Cara Yang Benar Dalam Menggunakan Minyak Telon Untuk Bayi

bismillahirrahmanirrahim,  

Penggunaan minyak telon merupakan sebuah warisan turun temurun dari nenek moyang bangsa Indonesia, yang pada umumnya digunakan untuk bayi. Meskipun bukanlah hal yang wajib dilakukan, namun penggunaan minyak telon ini memang sudah menjadi bagian dari kebutuhan yang mendasar bagi si kecil, terlebih untuk bayi yang baru lahir. Ya, hal itu juga tentu saja tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat menghangatkan tubuh, sehingga minyak telon ini selalu dioleskan pada tubuh si bayi setelah selesai dimandikan. Selain itu, minyak telon tersebut juga dapat memberi aroma harum pada tubuh serta dapat menjaga kelembapan kulit bayi.

Perlu bunda ketahui, bahwa tekstur kulit bayi ini masih tipis sehingga cadangan lemak yang ada di dalamnya pun juga sedikit. Nah, hal tersebutlah yang menyebabkan kulit si kecil sangat rentan terhadap suhu dingin. Disamping dapat memberi kehangatan, minyak telon ini pun dapat memberi sensasi harum sepanjang hari pada tubuh bayi. Ada banyak merk minyak telon yang dapat kita jumpai di pasaran, dan salah satu minyak telon hits di Indonesia adalah merk Doodle. Ya, hal itu memang benar adanya, dimana minyak telon doodle selalu menjadi andalan bagi para ibu. Untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai cara yang benar dalam menggunakan minyak telon.
Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

1. Hindari Bagian Tubuh Yang Sensitif

Sebagai orang tua, tentu saja bunda harus bijak dalam menggunakan minyak telon untuk bayi. Dalam hal ini, ada beberapa bagian tubuh bayi yang jangan diolesi oleh minyak telon tersebut. Selain itu, pastikan juga cara pengolesannya pada bagian kulit yang terdapat ruam atau iritasi, serta lebih bijak lagi dalam menggunakan minyak telon secukupnya, setelah si kecil selesai dimandikan maupun saat cuaca sedang dingin.

Adapun mengenai beberapa bagian tubuh sensitive yang tidak boleh diolesi minyak telon seperti area mata, hidung, hingga telapak tangan. Ya, meskipun minyak telon ini memiliki aroma yang nyaman, namun tetap saja akan sangat beresiko jika dioleskan pada area-area tersebut.

2. Memahami Bagian Tubuh Penggunaan Yang Tepat

Dalam hal ini, bunda harus memahami bagian tubuh yang tepat untuk diolesi seperti telapak kaki, leher, dada, perut, dan punggung. Pasalnya, bagian tubuh tersebutlah yang relative terbuka sehingga sangat
tepat jika diolesi dengan minyak telon. Selain itu, bagian tubuh tadi juga memiliki cukup banyak pembuluh darah halus yang akan mengalami pelebaran.

3. Gunakanlah Produk Minyak Telon Yang Berkualitas dan Berbahan Alami

Agar terhindar dari efek samping atau masalah kulit lainnya, tentu saja bunda harus menggunakan minyak telon yang berkualitas dan berbahan alami seperti Doodle. Ya, seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, dimana Doodle merupakan salah satu merk minyak telon yang menjadi favoritnya bagi sebagian besar ibu di Indonesia. Minyak telon yang satu ini memang terbuat dari bahan- bahan alami berkualitas, sehingga sangat aman dan nyaman digunakan, bahkan untuk jenis kulit sensitive sekalipun. Begitu juga dengan aromanya yang lembut, sehingga dapat membuat si kecil lebih nyaman dan rileks. Harga yang ditawarkannya pun sangat bersahabat dengan isi dompet, yang dapat kita jumpai dengan mudah di toko online atau di retail ofline.

Itulah beberapa cara yang tepat dalam menggunakan minyak telon pada bayi, yang tentu saja harus bunda praktekan sendiri dirumah.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *