Hutan Pinus Bertabur Pesan Cinta di Tasnan Forest Bondowoso

Bismillahirohmanirohim,


Semenjak hutan pinus di Jogja menjadi terkenal lewat instragram, sepertinya daerah-daerah lain seolah tak ingin ketinggalan untuk ikut mendadani hutan-hutan yang ada agar tampak instagramable. Tak heran sih, mengingat saat ini wisata foto-foto memang menjadi daya tarik utama. Salah satu daerah yang ikut mendandani hutan pinusnya adalah Bondowoso.

Ketika aku memberitahu adik ipar soal rencana mudikku Februari lalu, dia pun langsung mengirimkan sebuah foto hutan pinus yang cantik. “Di sini ada yang kaya gini loh, Mbak.” Begitu caption yang tertera di bawah foto itu. Ah, Bondowoso, kota yang baru aku kenal selama 13 tahun ini ternyata terus mempercantik diri untuk pariwisatanya. Meski bukan asli Bondowoso, tapi mau tak mau aku ikut bangga, mengingat keluarga Mas Met ada di kota ini semuanya.

They Called it Tasnan Forest

Hutan pinus itu berada tak jauh dari pemandian Tasnan. Aku sendiri belum pernah diajak ke Tasnan sepanjang usia pernikahan kami. Hanya setiap kali menuju Jember, aku melihat papan petunjuk arah dengan tulisan “TASNAN”, kemudian Mas Met akan bercerita soal masa kecilnya berenang di sana. Iya, Pemandian Tasnan adalah kolam renang umum yang ada di Bondowoso. Sepertinya malah satu-satunya kolam renang umum yang memang hanya untuk wisata air, bukan fasilitas hotel yang dibukan untuk umum.
Usai shalat Jumat, aku dan Mas Met mengajak Tika (adik iparku) dan Adam (sepupuku) untuk bermain ke hutan pinus yang di Tasnan itu. Main sambil mengumpulkan bahan tulisan, begitu selalu aku mencari alasan untuk bermain. Meski kenyataannya, aku baru menuliskannya bebebrapa bulan kemudian (kadang malah beberapa tahun kemudian).

Awalnya kami mengira hutan pinus yang cantik itu bagian dari Pemandian Tasnan. Tapi ternyata kami salah. Hutan pinus itu berada sebelum Pemandian Tasnan dan dikelola oleh Perhutani. Tasnan Forest, begitu nama hutan pinus ini. Aku membayar tiket masuk total Rp 15.000, harga yang dikenakan adalah Rp 5.000 per orang, tapi untuk anak-anak tidak dikenakan biaya.

Hutan  dengan Pesan Cinta


Tasnan Forest ini terletak di dua sisi jalan. Satu sisi yang berada di kiri jalan (dari arah datang) berada di tanah yang landai. Gerbang masuk pun ada di sisi yang ini. Gerbang yang dihiasi kain dengan nuansa pink dan putih serta bunga-bunga plastik sekilas mengingatkan aku akan dekosrasi pernikahan.

Dari gerbang masuknya saja sudah terlihat kalau hutan ini instagramable. Mulai dari lampion-lampion warna-warni, rumah pohon, hamock, ayunan, dan tak ketinggalan pesan-pesan cinta menghiasi diantara pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi.

Yuk mari foto-foto sambil menghirup udara segar. Hutan pinus ini cocok banget buat lokasi foto-foto pre wedding. Boleh juga bawa cemilan buat nongkrong manis bersama teman. Yang penting, satu: jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan.

Amfiteater di Hutan Pinus


Bayangkan sebuah pertunjukan musik atau drama di tengah-tengah hutan pinus. Di sini kanan jalan, Tasnan Forest ini menawarkan sebuah amfiteater. Enggak besar memang. Kontur tanah yang miring memberikan keuntungan untuk membuat sebuah panggung terbuka dengan dekorasi lampion berwarna putih.


Di bagian paling belakang terdapat panggung dengan bentuk I (heart) U yang biasa digunakan untuk foto-foto. Memang bentuknya tidak semenarik yang berada di Flower Garden Batu (baca juga: 4 hal yang dilakukan saat mengunjungi Malang Raya), tapi lumayan lah, sepadan dengan harga yang harus dikeluarkan.

Kalau lagi berada di Bondowoso atau sekitarnya, yuk mampir ke Tasnan Forrest ini. Jangan lupa siapkan memori kamera biar bisa puas berpoto.

 

5 Comments

  1. keren,saya dari jogja,di jogja juga ada hutan pinus,kayaknya hampir mirip-mirip hehehe,ditunggu kunjungan baliknya mbak.. -fatonyrd

  2. Tempatnyaa bagusss. . Menyatu bersama alam fotonya instagrammable banget. . Amfitiaternyaa menarikk banget. Buat konsep outdoor wedding disitu baguss kayanya ya mbaak. . Hehehe

  3. aku selalu suka hutan pinus, dan sekarang banyak hutan pinus yg dijadikan tempat wisaat dan diberisarana ayng kece untuk berfoto

  4. Wah, baru aja bikin posting tentang piknik saya ke Bondowoso. Baru dengar soal tempat Tasnan Forest juga sih. Bisa jadi destinasi berikutnya nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *