Sembuh Infeksi Saluran Kemih Berkat Prive Uri-Cran

Bismillahirohmanirohim,


Aku dan Infeksi Saluran Kemih (ISK) kayaknya sudah seperti musuh bebuyutan, yang meski bermusuhan tapi ketemu lagi, dan lagi. Entah kapan pertama kalinya aku terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK) ini, aku lupa. Sepertinya saat masih duduk di bangku SMA. Karena memang cukup sering aku merasakan yang sakit buang air kecil. Anyang-anyangan, begitu mamaku menjelaskan istilah yang tengah aku rasakan. Tapi saat itu aku belum paham kalau namanya adalah Infeksi Saluran Kencing.

Baru ketika usia pernikahan memasuki usia 1 tahun aku mendengar istilah Infeksi Saluran Kemih (ISK) ini. Saat itu karena masih belum merasakan adanya tanda-tanda hamil, aku pun mencoba memeriksakan diri ke dokter kandungan. Setelah menjalani beberapa test, semua hasilnya bagus kecuali ada Infesksi Saluran Kemih (ISK). Saat itu dokter hanya memberikan resep berupa antibiotik saja.

Setelah 5 tahun berumah tangga, aku masih belum dikaruniai buah hati juga. Kali ini aku mencoba untuk lebih serius program hamil. Seorang dokter berinisial B yang cukup terkenal menjadi pilihanku untuk berobat. Bukan karena nama besarnya yang membuat aku memutuskan untuk menemui dokter B ini, melainkan karena lokasi prakteknya yang tak jauh dari tempat aku bekerja saat itu. Diagnosa dokter B masih sama,  ada Infeksi Saluran Kemih (ISK). Bahkan reaksi beliau agak bikin aku ketakutan, berbeda dengan dokter sebelumnya yang sekedar berguman “Oh, ada Infeksi Saluran Kemih, Bu,” reaksi dokter B ini agak lebay kalau boleh aku akui. Masih teringat jelas sampai saat ini bagaimana beliau dengan nada setengah berteriak berkata “Duh, ibu. Ibu ini ada infeksi saluran kemih. Duh gimana sih, Bu? Bahaya loh ini. Mau sembuh enggak, Bu?” Terus terang diberondong kalimat seperti itu dengan nada tinggi cukup bikin aku ingin menangis ketakutan rasanya.

Tapi gara-gara dokter B ini aku jadi mulai melek terhadap yang namanya Infeksi Saluran Kemih (ISK). Aku mulai mencari tahu apa penyeban anyang-anyangan serta bagaimana cara mengatasi anyang-anyangan. Karena kalau boleh aku meminta sama Allah, aku enggak mau lagi terkena Infeksi Saluran Kemih. 3 bulan non-stop aku harus mengkonsumsi antibiotik selama berobat di dokter B yang berakibat ke asam lambung, gigi, ginjal, dan entah bagian tubuh mana lagi yang harus jadi korban akibat konsumsi antibiotik.

Infeksi Saluran Kemih

Mungkin ada yang bertanya-tanya apa sih sebenarnya Infeksi Saluran Kemih itu? Infeksi Saluran Kemih atau yang biasa dikenal dengan singkatan ISK, adalah infeksi bakteri yang mengenai bagian dari saluran kemih (ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra). Ada dua macam Infeksi Saluran Kemih, yaitu Infeksi Saluran Kemih bagian bawah yang biasa disebut sistitis (infeksi kandung kemih), dan Infeksi Saluran Kemih bagian atas alias pielonefritis (infeksi ginjal). Hmm… aku jadi teringat pernah didiagnosa gangguan ginjal, mungkin sebenarnya masih ada hubungannya dengan Infeksi Saluran Kemih ini.

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih tidak selalu menunjukan adanya gejala. Tapi bila kita merasakan gejala berikut ini, bisa jadi kita terkena Infeksi Saluran Kemih:

  • Ingin buang air kecil terus menerus
  • Rasa sakit saat buang air kecil, kadang sakit ini seperti rasa terbakar
  • Susah menahan keinginan untuk buang air kecil
  • Warna urine lebih pekat dan bau lebih menyengat
  • Badan terasa lebih cepat lelah
  • Rasa sakit di daerah panggul pada perempuan, dan rasa sakit di daerah anus pada laki-laki

Namun, bila Infeksi Saluran Kemih terjadi pada bagian atas, biasanya gejala tadi akan disertai:

  • Mual dan muntah
  • Demam
  • Tubuh menggigil
  • Disorientasi
  • Gelisah
  • Rasa nyeri pada bagian pinggang dan punggung

Meskipun Infeksi Saluran Kemih bisa terjadi pada siapa saja, baik perempuan maupun laki-laki, baik orang dewasa maupun anak-anak, kenyataannya perempuan beresiko lebih besar terkena Infeksi Saluran Kemih dibanding laki-laki. Hal ini disebabkan karena anatomi perempuan memiliki ureta lebih pendek dari laki-laki.

Anyang-Anyangan

Anyang-anyangan merupakan salah satu tanda awal gejala Infeksi Saluran Kemih. Sensasi yang dirasakan  seperti ingin buang air kecil terus menerus, padahal air yang dikeluarkan seringnya hanya sedikit, kadang malah tak keluar.

5 dari 10 wanita pernah mengalami Infeksi Saluran Kemih yang gejala awalnya sering disebut anyang-anyangan.

Fakta itu sedikit bikin aku merasa lega. Berarti aku tak sendiri yang sering mengalami anyang-anyangan. Tapi masa iya aku mau terus merasakan anyang-anyangan. Kan enggak nyaman.

Penyebab anyang-anyangan

Anyang-anyangan dan Infeksi Saluran Kemih umumnya disebabkan oleh bakteri, virus, maupun jamur. Namun yang paling sering terjadi adalah akibat bakti Escherichia colli atau biasa dikenal dengan sebutan E-Colli yang menempel pada dinding saluran kemih.

Apa saja yang bisa menimbulkan anyang-anyangan?

Seringnya aku merasakan anyang-anyangan ini saat sedang puasa, atau sedang traveling. Keduanya punya satu persamaan, sama-sama kurang minum. Iya, aku memang kurang bersahabat dengan yang namanya minum. Namun, minum air putih saja tidak cukup. Ada banyak hal lainnya yang bisa menimbulkan anyang-anyangan. Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Kurang minum, dehidrasi.
  2. Menahan buang air kecil
  3. Toilet yang kotor
  4. Kurang menjaga kebersihan pakaian dalam
  5. Kebiasaan cebok yang salah.
  6. Penggunaan produk pembersih
  7. Alergi

Cara Mengatasi Anyang-Anyangan

Waktu berdiskusi dengan dokter B, beliau sempat memberikan masukan agar tidak mudah terkena Infeksi Saluran Kemih atau anyang-anyangan lagi, seperti:

  1. Minum air putih minimal 8 gelas sehari.
  2. Berhenti kebiasan menahan buang air kecil!
  3. Pastikan kebersihan toilet. Ini tentu agak sedikit susah bila sedang berada di toilet umum. Tapi coba biaskan memilih toilet jongkok bila ada. Kalaupun terpaksa toilet duduk, alasi dengan tisu terlebih dahulu. Bawa tisu sendiri. Gunakan air langsung dari kran untuk cebok. Keringkan mrs V.
  4. Pilih pakaian dalam berbahan katun agar mudah menyerap keringat, dan hindari pakaian yang terlalu ketat.
  5. Cara cebok yang benar adalah dari depan ke belakang, karena jika dilakukan dari belakang ke depan justru bisa membuat bakteri masuk ke dalam alat kelamin.
  6. Biasakan buang air kecil setelah melakukan hubungan intim, dan bersihkan area genital.

Apabila sudah merasakan anyang-anyangan, tentu saja cara untuk mengatasi anyang-anyangan adalah dengan minum antibiotik sesuai resep dokter. Tapi seperti yang pernah aku ceritakan, aku terpaksa minum antibiotik selama 3 bulan. Dan itu sangat menyiksa.

Cranberry Pahlawan Anyang-Anyangan

Baru-baru ini ketika mampir ke sebuah toko obat-obatan aku ditawari Prive Uri-Cran yang katanya bisa mencegah anyang-anyangan. Aku sempat mendelik enggak percaya? Sekarang sudah ada obat herbal untuk mengatasi anyang-anyangan? Wow!

Prive Uri-Cran merupakan obat herbal yang berisi ekstrak cranberry. Buah Cranberry telah lama diteliti dan dipercaya efektif mencegah Infeksi Saluran Kemih karena kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-Coli pada dinding saluran kemih dan membuangnya bersama air kecing. Cranberry juga mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu terdapat serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Buah Cranberry memang hebat!

“Kalau gitu mama mau nanem Cranberry aja, Teh.” Tiba-tiba mamaku yang gemar berkebun mengeluarkan celetukan itu. Duh Ma, masih harus nyari bibit dulu, nanem dulu, proses panjang untuk bisa dinikmati. Iya kalau buah Cranberry itu cocok ditanam di kebun Mama. Yang praktis aja dulu yuk, konsumsi Prive Uri-Cran.

Ada 2 macam Prive Uri-Cran yang bisa kita konsumsi:

Prive Uri-Cran

Komposisi: 250 mg Ekstrak Cranberry Sediaan: Kapsul Dosis: 1-2 Kapsul / Hari
Isi per Box: 30 Kapsul / Box

Prive Uri-Cran Plus

Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus,
0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Sediaan: Powder Sachet Dosis: 1-2 Sachet / Hari
Isi per Box: 15 Sachet / Box

Karena alasan kesegaran dan ada unsur plus-nya aku memilih untuk mencoba mengkonsumsi Prive Uri-Cran Plus. Sebenarnya sih mau yang mana pun enggak ada bedanya, sama-sama menyembuhkan anyang-anyangan. Produk Prive Uri-Cran ini sudah bisa didapatkan di berbagai apotik atau toko obat yang ada di mall-mall seperti Century, Guardian, Watson, dll.

Untuk hasil maksimal, sebaiknya Prive Uri-Cran Plus ini dikonsumsi 2 gelas per hari selama kurang lebih 10 hari. Cara bikinnya mudah. Cukup  campurkan 1 sachet Prive Uri-Cran Plus dengan segelas air 150 ml, aduk hingga rata, dan minum deh. Kaya minum jus Cranberry.

Kesimpulan soal anyang-anyangan bisa dilihat dari infografis berikut ini:

Semoga setelah minum Prive Uri-Cran Plus ini aku enggak akan kena lagi Infeksi Saluran Kemih. Siapa tahu malah bisa lancar hamil sampai melahirkan. Aamiin…

25 Comments

  1. Anyang2an emang nyebelin dan ngeselin… aku biasanya cuma minum air putih aja kalo anyang2an.. tapi kadang suka lama sembuhnya… sekarang ada solusi yang lebih praktis dan cepat buat anyang2an ya… thank you informasinyaa..

  2. enak jg ya kalau obat tp kayak minum juice gitu, jd ga merasa terbebani minumnya xixiixxi say no to kaplet kaplet..

    walau aku ga menderita anyang anyangan, tp kebayang penderitaan yg ngalamin, kasihan kalau harus bolak balik kamar mandi, tp nggak tuntas tuntas

  3. Amin ya robbal alaminn… Semoga program hamilnya lancar ya mbak.
    Aku aja sampai sekarang sering bnget susah buang air kecil kalo toiletnya kurang bersih, jadi, mending ditahan sampe nemu toilet yang pas. Tapi ya gitu, rasanya sakit perut, pas jadi anyang2an. huwhee

  4. Pertama-tama, aku terkesima melihat gambar atas postingan ini. Warnanya senada dengan thema blognya. HUahaha..

    Aku baru tau kalau ternyata anyang-anyangan ada obatnya, ya. Dulu masih kecil sering bngt anyangan, tapi obatnya cuma disuruh angkat kaki ke atas, atau minum daun kumis kucing. 😀

  5. Berarti pipis di sembarang tempat bisa mengakibatkan penyakit ini ya mbak? Duh kok jadi dilema kalo kebelet. Apalagi kalau sering bepergian dengan transportasi umum, toiletnya seringkali kurang terawat. Huhuhu….

