Kamera Digital Murah Jadi Cepat Rusak Jika Anda Melakukan Kesalahan Penggunaan Ini

Bismillahirohmanirohim,

Baru saja memiliki kamera tentu menjadi salah satu kebanggaan tersendiri bagi Anda, terlebih jika Anda bisa membeli kamera dengan usaha sendiri setelah menabung beberapa lama. Tidak peduli apakah harga kamera digital murah  atau mahal sekalipun, asalkan bisa menenteng kamera mungkin sudah merasa seperti seorang fotografer profesional. Namun bagi Anda yang masih baru dalam memegang kamera dalam hal ini masih pemula, maka ada baiknya jika Anda bisa belajar terlebih dulu bagaimana menggunakan kamera digital yang baik dan benar hingga cara perawatannya.

Ya, hal ini mengingat wajarnya para pemula ketika melakukan kesalahan dalam hal penggunaan kamera sehingga tanpa disadari jika kesalahan itu membuat kamera menjadi rusak. Lalu apa saja kesalahan yang kerap dilakukan pemula dalam memperlakukan kameranya? Berikut ini ulasannya:

1. Setting kamera

Umumnya kesalahan yang pertama adalah dari segi setting. Tak peduli harga kamera digital murah atau mahal, jika setting sembarangan tentu akan mempengaruhi hasil gambar nantinya. Memang bereksperimen memakai semua mode serta fitur di kamera yang baru Anda miliki sah-sah saja sehingga hasil foto menjadi lebih kreatif. Meski begitu, jika Anda tidak pandai ketika mengatur setting pada kamera maka akan menjadikan Anda kebingungan untuk mengatur mode berbeda saat pemotretan.

2. Selalu reset kamera

Ketika sudah terlalu bingung karena setting kamera berubah-ubah dan tidak mampu mengembalikan ke mode awal, maka pilihan terakhir adalah dengan reset kamera menjadi setting dasar. Meski memang dapat disadari jika setting kamera awal adalah setting yang paling pas, namun jangan terus menerus dilakukan karena menjadikan setting lensa juga berulang kembali. Belum lagi setting flash serta pengaturan lainnya.

3. Atur metering mode

Terkadang ada momen dimana ketika Anda memotret, hasil jepretan menjadi terlalu terang ataupun tidak sesuai dari harapan. Dalam hal ini cobalah untuk melakukan pengecekan pada metering mode dan kembalikan ke posisi standarnya.

4. Sering bongkar pasang lensa

Bongkar pasang lensa tentu menjadi hal yang amat menyenangkan dilakukan karena Anda bisa bereksperimen pada hasil foto. Namun terlalu sering membongkar pasang lensa akan menjadikan sensor gambar Anda mudah kotor terkena dengan banyak debu. Hal ini pasti akan sangat mengganggu dari segi pemotretan. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda lebih berhati-hati saat bongkar pasang lensa.

5. Fokus mode

Selanjutnya ada juga kesalahan dalam pengaturan fokus kamera dan juga lensa. Terkadang, para fotografer yang masih di tingkat pemula mengalami kesulitan ketika mengambil fokus dari suatu obyek. Untuk itu, coba dengan mengganti autofocus mode ke bagian manual mode dan belajarlah secara perlahan untuk bisa menemukan fokus tepat. Yang perlu diingat adalah fokus obyek yang gerak cepat tentu akan beda jika fokus obyek diam pada tempatnya sehingga harus disesuaikan.

6. Tidak memakai flash

Kerapkali fotografer yang masih pemula lupa menyalakan flash dan bahkan menganggap jika fitur yang satu ini kurang penting. Padahal ada kalanya fitur flash ini sangat dibutuhkan sehingga bisa dimanfaatkan sesuai kondisinya. Flash jika digunakan dengan pas maka akan mampu membantu untuk bisa mempertajam hasil.

Itulah sedikit uraian terkait kesalahan para fotografer pemula ketika menggunakan kameranya. Kini Anda bisa mendapatkan kamera digital murah di toko online terpercaya  yang sudah banyak menyediakan produk kamera sesuai yang Anda butuhkan.

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *