu, kamu bisa mengatakannya apa
adanya kalau kamu tidak mengetahui nomor polis asuransi tersebut.

3. Kunjungi langsung kantor asuransi PT AXA Mandiri

Ada kalanya mungkin kamu kesulitan menghubungi agen asuransi, tak usah bingung. Kamu bisa langsung kunjungi kantor asuransi AXA Mandiri terdekat untuk mengurus pembuatan duplikat polis asuransi. Pastikan kamu sudah mengurus surat keterangan hilang dari kantor polisi terlebih dahulu ya, karena kamu harus melampirkan surat keterangan hilang. Selain surat keterangan hilang, kamu juga harus melampirkan identitas diri seperti KTP.

4. Buat duplikat polis asuransi

Cara Mengurus Buku Polis Asuransi AXA Mandiri yang Hilang

Ketika polis asuransi kamu hilang, kamu harus membuat duplikat polis asuransi. Sebagai nasabah AXA Mandiri, kamu harus melakukan pengajuan duplikat polis asuransi dengan mengisi formulir pengajuan duplikat polis. Untuk mengurus duplikat polis asuransi ini akan dikenakan sejumlah biaya, itu sebabnya ada baiknya kamu pastikan terlebih dahulu berapa biaya yang akan dikenakan untuk mengurus duplikat polis asuransi ini.

Membuat duplikat polis asuransi ini tidak memerlukan waktu yang lama kok. Biasanya sekitar dua sampai tiga minggu. Jadi kamu bisa kembali memiliki polis asuransi bila sewaktu-waktu diperlukan, entah karena sakit atau mengalami kecelakaan.

Tidak sulit bukan membuat duplikat polis asuransi? Ini semua langkah yang harus kamu lakukan bila polis asuransi AXA Mandiri kamu hilang. Tak perlu panik, cukup ikuti saja langkah-langkahnya. Sebagai pemegang polis asuransi, tentunya kamu tidak mau merasa tertipu dan merasa dirugikan dong. Memang sebaiknya kita selalu memilih perusahaan asuransi yang bisa dipercaya, seperti asuransi AXA Mandiri ini.

Untuk berjaga-jaga agar tidak harus mengalami kehilangan polis asuransi lagi, pastikan kamu selalu menyimpan polis asuransi ini beserta dokumen berharga lainnya di tempat yang cukup mudah kamu raih bila sewaktu-waktu terjadi bencana seperti kebakaran ataupun banjir. Jangan lupa untuk selalu menyimpan kembali juga ke tempatnya lagi setiap kali kamu mengeluarkan polis asuransi ini, biar tidak tercecer dan bikin pusing saat hilang.

Kamu pernah mengalami kehilangan polis asuransi? Ceritakan di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *