Business

Kenalan Lebih Dekat dengan Profesi Relationship Officer Bank

bismillahirrahmanirrahim,

Pic source: Freepik.com

Dalam dunia perbankan, dibutuhkan banyak skill yang tentunya tidak hanya keterampilan akuntan saja. Salah satu pekerjaan yang paling diminati oleh banyak orang adalah relationship officer. Dalam bidang ini, relationship officer menjadi peran yang paling sering dibutuhkan oleh setiap bank dan juga memiliki peminat yang tidak sedikit.

Mengingat betapa pentingnya tugas seorang relationship officer, pada kesempatan kali ini kami akan mengupas habis apa itu relationship officer. Pengetahuan ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki cita-cita sebagai seorang pegawai bank. Penasaran apa saja informasinya? Yuk simak berikut ini.

Apa Itu Relationship Officer?

Relationship officer adalah posisi atau peran yang memiliki tugas untuk membangun hubungan baik dengan nasabah bank . Divisi ini harus menjaga hubungan baik dengan para nasabah, baik itu internal maupun eksternalnya. Salah satu bank yang banyak membutuhkan posisi ini adalah BCA. Bank BCA memang dikenal sebagai bank bergengsi di Indonesia, oleh karena itu banyak yang menginginkan posisi relationship officer BCA.

Sedangkan pengertian relationship officer menurut bank BCA sendiri adalah RO (Relationship Officer) merupakan perwujudan enhance relationship terhadap para nasabah bank. RO memiliki peran penting sebagai seorang marketing dan sales yang nantinya bisa memberikan berbagai solusi perbankan dengan tetap menjaga hubungan baik antara bank BCA dengan nasabah serta membuat potensi yang lebih menguntungkan bagi kedua pihak.

Program relationship officer BCA ini selalu terbuka untuk banyak kalangan yang bisa memenuhi syarat yang sudah ditentukan oleh BCA. Beberapa syarat menjadi relationship officer adalah sebagai berikut.

  1. Usia maksimal 24 tahun
  2. Lulusan S1 dari Universitas ternama dengan minimal IPK 2,75
  3. Belum menikah
  4. Bersedia bekerja dalam ikatan dinas

Syarat yang diberikan untuk program relationship officer BCA ini terbilang mudah bukan? Jika Anda bekerja sebagai relationship officer di bank BCA, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan mulai dari perluasan koneksi hingga jenjang karir yang stabil dijamin akan membuat Anda semakin betah bekerja.

Setelah mengetahui apa itu relationship officer, sekarang saatnya Anda untuk mengetahui apa saja tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang RO.

Tanggung Jawab dan Tugas Relationship Officer

Berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang relationship officer.

  1. Memberikan solusi kepada nasabah
  2. Menjaga hubungan baik dengan nasabah
  3. Membantu divisi sales dan marketing
  4. Membuat analisa potensi dasar
  5. Mengenalkan produk kepada nasabah
  6. Memenuhi setiap target yang ditetapkan
  7. Melakukan analisa risiko kredit
  8. Memahami produk bank
  9. Public speaking dengan nasabah

Nah itulah beberapa tugas menjadi seorang relationship officer. Meskipun tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan tidak mudah, tetapi hal ini akan sebanding dengan pengalaman yang akan Anda dapatkan nantinya. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda.

Sumber:

https://karir.bca.co.id/marketeers/relationship-officer

https://ajaib.co.id/ pengertian-relationship-officer-dan-tanggung-jawabnya

3 Keuntungan Menjadi Relationship Officer di Bank

https://maskris.co.id/yuk-kenali-tugas-relationship-officer-sebelum-melamar-kerja

1 thought on “Kenalan Lebih Dekat dengan Profesi Relationship Officer Bank”

Leave a Reply

Your email address will not be published.