Hongkong Kasarung, Lokasi Luar Negeri Tapi Jiwa Dalam Negeri

Bismillahirohmanirohim,

Hongkong Kasarung. Ketika aku mendapatkan undangan untuk menghadiri press screening film Hongkong Kasarung hari Senin, 12 Maret 2018 lalu dari Blogger Crony, ingatan aku langsung melayang pada Lutung Kasarung. Sebuah legenda dari kampung halaman aku, Jawa Barat.

“Kok gemes ya pakai bahasa Sunda,” begitu pikiran aku ketika membaca judul film ini. Tapi ketika melihat pemain utama di film produksi Artmoro Picture ini adalah Sule, aku pun lantas tak heran lagi. Komidian yang punya nama alis Entis Sutisna ini memang sudah sering mempromosikan budaya Sunda.

Dalam bahasa Sunda, ‘kasarung’ punya arti ‘tersesat’ dalam bahasa Indonesia. Jadi kalau baca sekilas dari judulnya, Hongkong Kasarung sepertinya akan bercerita tentang orang yang tersesat di Hongkong. Hmm kira-kira bakal seperti apa ya ceritanya.

Hongkong Kasarung, Lokasi Luar Negeri Tapi Jiwa Dalam Negeri

Judul:
Hongkong Kasarung
Produksi:
Artmoro Picture
Produser:
Eric Satyo, Heru Iswanto
Sutradara dan Penulis:
Eric Satyo
Pemain:
Sule, Pamela Bowie, Sas Widjanarko, Selvi Kitty, Ery Makmur
Rizki Febian, Yetty Surachman, Parto Patrio
George Rudi, Uus, Dicky Chandra, Agus Kuncoro
Idan Suparo, Daus Suparo, Iwa K, Volland Volt

Film yang disutradarai dan ditulis oleh Eric Satyo ini bercerita tentang perjuangan jejaka dalam meraih cinta. Sule, pemuda desa yang punya sahabat kerbau bernama Rebeca, patah hati ketika Iis (Selvi Kitty) lebih memilih bersama Cecep (Uus), yang baru pulang dari Malaysia sebagai TKI.

pictured source: Instagram

The man. The strong. The dont. The cry.

-Mang Saswi, 2018

Mang Saswi (Sas Widjanarko), paman Sule ini memberikan jalan keluar untuk mendapatkan Iis lagi. Yaitu, Sule harus berangkat ke Malaysia juga sebagai TKI seperti Cecep. Akhirnya dengan restu Emak (Yati Surachman), berangkatlah Sule ke luar negeri demi bisa menjadi TKI, dapat uang, dan mendapatkan cinta Iis.

Sayangnya Mas Saswi ini licik. Alih-alih menjadi TKI di Malaysia, Sule justru dibawa ke Hongkong demi Mas Saswi bisa liburan. Eits, jangan terkecoh, yang liburan Mas Saswi ya, Sule-nya dibiarkan terlantar enggak bisa pulang. Nah, itu sebabnya film ini berjudul Hongkong Kasarung.

pictured source: Instagram

Dalam kebingungannya nyasar, Sule bertemu dengan Aline (Pamela Bowie), gadis cantik, anak pengusaha asal Indonesia, Pak Rengga (George Rudy). Baru juga merasa senang akhirnya ada yang bisa berbahasa Indonesia, Aline tiba-tiba diculik di depan mata Sule.

Merasa menjadi saksi mata penculikan, juga karena memang punya jiwa penolong, Sule berusaha menolong Aline. Demi menolong Aline, Sule sampai harus berurusan dengan Bos K (Iwa K) dan The Bag (Volland Volt). Untung saja Sule bertemu Makmur (Ery Makmur), seorang kawan lama yang kebetulan menjadi TKI di Hongkong.

Kira-kira Sule bakal berhasil menolong Aline enggak ya? Terus gimana caranya Sule bisa pulang kembali ke Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan itu, silakan kalian pada menyasarkan diri ke bioskop-bioskop kesayangan kalian ya. Karena film Hongkong Kasarung ini sudah tayang di bioskop sejak 15 Maret 2018.

pictured source: Instagram

Buat para Iky-Kers, nonton film Hongkong Kasarung ini wajib hukumnya. Karena film ini bukan hanya menghadirkan komedi dan aksi laga saja, tapi ada juga adegan romantis yang makin terasa romantis karena dibalut oleh lagu-lagu yang dari Rizky Febian. Rizky Febian juga tampil dalam beberapa scene dalam film ini. Berperan sebagai mahasiswa asal Indonesia yang berada di Hongkong.

Film Hongkong Kasarung ini cukup sederhana. Enggak bikin otak berpikir keras. Kita sebagai penonton cukup duduk manis mengikuti alur cerita sambil dibuat mupeng menikmati Hongkong. Eh aku sih yang mupeng, enggak tahu kalau kalian.

Menolong Itu Harus Tulus

Bukan Dian Ravi rasanya kalau enggak membahas pesan dari sebuah film. Meski sepanjang film aku dibikin tertawa, tapi bukan berarti tak ada pesan moral dari film Hongkong Kasarung ini.

Menolong itu harus tulus, Mur…

-Sule

Setelah beberapa kali Sule gagal menolong Aline, dan justru malah terluka, Makmur meminta untuk Sule untuk berhenti berusaha menolong. Menurut Makmur, mereka kini berada di negara orang lain, dengan aturan yang berbeda dengan ketika di negara sendiri.

Tapi Sule justru menolak permintaan Makmur itu. Menurutnya, enggak perlu peduli kita tengah berada dimana. Menolong ya menolong. Insya Allah bila kita menolong dengan tulus maka pertolongan pun akan datang pada kita tanpa disangka-sangka. Kenyataannya, memang ada saja hal-hal yang mungkin terlihat sepele tapi jadi sebuah bantuan untuk Sule.

Berkaca dari film Hongkong Kasarung ini, aku diingatkan kembali untuk jangan pernah bosan menolong ketika kita mampu. Jangan setengah-setengah saat memberi bantuan. Serta jangan takut kalau sepertinya bantuan yang kita berikan terkesan terlalu muluk dan sulit. Percayalah, Allah pasti akan bantu.

Bagaimana menurut kalian? Sudah pada nonton film Hongkong Kasarung? Yuk, tinggalkan cerita kalian di kolom komentar.

 

 

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

19 Comments

  1. Ooo, ternyata yang jadi pemeran utama Kang Sule-nya ya, kirain tadinya Iky yang akan berpasangan dengan Pamela Bowie. Ah jadi penasaran pengen nonton juga 😀

    Btw Teh, itu nama alis maksudnya nama asli ya? Hahaha, jadi ngakak saya :)))

  2. Aku jarang banget nonton film Indonesia di bioskop. Lebih sering nunggu diputer di tv nasional aja. Tapi ini filmnya pasti kocak ya secara ada si sule

  3. Wah, kayaknya seru ya. Sayangnya aku jarang banget nonton film indonesia. Bukannya apa tapi suami download film luar mulu dan ga pernah ketonton film negeri. Hihi. Next boleh deh minta download film ini kalo udah available.

  4. Filmnya komedi2 gtu ya mbak? Kyknya ringan dan bisa jd hiburan nih.
    Tadi kirain Rizki jd Sule muda ternyata jd mahasiswa Indonesia hihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *