ipotgo sekuritas terbaik saham online
Finance

Mau Investasi Saham Syariah? Ikuti 7 Langkah Beli Saham di IPOTGO Semudah Belanja Online

bismillahirrahmanirrahim, 

Sabtu pagi, 23 Juni 2019 menjadi salah satu hari yang bersejarah buat aku. Bukan karena ulang tahun Jakarta, tapi karena untuk pertama kalinya aku menginjakan kaki di BEI (Bursa Efek Indonesia) dan belajar soal saham online di IPOTGO.

Orang-orang terdekat aku sukses dibikin takjub pagi itu karena mereka tahu banget kalau selama ini aku tuh paling ogah-ogahan kalau menyangkut soal keuangan dan apalagi belajar investasi saham. Selama ini yang aku tahu (dan mau) hanya menghabiskan uang untuk jajan online serta pergi main.

ipotgo sekuritas terbaik saham online

So, what’s makes me change? Demi masa depan. Demi mengejar impian traveling semakin jauh. Eaaaa…. Iya, ujung-ujungnya sih sudah pasti, demi cuan, namanya juga investasi.

Kemudahan Mendaftar IPOTGO

Dari beberapa hari sebelum acara, aku sudah mencoba mendaftarkan diri untuk membuka akun di Indpremier. Aku pikir bakal ribet, namanya juga daftar untuk online trading. Dibenak aku sudah terbayang akan butuh waktu lama untuk proses pendaftarannya.

ipotgo sekuritas terbaik saham online
tampilan aplikasi IPOTGO

Langkah pertama yang aku lakukan adalah menginstall terlebih dahulu aplikasi IPOTGO yang bisa didownload di Playstore atau di Appstore. Ikuti langkah-langkah yang diminta untuk membuka akun baru. Mulai dari nama, alamat, sumber penghasilan, KTP, NPWP (boleh tidak), rekening, nama ibu kandung, hingga foto bersama KTP, foto KTP, juga foto tandatangan kita. Ternyata hanya sekitar 15 menit aku sudah selesai mendaftarkan diri. Yang penting pastikan saja sinyal sedang bagus.

Langkah berikutnya aku hanya tinggal menunggu konfirmasi via email dan mendapatkan no RDN (Rekening Dana Nasabah). Berapa lama? Nah, ini. Beberapa teman aku mendapat no RDN-nya dalam hitungan 1-2 jam saja. Kalau aku kebetulan sedikit lebih lama. Tapi yang penting, akhirnya aku punya no RDN. Mudah banget kan ya? Aku sampai amazed. No wonder kalau Indo Premier ini merupakan sekuritas terbaik.

Kenapa RDN ini penting? Karena lewat RDN inilah nantinya kita akan bertransaksi beli saham online. Selain IPOTGO, aku juga mendownload IPOTPAY di Playstore atau Appstore. Nah kalau ini adalah dompet virtual. Dimana kita bisa melihat jumlah saldo kita, transfer, menarik dana, hingga membayar e-commerce, BPJS, tagihan listrik, tagihan kartu kredit, juga membeli pulsa dan token listrik. Hmmm praktis banget ini sih, hasil dari investasi saham online aku bisa langsung dipakai buat jajan online.

7 Langkah Beli Saham di IPOTGO Semudah Belanja Online

Sudah siap untuk beli saham online? Setelah kita punya akun IPOTGO, punya RDN, sekarang saatnya untuk investasi saham online. Sebelumnya pastikan dulu kalau RDN kita sudah tersedia saldo ya. Karena caranya beli saham ini cukup mudah, semudah belanja online.

  1. Buka aplikasi IPOTGO
  2. Log in terlebih dahulu, serta log in pin (ingat, pin ini 8 angka)
  3. Untuk beli saham, masuk ke logo List Saham
  4. Tentukan saham yang ingin dibeli.
  5. Bila sudah menemukan yan gingin kita beli, klik ikon “B” untuk membeli
  6. Selanjutnya akan muncul menu my order, tentukan jumlah lot dan harganya. Perhatikan kembali detail transaksi, jangan sampai salah. Jika sudah sesuai klik tombol “Submit Buy” serta “Corfirm Buy”.
  7. Order pun akan segera di proses. Kita sudah memiliki saham, dan tinggal memonitor perkembangannya.

Mudah sekali bukan? Enggak beda jauh sama belanja online. Kalau masih bingung tonton dulu video berikut:

Semakin Lebih Nyaman dengan IPOT SYARIAH

Ada hal lain yang bikin aku masih suka ogah-ogahan untuk investasi saham yaitu dari sisi agama. Jujur aku masih ragu boleh enggak ya online trading dalam Islam.

Alhamdulillah ada IPOT Syariah sebagai solusinya yang menerapkan saham syariah. Tentunya yang dimaksud dengan saham syariah adalah efek berbasis ekuitas yang memenuhi prinsip syariah dong.

Sharia Online Trading System (SOTS) merupakan sistem perdagangan saham yang dapat mendeteksi transaksi yang tidak sesuai dengan prinsip syariah. Indo Premier Sekuritas merupakan perusahaan sekuritas yang pertama kali mengembangkan sistem tersebut.

ipotgo sekuritas terbaik saham online

Dalam saham syariah, usaha harus halal, tidak mengandung mudharat (bahkan untuk produk rokok yang masih tergolong makruh pun tidak boleh), serta tidak ada unsur riba. Sementara dalam mekanismenya pun no margin trading, no short selling, hanya transaksi saham syariah, serta tranksasi yang dilakukan pun berdasarkan cash basis.

Dengan berinvestasi saham syariah kita tetap bisa menikmati banyak keuntungan kok. No need to worries, diantaranya:

  • Menikmati keuntungan investasi dari selisih harga beli dan jual.
  • Menikmati keuntungan investasi dari pembagian keuntungan dari perusahaan.
  • Rapat yang diadakan oleh emiten atau perusahaan yang sahamnya listing di bursa.
  • Last but not least, dengan berinvestasi di saham syariah secara otomatis akan terhindar dari investasi yang dilarang atau haram.

Sekarang ini aku memang belum pindah ke IPOT Syariah. Karena waktu daftar kemarin belum mendaftarkan IPOT Syariah. Tapi aku sudah tanya-tanya untuk pindah ke IPOT Syariah mudah kok, hanya perlu meminta form IPOT Syariah saja, bisa dilakukan via email, tanpa harus datang ke kantornya Indo Premier.

Kalau ada yang bertanya apa alasan aku memilih IPOT Syariah, tentu saja karena sudah sesuai dengan prinsip syariah dan sudah tersertifikasi DSN-MUI No: 001.58.02/DSN-MUI/I/2018.

DianRavi mencoba naik kelas untuk belajar investasi saham. Semoga saja kedepannya aku bisa semakin bijaksana dalam mengelola keuangan. Siapa tahu akan lebih banyak tips keuangan dari aku suatu saat, bukan hanya cara memilih online shop terpercaya buat beli baju.

15 thoughts on “Mau Investasi Saham Syariah? Ikuti 7 Langkah Beli Saham di IPOTGO Semudah Belanja Online”

  1. Nah, aku buta banget dengan masalah persahaman ini. Mau belajar juga lewat IPOTGO ya alhamdulillah ada lini syariahnya ya. Btw, yg membuat aku kadang ragu dg investasi ‘tak kelihatan’ ini adalah soal keamanannya.

  2. Bener banget mbak, aku juga pengen banget mengelola keuangan dengan bijak dan benar. Udah sejak lama aku penasaran banget si tentang dunia persahaman ini.

    Semoga suatu saat nanti aku bisa juga terjun mengenal dunia persahaman ini. Thankyou ya mbak infonya ini sangat bermanfaat buat yang mau belajar tentang saham.

  3. Semangat mba diaaan kita belajar tentang dunia perencanaan keuangan bareng bareng yaaa ternyata seru juga nih mengulik saham dan reksadana. Btw aku juga pakai IPOTGO lhoo

  4. Aku juga pernah dengar dari teman yang fokus membahas keuangan, investasi dan saham jika untuk pemula ingin mencoba dan memiliki saham, bisa beli saham online via Indopremier, disarankan untuk itu sih
    Makanya begitu baca artikel dari Teh Dian ini, aku jadi tambah semangat untuk bisa mencoba online trading apalagi yang berbasis syariah, teh hhheee
    TFS untuk sharingnya, Teh Dian
    CHeerss
    -Putri Unicorn
    ehehehhehee

  5. Waini…. Mantep banget. Mbak dian udah maen saham nih. Bakalan makin jauh travelingnya. Kemarin aku juga daftar ipotgo tapi masih belum dimaksimalkan karena masih banyak belajar coba ini itu. Mudah mudahan bisa lancar dan sukses juga nih kaya mbak dian maen sahamnya

  6. Aku masih butuh belajar nih buat inves saham. Pertama karena masih nol besar. Kalau asal2 lan kan bisa bahaya. Tapi salut karena udah ada yg syariah gini

  7. Investasi untuk masa depan memang penting ya, cepat atau lambat saya pun harus melakukan investasi untuk masa depan keluarga. Salah satunya adalah investasi saham.

    Dan yang jadi pertanyaan untuk investasi saham seperti ini, keamanannya itu bagaimana? Karena banyak penipuan yang mengatasnamakan investasi saham namun ketika dana modal masuk, lalu modal dibawa kabur

  8. Aku juga tertarik sama trading ini sih cuma ya perlu ngerti banget pakai medium mana yang paling sesuai. Waw ada yg syariah juga ya, bisa lega kalau mau invest2. Nah kl Kak Dian sendiri lbh suka invest saham atau emas sih?

  9. Bedanya syariah sama engga kalau masalah inestasi saham apakah, teh?
    Dari pemutaran uangnya kah?
    Aku tertarik banget untuk invest…secara kalau saham kan…kita yang menentukan besarnya yaa…

  10. Wah saham, aku msh belum coba2 inves dalam bentuk ini. Beraninya msh dalam reksadana dan emas. Tapi kyknya menarik jg nih punya saham pakai aplikasi ipotgo yg syariah, cukup mudah juga cara belinya. Tapi tetep kudu itung2 juga sih ya. Nanti coba aku pelajari dulu deh ๐Ÿ˜€ Thanks infonya mbak Dian. .

  11. Wah saham, aku msh belum coba2 inves dalam bentuk ini. Beraninya msh dalam reksadana dan emas. Tapi kyknya menarik jg nih punya saham pakai aplikasi ipotgo yg syariah, cukup mudah juga cara belinya. Tapi tetep kudu itung2 juga sih ya. Nanti coba aku pelajari dulu deh ๐Ÿ˜€ Thanks infonya mbak Dian.

  12. Weits.. zaman kiwari, investasi sudah merambah versi syariah ya supaya kita bisa menerapkan halal lifestyle.

    Aku masih mikir panjang sih buat invest ini karena kita harus punya waktu buat mantau fluktuatifnya kan*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *