Lifestyle

Cara Menjawab Pertanyaan ‘Mengapa Kamu Tertarik Mengisi Lowongan Kerja Bank?’ Saat Interview

bismillahirrahmanirrahim,

Sumber : tantanganhidup.co.id

Lowongan kerja bank selalu dibuka setiap tahunnya dan banyak orang bahkan lulusan baru mengancam posisi kerja di bank. Namun proses rekurtmen bank tidaklah dibilang mudah, ada seleksi berkas hingga beberapa kali wawancara. Proses seleksi dari semua lowongan kerja di bank ini tentunya dibuat untuk menyaring calon karyawan yang benar-benar sesuai kriteria. Namun sebagai pelamar apa saja yang harus kamu lakukan?

Selalu baca secara teliti syarat apa saja yang dibutuhkan. Kamu harus mengumpulkan dokumen sesuai dengan yang tertera pada lowongan kerja bank. Berkas nantinya akan diseleksi dan merupakan tahapan awal yang sangat penting. Setelah lulus kamu harus mempersiapkan diri untuk wawancara.

4 Jawaban Saat Ditanya Mengapa Tertarik dengan Lowongan Kerja Bank

Beberapa lowongan kerja bank seringkali tidak menjelaskan tahapan apa saja yang akan dilalui semua pelamar. Tapi secara umum sudah dapat ditebak bahwa wawancara selalu diadakan. Pada saat wawancara, kebanyakan HRD atau User selalu menanyakan mengenai ketertarikan pelamar dalam dunia perbankan.

Pertanyaan yang paling umum adalah ‘’Mengapa kamu tertarik mengisi lowongan kerja bank?”’. Jika muncul pertanyaan tersebut apakah jawabannya? Supaya proses seleksi berjalan lancar, berikut ini beberapa jawaban yang bisa kamu berikan.

1. Menjelaskan mengapa memilih posisi di perbankan

Saat pertanyaan mengapa tertarik mengisi lowongan kerja bank Indonesia muncul, kamu bisa menjelaskan lebih spesifik mengenai posisi yang kamu lamar. Sebutkan alasan kamu melamar di posisi tersebut dan apa keuntungannya jika kamu bergabung di perusahaan. Ungkapkan dengan jujur target yang bisa kamu capai apabila berhasil dalam seleksi lowongan kerja bank yang diikuti.

2. Menjelaskan keahlian sesuai yang dibutuhkan

Kamu juga bisa menceritakan soal skill yang dimiliki. Apalagi jika lowongan kerja di bank tersebut mensyaratkan pengalaman. Ceritakan dengan detail bagaimana pengalaman yang kamu miliki nantinya bisa diterapkan di tempat kerja yang baru. Kamu juga bisa menjelaskannya dalam bentuk harapan apabila diterima dari lowongan kerja bank tersebut.

3. Menceritakan bahwa visi yang kamu miliki dan perusahaan sama

Bacalah visi perusahaan setelah melihat lowongan kerja bank Indonesia tersebut. Mengetahui visinya bisa menjadi jawaban yang tepat, karena visi yang dimiliki bisa sama dengan tujuan kamu melamar. Biasanya kebanyakan visi bank berhubungan dengan mensejahterakan masyarakat, alasan ini jugalah yang tepat menjawab mengapa kamu tertarik mengisi lowongan kerja bank.

4. Memiliki skill dengan lowongan tersebut

Kamu juga bisa menjelaskan bahwa kemampuan yang kamu miliki sesuai dengan apa yang dibuka dalam lowongan kerja bank. Tak selamanya lowongan kerja di bank harus jurusan ekonomi atau perbankan. Karena bank berskala besar memiliki banyak divisi yang memungkinkan lulusan dari semua jurusan untuk mendaftar. Manfaatkan kesempatan ini untuk menunjukkan bahwa kamu memiliki kemampuan dengan apa yang dibutuhkan.

Cara menjawab pertanyaan saat proses wawancara kini tak lagi perlu dibingungkan. Saatnya untuk kamu segera mendaftar di lowongan kerja bank BCA yang sedang dibuka. Semoga suskes!

Leave a Reply

Your email address will not be published.