5 Fakta Mengenai Asian Games 2018 Sebelum Bergegas Menuju Opening Ceremony

Bismillahirrahmanirrahim,

Asian Games 2018

Asian Games 2018 sudah di depan mata. Opening ceremony hanya tinggal hitungan beberapa jam lagi. Pesta Olahraga Asia 2018 ini akan diselenggarakan dari 18 Agustus sampai 2 September 2018 di Indonesia, di kota Jakarta dan Palembang.

Sudah hampir satu bulan aku antusias tak sabar menantikan dimulainya ajang olahraga untuk wilayah Asia. Wajah ibukota saja sudah terlihat berbeda dan makin cantik rasanya. Beberapa kali aku ke pusat kota, dan terasa sekali perubahannya. Puncaknya, minggu lalu, di sepanjang koridor TransJakarta koridor satu sudah nampak patung-patung ketiga maskot Asian Games 2018 ini berjejer cantik di tengah jalan.

Mumpung masih ada beberapa jam lagi dari dimulainya Asian Games 2018 ini, masih ada waktu untuk sebelum bersiap-siap menuju GBK, bagi yang memiliki undangan atau sudah membeli tiket tentunya, aku ingin mengulas beberapa fakta mengenai Asian Games 2018 ini. Tentunya biar semangat kebersamaan menyambut Asian Games 2018 ini semakin terasa.

5 Fakta Mengenai Asian Games 2018

Are you ready untuk menyambut Asian Games 2018? Simak dulu deh yuk 5 fakta mengenai Asian Games 2018 ala Dian Ravi.

1. Tagline Asian Games 2018

asian games 2018

Tagline untuk Asian Games 2018 ini adalah “Energy Of Asian”. Hal ini ditujukukan meski adanya keberagaman budaya, bahasa, dan peninggalan sejarah, tapi Asia akan bersatu menjadi kekuatan utama yang akan diperhitngkan dunia.

Energy of Asian ini juga dijadikan sebagai judul album untuk kompilasi lagu-lagu Asian Games 2018 loh. Sudah sejak bulan Juli 2018 lalu album Ernergy of Asian ini dirilis oleh Komite Penyelenggara Asian Games Indonesia (INASGOC), Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI), dan Jagonya Musik & Sport.

2. Official Theme Song Asian Games  2018

Asian Games 2018

Yoo yo ayo yo ayoo yoo yo ayo…  Aku yakin pasti kalian semua sudah familiar dong dengan lirik itu. Iya, lagu Meraih Bintang yang dinyanyikan Via Vallen ini akan menjadi official theme song untuk Asian Games 2018 nanti. Sudah berbulan-bulan aku ikut berjoget bersama lagu itu.

Lagunya memang pas banget untuk memberikan semangat. Tapi bukan cuma dari musik dangdutnya semata, liriknya pun membawa semangat untuk semua atlet Indonesia agar berjuang penuh semangat.

Ku yakin aku kan menang
Hari ini kan dikenang
Semua do’a kupanjatkan
Sejarah ku persembahkan

Harus fokus satu titik
Hanya itu titik itu
Tetap fokus kita kejar
Lampaui batas

3. Maskot Asian Games 2018

Diantara keseluruhan maskot Asian Games yang pernah ada, aku paling suka banget sama maskot Asian Games 2018 ini. Unyuuuuuu! Kalian sudah berkenalan dengan Kaka, Atung, dan Bhin Bhin, belum?

Aku yakin semua pembaca Dian Ravi ini pasti sudah sering melihat ketiga maskot ini. Iyalah… ada dimana-mana kok mereka itu. Ketiga maskot Asian Games 2018 yang super menggemaskan ini sudah dari tahun lalu dikenalkan kepada publik. Tapi apa sudah tahu makna tiap maskotnya?

Asian Games 2018

Kaka Badak bercula satu khas dari Ujung Kulon ini melambangkan kekuatan. Dengan menggunakan kostum pakaian tradisional motif bunga khas Palembang.

Asian Games 2018

Atung Rusa Bawean yang hanya ada di Pulau Bawean di tengah Laut Jawa. Atung mempresentasikan kecepatan. Ia tampil dengan sarung motif tumpal dari Jakarta.

Asian Games 2018

Bhin Bhin Burung Cendrawasih yang imut ini berasal dari timurnya Indonesia, Papua. Dengan menggunakan motif Asmat dari kampung halamannya, Bhin Bhin ini adalah lambang strategi.

Itu dia ketiga maskot Asian Games 2018, yang namanya merupakan potongan kata dari Bhineka Tunggal Ika. Menarik banget kan ya? Sudah gemesin, eh maknanya dalam banget.

4. Merchandise Asian Games 2018

Asian Games 2018

Ini dia yang paling bikin aku mupeng. Kaka, Atung, Bhin Bhin itu kan super gemesin ya, jadi rasanya aku ingin sekali punya merchandise Asian Games 2018. Mechandise Asian Games 2018 ini beragam banget, mulai dari pulpen, boneka, hingga kain batiknya pun ada.

Yang paling menarik minat aku itu boneka dan kain batiknya. Sebagai pecinta batik begitu tahu ada kain batik lukis motif Asian Games 2018 kaya ada rasa harus memiliki, sayang selain harganya yang cukup menguras dompet, jumlahnya pun terbatas.

Aku sih berharap masih akan bisa mendapatkan kain batiknya, apalagi pengrajinnya ini dari Bondowoso, hanya selisih beberapa km dari rumah mertua.

5. Kampanye Energy of Asia

Asian Games 2018

Asian Games 2018 ini adalah sebuah momentum bagi Indonesia untuk lebih menduniakan semua yang ada di Tanah Air. Termasuk di antaranya adalah sektor pariwisata.

Salah satu yang menarik mata aku selain ketiga maskot Asian Games 2018 adalah kampanye wajah dan busana Asia dengan latar belakang keindahan alam Indonesia. Busana etnik Asia ini adalah karya 5 desainer dalam negeri, yaitu: Albert Yanuar, Deden Siswanto, Ghea Panggabean, merek busana lokal Hayati, serta Mel Ahyar.

Itu dia 5 fakta soal Asian Games 2018. Enggak perlu terlalu panjang, karena aku tahu kalian pasti sedang buru-buru mau bersiap diri untuk nonton Opening Ceremony Asian Games 2018. Sama, aku juga mau nonton kok, meski dari layar TV.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *