2 Resep Praktis Nan Lezat dari Chef Andre Oda yang Bikin Ketagihan

bismillahirrahmanirrahim,

Setiap ditanya bisa masak enggak, entah kenapa aku merasa lebih nyaman menjawab dengan enggak bisa. Meski tahu, tak jarang mendapat cibiran, udah jadi istri kok masih enggak bisa masak.

Padahal sebenarnya bisa sih aku masak. Enggak jago. Hanya sebatas bisa mengikuti resep yang ada. Gini-gini aku sempat lho jualan cupcakes 3 dimensi dan cookies hias.

Selain nonton drama Amerika aku juga suka nonton acara masak-masak. Makanya ketika ke Food Hotel Expo Indonesia kemarin aku kaya nostalgia gitu ketemu Chef Andre Oda lagi demo masak. Zaman masih berlangganan TV Cable yang itu, acara Grill Garden yang tayang di Foodie Channel itu salah satu tontonan aku.

Sudah Kenal dengan Chef Andre Oda?

Kalau yang rajin nonton acara Master Chef Indonesia, tentunya sudah tak asing lagi sama sosok chef yang satu ini. Karena chef ganteng ini salah satu peserta di Master Chef Indonesia Season 4. Chef Andre Oda adalah seorang  Chef dan Food Consultant and Trainer, yang sudah mulai belajar memasak sejak usia 12 tahun di perusahaan katering orangtuanya. No wonder kalau jago banget masak kan ya?

Chef Andre Oda

Sekarang ini selain menjadi Food Consultant and Trainer, Chef Andre Oda juga meneruskan usaha Katering Keluarga yang sudah berjalan selama 30 tahun, mengelola sekolah Kuliner, dan Organic Cafe. Tak ketinggalan chef ganteng ini juga memiliki acara memasak sendiri di salah satu channel TV cable, Grill Garden. Foodie Channel ini salah satu yang kurindukan ketika melepas TV Cable itu. hicks….

Nostalgia Nonton Demo Masak bareng Chef Andre Oda

Jumat siang itu aku sudah berhasil tiba di Food Hotel Expo Indonesia yang berlangsung di JIEXPO. Di salah satu booth, tepatnya booth PT. Eakindo Mitra Sastari aku melihat sosok yang lama tak kulihat di layar TV: Chef Andre Oda!

Rupanya sepanjang acara Food Hotel Expo Indonesia berlangsung, Chef Andre Oda memang melakukan demo masak di booth tersebut. Asik. Aku pun berasa bernostalgia menonton demo masak chef ganteng ini, kali ini secara langsung pula.

Hari itu aku berkesempatan melihat demo masak dua resep sekaligus. Yang pertama S&W Fruit Cocktail Cakes. Cakes yang lembut, dengan manis karena menggunakan madu sebagai pengganti gula itu cukup bikin aku ketagihan. Menurut Chef Andre Oda, sebenarnya cakes ini lebih pas dijadikan cup cakes. Resep kedua adalah Black Pepper Chicken with Woh Hup Black Pepper Sauce. Jebolan Master Chef Indonesia Season 4 ini menambahkan mie yang di dalam black paper chicken ini, yang aku pikir sepertinya akan cocok dijadikan sebagai menu dinner.

Penasaran dengan resepnya? Barangkali pembaca DianRavi ada yang ingin mencobanya juga, Chef Andre Oda berbaik hati kok membagi resepnya untuk tulis di sini. Here it is!

S&W Fruit Cocktail Cup Cakes

Chef Andre Oda

Bahan :

  • 1 Kaleng S&W Fruit Cocktail 
  • 30 gr unsalted butter
  • 120 gr Thai Richy Raw Honey
  • 3 telur
  • 1/2 sdt vanila essence
  • 210 tepung terigu serba guna
  • 1/4 sdt garam
  • 2 sdt baking powder

Cara membuat :

  1. Panaskan oven 190 derajat celcius.
  2. Campur tepung terigu, garam dan baking powder, sisihkan.
  3. Kocok telur sampai mengembang, kemudian masukkan campuran tepung, aduk rata jangan terlalu lama.
  4. Tambahkan Thai Richy Raw Honey dan vanila essence, aduk semua hingga rata.
  5. Masukkan adonan ke dalam cetakan cup cake, kemudian tambahkan 1 sdm buah-buahan S&W Fruit Cocktail, panggang selama 20-25 menit hingga matang. Untuk melihat kue sudah matang, tusukkan tusuk gigi di tengah cup cakes, jika sudah tidak ada adonan menempel, berarti cup cake sudah matang.
  6. Jika masih ada adonan basah di tusuk gigi, tambahkan waktu memanggang selama 3-5 menit.
  7. Keluarkan cup cakes dari oven.
  8. Diamkan 5 menit sebelum disajikan.

Black Pepper Chicken with Woh Hup Black Pepper Sauce

Bahan :

  • 250 gram dada ayam, potong dadu
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 2 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1/2 bawang bombai, iris tipis
  • 1 paprika hijau, potong dadu
  • 1 paprika merah, potong dadu
  • 1 sendok teh Thai Richy Raw Honey
  • 2 sendok teh Woh Hup Oyster Sauce
  • 4 sendok teh Woh Hup Black Pepper Sauce
  • Mie Spaghetti

Cara membuat :

  1. Panaskan minyak, kemudian tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum.
  2. Percikan air sedikit ke dalam tumisan bawang.
  3. Tambahkan paprika hijau dan merah, tambahkan dada ayam, dan masak sampai berubah warna.
  4. Rebus mie di panci lain hingga mie matang, tiriskan.
  5. Tambahkan Thai Richy Raw Honey, Woh Hup Oyster Sauce, Woh Hup Black Pepper Sauce ke dalam tumisan ayam, masak sampai semua saus tercampur merata dengan ayam.
  6. Tambahkan mie yang sudah matang tadi ke dalam tumisan ayam lalu masak hingga semua bahan tercampur merata, sajikan.

Gimana kedua resep itu? Enggak sulit dan cukup praktis bukan? Itu dia alasan aku tuh ngefans sama Chef Andre Oda, karena masakannya memang cukup praktis dan jadi enggak malas mau masak. Namanya juga seorang fans yang ketemu idolanya kan ya, tak lupa aku pun meminta foto bareng.

Chef Andre Oda
aku dan Chef Andre Oda

Mau kenalan sama Chef Andre Oda lebih lanjut? Sana kepoin instagram chef ganteng ini di Andre Oda

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

One Comment

  1. Resep Black Pepper Chicken with Woh Hup Black Pepper Sauce praktis nih, mudah buat diikuti, nanti paprikanya aku ganti aja pake sayuran lain, soalnya di sini susah gda yang jual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *