Kelebihan dan Kekurangan menggunakan metode COD
Lifestyle

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Metode COD Saat Belanja Online

16

bismillahirrahmanirrahim, 

Kelebihan dan Kekurangan menggunakan metode COD

Di saat teknologi semakin maju seperti sekarang ini, kebiasaan gaya belanja pun mulai berubah. Anda mungkin merasakannya sendiri, kalau berbelanja secara online dirasa lebih praktis. Baik dari sisi hemat waktu, tenaga, juga tak jarang harga yang ditawarkan umumnya lebih murah bila dibandingkan dengan berbelanja di toko offline.

Belanja secara online memang banyak memberikan kenyamanan dan kemudahan. Anda cukup melakukannya semua lewat smartphone yang Anda gunakan. Meski begitu, belum semua orang merasa nyaman dan percaya dengan belanja online. Terutama bagi yang baru-baru ingin memulai bertransaksi secara online, umumnya ada rasa khawatir bila ternyata tempat belanja tersebut menipu.

Penipuan online memang kerap kali terjadi. Untuk itu Anda tetap harus berhati-hati setiap kali bertransaksi. Salah satu solusi yang ditawarkan untuk menghindari penipuan adalah dengan berbelanja secara COD atau Cash on Delivery.

Pengertian COD

Kelebihan dan Kekurangan menggunakan metode COD

Bila biasanya dalam berbelanja online Anda diminta untuk membayar terlebih dahulu sebelum barang yang dipesan dikirimkan, maka pada metode COD justru berbeda. Cash on Delivery merupakan suatu layanan transaksi dimana pembeli dan penjual saling sepakat untuk melakukan transaksi pembayaran ketika barang yang dipesan sudah tiba di alamat pembeli. Jadi dengan metode COD pembayaran tidak dilakukan secara transfer terlebih dahulu, melainkan dibayar secara tunai.

Dengan metode COD, pembeli dan penjual harus bertemu secara langsung di suatu tempat yang sudah disepakati. Biasanya dicari titik tengah antara lokasi penjual dan pembeli untuk saling memudahkan. Namun, sekarang ini sudah ada kurir yang menawarkan sistem COD.

Keuntungan Menggunakan Metode COD

Sebagai pembeli, tentunya Anda lebih diuntungkan bila menggunakan metode COD. Bila seharusnya dalam bertransaksi online Anda hanya bisa melihat produk melalui gambar dan mengira-ngira produk tersebut berdasarkan deskripsinya yang Anda baca dari penjual, dengan metode COD, Anda jadi bisa melihat produk yang ingin Anda beli secara langsung. Anda bisa memastikan dengan teliti terlebih dahulu kondisi produk tersebut sebelum membayarnya. Jika produk tersebut tidak sesuai deskripsi Anda pun bisa membatalkan rencana transaksi.

Namun, dari sisi penjual juga tidak ada ruginya menawarkan metode COD. Keseriusan niat penjual yang menawarkan metode COD paling tidak akan dianggap kalau dia memang penjual yang tidak berniat menipu karena berani menawarkan untuk membawakan barang dagangannya terlebih dahulu untuk menemui calon pembeli. Dengan menawarkan metode COD secara tidak langsung akan menambah reputasi penjual.

Selain itu, penjual juga memiliki keuntungan untuk menawarkan produk lain yang mungkin berkaitan dengan produk yang akan dibeli. Tidak ada salahnya ketika hendak COD, penjual membawa satu-dua produk lain untuk ditawarkan kepada calon pembeli. Dengan begini, kemungkinan produk yang dibeli jadi bertambah.

Kekurangan Menggunakan Metode COD

Meski metode COD tampaknya memiliki banyak keuntungan, tapi bukan berarti bila Anda menggunakan metode COD ini tidak ada kekurangannya.

Bila dibandingkan dengan metode belanja online pada umumnya, dari sisi pembayaran, metode Cash on Delivery ini tampak kurang praktis. Saat berbelanja online pada umumnya, Anda diminta melakukan transfer sebelum barang dikirimkan. Sementara dengan untuk pembayaran COD, Anda terpaksa membawa uang tunai untuk membayar belanjaan Anda. Tentunya hal ini selain kurang praktis juga agak kurang menguntungkan dari sisi keamanan. Bayangkan bila belanjaan Anda cukup mahal dan penjual hanya menerima uang tunai.

Dari sisi penjual juga meski memberikan reputasi yang baik dengan menawarkan metode COD, tapi jelas mengeluarkan tenaga dan biaya lebih bila dibandingkan dengan sistem belanja online yang biasa. Sebagai penjual terpaksa harus meluangkan waktu, tenaga, serta ongkos untuk menemui Anda sebagai pembeli. Belum lagi bila ternyata barang yang dibawa tidak sesuai dengan ekspektasi pembeli hingga akhirnya transaksi jual beli batal terjadi. Kejadian seperti ini bisa diminimalisir bila dilakukan transaksi belanja online dilakukan dengan cara yang biasa.

Kekurangan lain dari metode COD adalah masalah jangkauan wilayah belanja online. Untuk bisa melakukan transaksi dengan cara Cash on Delivery seperti ini, tentunya Anda dan penjual harus berada di kota yang sama. Padahal bukan tak mungkin pilihan barang di kota lain lebih menarik.

Kelebihan dan Kekurangan menggunakan metode COD

Kekurang metode COD memang belum bisa dilayani ke seluruh wilayah. Tapi sekarang ini sudah ada kurir jasa pengiriman yang menyediakan layanan bayar di tempat. Dengan menggunakan Ninja Xpress bayar di tempat, Anda tetap bisa membayar secara tunai.

Nah, itu tadi kelebihan dan kekurangan metode Cash on Delivery. Tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk merasa takut berbelanja online.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *