Cara Mengobati Neuropati

bismillahirrahmanirrahim,

Neuropati bukanlah hal yang bisa diremehkan untuk setiap orang. Pada awalnya, Neuropati hanya menyerang beberapa titik syaraf yang ada di tubuh. Penyerangan neuropati ini tidaklah terlalu kentara, karena hal awal yang terjadi sebagai salah satu gejala dari neuropati ini adalah detak jantung yang berdegup cepat, tekanan darah rendah, kesemutan, dan mual. Apa yang perlu dilakukan ketika gejala-gejala awal yang sudah muncul ini terjadi berkelanjutan? Hal yang perlu dilakukan pertama kali bagi kamu yaitu menanyakan gejala-gejala yang muncul kepada dokter. Setelahnya, kamu bisa mengikuti arahan yang diberikan oleh dokter dan mulai menjaga tubuh dengan memakan makanan yang mengandung vitamin neurotropik dengan pola gizi yang benar.  

Ngomongin neuropati, pada kesempatan kali ini aku akan membahas mengenai cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengobati neuropati secara bertahap. Dan, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara untuk mengobati neuropati sebagai berikut:

1. Menjaga pola makan yang sehat

Salah satu cara untuk mengobati neuropati sebelum terlambat yaitu menjaga pola makan yang sehat. Pola makan yang baik bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat apalagi pola gizi yang ada di dalam makanan yang sedang kamu konsumsi ini seimbang. Selain itu, jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan berkadar gula tinggi karena bisa juga menyebabkan neuropati diabetes.  

Membahas hal seperti ini, sebenarnya makanan apa saja yang perlu dihindari agar tidak terkena neuropati? Makanan yang harus dihindari yaitu makanan berkadar gula tinggi dan juga berlemak. Tidak baik juga jika kamu mengkonsumsi makanan yang merupakan makanan cepat saji yang gizinya tidak bisa meyakinkan untuk membuat tubuh kamu semakin sehat.

2. Menghindari minuman keras 

Cara untuk mengobati neuropati sebelum parah yaitu dengan menghindari yang namanya minuman keras. Minuman keras sendiri ini membahayakan tubuh manusia, jadi lebih baik menghindari yang namanya minuman keras. Minuman keras ini bisa merusak saraf yang ada di dalam tubuh setiap orang, jika kamu meminumnya dalam dosis yang memang berlebihan. 

Membahas mengenai hal seperti ini, apa saja yang bisa menyebabkan minuman keras ini berbahaya? Minuman keras ini berbahaya dikarenakan bisa langsung diserap oleh darah yang ada di tubuh. Selain itu, banyak sekali kerusakan yang diakibatkan oleh minuman keras selain dari neuropati. 

3. Mengkonsumsi makanan bervitamin

Salah satu alternatif yang bisa dijadikan cara pengobatan neuropati dalam skala bertahap yaitu dengan banyak-banyak mengkonsumsi makanan bervitamin. Untuk masalah neuropati sendiri, lebih baik untuk memakan makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Apa saja vitamin B kompleks? Vitamin B kompleks yang dimaksudkan di sini yaitu vitamin B1, B6, dan B12. 

Membahas bahwasannya seseorang yang terkena neuropatik ini harus memakan makanan bervitamin layaknya B kompleks. Apa saja makanan yang mengandung B kompleks? Vitamin B kompleks ini bisa ditemukan di susu, keju, kacang-kacangan, daging, ikan, dan ayam. Yang disebutkan sebelumnya beberapa saja makanan yang bisa dikonsumsi oleh seseorang yang terkena neuropati. 

4. Banyak berolahraga

Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengobati neuropati yang belum kronis ini bisa dilakukan dengan banyak berolahraga. Olahraga sendiri bisa menyehatkan tubuh, lagipula bisa membuat tubuh bergerak lebih aktif. Sebagian besar orang yang ada di Indonesia ini lebih memilih untuk menghabiskan waktu untuk tidak bergerak sama sekali daripada menyempatkan waktu untuk berolahraga.  Pada saat malas gerak ini, memungkinkan sebagian orang mengemil makanan yang tidak sehat jadi membuat tubuh menumpuk banyak kalori justru hal itu bisa membahayakan bagi tubuh dan bisa menyebabkan neuropati. 

Membahas mengenai bahwasannya olahraga bisa menjadi alternatif penyembuhan neuropati. Apa saja olahraga yang bisa dilakukan untuk seseorang yang mengidap penyakit neuropati? Salah satu olahraga yang bisa dilakukan yaitu berenang, bersepeda, dan jogging.

5. Menghindari makanan cepat saji

Pengobatan untuk seseorang yang terkena neuropati yang paling terakhir adalah menghindari makanan cepat saji. Makanan cepat saji ini tidak memastikan banyak mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Selain itu, masakan dari makanan cepat saji belum tentu terjaga kebersihannya. Jadi, lebih baik untuk menghindari makanan cepat saji dan lebih memilih untuk memakan makanan yang diolah oleh diri sendiri yang bisa kamu atur pola gizi makanan yang akan kamu santap. 

Setelah memberikan beberapa cara mengobati neuropati yang ada 5 cara. Sebenarnya, cara ini bisa dilakukan oleh orang-orang yang mengidap neuropati dalam keadaan yang belum kronis. Walaupun sudah mengetahui bagaimana cara mengobati neuropati pada langkah awal, lebih baik kamu memeriksakan keadaaan kamu terlebih dahulu di dokter terdekat. Cek kondisi kesehatan kamu dan minta juga saran yang lebih baik untuk pengobatan kamu, jika kamu mengidap penyakit neuropati.




dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *