Lifestyle

Ketahui Fungsi Winch dan Jenis-Jenisnya, Pernah Melihatnya?

Pekerjaan di perkapalan memang tidaklah semudah seperti di bayangan. Dan dalam proses kerjanya tentu akan membutuhkan sebuah alat bantu sehingga pekerjaan bisa selesai lebih cepat. Salah satu alat yang akan kamu temukan tersebut adalah Winch. Kamu mungkin sudah pernah melihatnya tetapi tidak mengetahui apa sebenarnya fungsi utamanya bukan. 

Menarik sebuah barang terutama dalam ukuran besar memang tidaklah semudah di pikiran terutama di Kawasan perkapalan. Nah, dengan kehadiran alat bernama Winch itulah proses penarikan beban secara horizontal bisa dilakukan dengan mudah. Ini sangat cocok diaplikasikan apabila kamu ingin menarik beban ke arah samping. 

Pengertian Winch dan Penggunaannya 

Di era modern seperti sekarang memang sudah ada berbagai macam teknologi canggih yang mampu memberikan kemudahan bagi seseorang dalam menyelesaikan pekerjaan. Termasuk sebuah tools dimana dapat dimanfaatkan buat menarik beban dari arah samping seperti winch. 

Ini merupakan sebuah alat di deck kapal dimana mempunyai fungsi buat menarik ataupun mengulur beban berat yang tidak dapat dilakukan hanya dengan menggunakan tenaga manusia ataupun cara manual. Jika diartikan secara umum, maka kehadiran dikenal dengan sebutan derek. 

Penerapannya bukan hanya bisa ditemukan pada kapal-kapal besar saja tetapi sangat luas hingga kapal kecil juga. Sedangkan cara kerja dari alat inipun akan menggunakan sumber tenaga arus listrik dimana beroperasi dengan motor. Secara umum, derek ini dibedakan menjadi dua jenis yakni electric winch horizontal dan vertical 

  1. Bentuk Horizontal 

Untuk bentuk ini sendiri mempunyai tampilan memanjang dengan adanya letak panel box pada salah satu sisi gear housing drum. Kecepatannya cukup lambat sehingga sangat cocok digunakan oleh pemula dan dapat meminimalisir adanya kesalahan dalam penggunaannya. 

  1. Bentuk Vertikal 

Ini mempunyai bentuk menurun dimana kamu akan menemukan letak drum dibawah gigi reduksi serta diatasnya terdapat motor. Dibandingkan dengan sebelumnya, kecepatan dari tipe ini pun cukup tinggi sehingga hanya dapat digunakan oleh pengguna professional. Biasanya kecepatan ekstrim dapat diperoleh apabila melakukan modifikasi casingnya. 

Jenis-jenis Winch 

Jika kamu ingin menggunakan alat satu ini buat proses pengangkatan maka wajib mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Hal itu sangat penting karena setiap jenis kemungkinan besar mempunyai fungsi berbeda-beda. Nah, daripada takut salah dalam memilih, berikut beberapa jenis yang ditawarkan. 

  1. Electric 

Ini adalah winch dimana memanfaatkan motor listrik sebagai tenaga penggerak utamanya dengan memanfaatkan kopling, roda cacing hingga pemindah roda gigi sehingga dapat berputar dan berfungsi dengan semestinya. Keuntungan menggunakan tipe electric ini adalah konstruksinya lebih simple, terjangkau hingga perawatan sekaligus perbaikannya lebih mudah.

  1. Hydraulic 

Selain terdapat electric, adapula winch tipe hydraulic dimana menggunakan fluida jenis oli sebagai tenaga buat menggerakannya dibantu oleh pompa. Untuk tipe diatas ternyata masih jarang digunakan di Indonesia. Padahal dilihat dari fungsinya sebenarnya mempunyai potensi lebih menarik sekaligus unggul. Keunggulan paling terlihat adalah tidak membutuhkan arus listrik. 

  1. Cargo 

Sesuai dengan Namanya, tipe diatas digunakan buat mengangkat sekaligus menurunkan barang dan mengulur tali tross. Fungsinya lebih banyak digunakan pada kapal perikanan modern seperti alat bantu buat menangkap ikan. 

  1. Power Take Off 

Jenis terakhir adalah power take off yang akan digerakkan menggunakan tenaga mesin. Tenaga itulah disalurkan melalui kopel yang akan keluar dari output. Biasanya hanya dapat diterapkan pada kendaraan dengan transfer case output khusus. Jika anda ingin mencari alat bantu satu ini maka sebaiknya tidak boleh sembarangan dalam memilihnya. Pastikan kunjungi asmarines.com sebagai penyedia Winch terpercaya sekaligus berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.