  6. Anyang-anyangan memang momok bagi semua orang, terutama wanita.
    Deeuh,
    Aku pernah doonk ngalamin ISK.

    Masha Allah,
    sakitnya luarbiasa…sampai berdarah pas pipis.
    Jadi malah suka nahan-nahan, karena takut.
    Tersiksanyaaa~~

  7. maaf mba Dian, apakah gegara terkena ISK jd terhambat kehamilan ya? smg lekas sembuh ya mba.
    Anak saya Bre jg pernah di vonua dokter kena ISK wkt bayi 8bln pipisny di diapers warna merah. Ternyata tertutup kotoran di ujung kelaminnya. Saran dokter spy di khitan , gw gak tega jd pelan2 saya coba bersihkan dg telaten alhamdulillah pipisnya lancar dan sdh tidak ISK lg dan tdk jd khitan wkt bayi.

    smg mba Dian dpt momongan jg ya ❤

  8. aku kalau lagi bepergian atau menghadiri acara sering nahan pipis mbak. alasannya ya selain lagi di jalan, kadang males karena toiletnya jorok 🙁 atau kalaupun di hotel kan toilet duduk tuh kebanyakan. nah dari dulu aku suka jijik sendiri karena kan bekas-bekas orang. palingan ya dialasi tisu itu lah kalau udah sesak :d

    • aku juga gitu. makanya jadi ga sembuh-sembuh bener ISK-nya. kebayang lagi traveling itu pipis bisa aku jadwal harus ketemu toilet yang emang bersih.

  9. Banyak typo di kata kunci mba.. ada infeski, infesksi dan gak cuma 1 kali hehe..

    Infeksi saluran kemih ini biasanya sering nahan kencing dan kurang minum air putih ya mba. Untungnya sekarang udh ada uri-cran ya..

  10. Wah, sampai berhubungan dengan ginjal ya, ternyata. Saya berarti salah tuh dulu, udah lama banget.. udah tahu anyang-anyangan dan pokoknya ngga normal, tapi cuek. Malah didiemin. Mungkin dulu alasan, ngga sempat cek ke dokter karena kerja, terus kalau dokternya cowok kan malu.. (cara berpikir yang salah!)
    Untungnya, akhirnya saya terpaksa periksa ke dokter untuk kasus lain. Cerita deh, soal anyang-anyangan dsb yang ternyata infeksi.

  11. Dulu pas masih lajang juga pernah kena ISK. Tapi syukurlah itu tidak menghambat kehamilan dan proses melahirkan partus normal. Tapi cukup bikin trauma. Gilak sakitnya… Sakitttt bangettt. Dan ternyata enggak cuma perempuan yg berpotensi kena ISK lohh.. Laki2 juga dgn gejala yg sama. Soalnya barusan suamiku juga mengalami hal sama. Kukasih Uricran langsung dehh

  12. Hmm.. Semoga dilancarkan sgl sesuatunya ya mbak. Sehat, selamat dan jadi muslim yang kuat!

    Ayi dl pernah juga anyang-anyangan, cuma gatau namanya tuh Infeksi Saluran Kemih. Sampai hrs pake pembalut padahal lg ga mens. :’D

  13. Bener ya ternyata ayang2en sering dialami cewek,
    Aku juga, kadang2 ayang2en biasanya kalo nahan pipis krn lagi di tempat umum, ga pernah biasa ke toilet sembarang tempat soalnya, bakal lebih milih di rumah.-.

    Kirain, Nahan kencing segitu lama ya gapapa. Taunya berbahaya banget ya.

    Serem 🙁

    Kalo di hotel atau mall aku biasanya lap dulu pake tisu di lapisan dalamnya toilet, jadi ambil yang lapisan dalamnya, ga pernah lapisan atas toilet duduk, kebiasaan dr kecil .-.

  14. penyakit kandung kemih dan anyang anyang sangat berbahaya banget kalo tidak dicegah sedari dini. Kayanya buat para wanita wajibmeminum uci cran nih supaya sehat dalamannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *