Islam Inspiration

Berikut Keutamaan Al Fatihah Beserta Artinya

bismillahirrahmanirrahim,

Surat Al-Fatihah ialah surat pertama di dalam Al Quran dengan segala keistimewaannya yang terkandung di dalam isinya. Surat Al-Fatihah terdiri dari 7 ayat dan termasuk kedalam surat Makkiyah dikarenakan diturunkan di kota Mekkah.

Kata “Al-Fatihah” sendiri pada bahasa arab memiliki makna pembukaan. Sesuai dengan artinya, Al-Fatihah adalah sebagai surat pertama di dalam Al Quran. Selain itu Al-Fatihah juga dikenal sebagai Ummul Quran yang berarti induk Al Quran atau surat yang didahulukan dari surat lainnya.

Membaca Al-Fatihah juga menjadi rukun wajib ketika seorang muslim mendirikan sholat, sebab Rasulullah SAW pernah bersabda dalam hadits yang diriwayatkan Muslim berbunyi “Tidak sah sholatnya orang yang tak membaca Surah Al-Fatihah,” (H.R. Muslim). 

Surat Al-Fatihah Beserta Artinya

Kandungan dari Al-Fatihah mencakup beberapa hal seperti aqidah, ibadah, syariah, dan mengesankan Allah SWT. Adapun bacaan latin dari 7 ayat surat Al-Fatihah beserta artinya sebagai berikut :

Bismillaahir Rahmaanir Rahiim

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

Alhamdu lillaahi Rabbil ‘aalamiin

Artinya :”Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Ar-Rahmaanir-Rahiim

Artinya :”Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

Maaliki Yaumiddiin

Artinya:”Yang menguasai Hari Pembalasan.”

Iyyaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin

Artinya:”Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.”

Ihdinas-Siraatal-Mustaqiim

Artinya:”Tunjukilah kami jalan yang lurus.”

Siraatal-ladziina an’amta ‘alaihim ghayril-maghduubi ‘alaihim wa lad-daaalliin

Artinya:”(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

Keutamaan Al-Fatihah

Surat Al-Fatihah memiliki banyak kali sebutan diantaranya Fatihatul Kitab (pembuka kitab), Ummul Kitab (ibu kitab), Ummul Quran (ibu dari AL Quran), dan As Sab’ul Matsani  (tujuh yang diulangi).

Ditelisik dari banyaknya sebutan bagi surat Al-Fatihah ini, ada banyak keutamaan dan keistimewaan yang terdapat di dalamnya diantaranya sebagai berikut:

1. Syarat Sah Sholat

Surat Al-Fatihah adalah satu-satunya surat yang tidak dapat terlepas dari sholat, hal ini dikarenakan surat ini menjadi salah satu rukun sholat. Tidaklah sah sholat seorang muslim atau diterima apabila tidak membaca surat Al-Fatihah.

Seperti  bersesuaian dengan sabda Nabi Muhammad SAW pada hadits yang diriwayatkan Muslim dan Abu Awanah yang berbunyi :

“Barangsiapa mengerjakan shalat tanpa membaca surat Al-Fatihah dalam shalatnya, maka shalatnya kurang dan tidak sempurna.” (HR. Muslim dan Abu Awanah)

2. Khusus Diturunkan pada Al Quran

Keistimewaan dari surat Al-Fatihah selanjutnya adalah menjadi satu satunya surat yang hanya diturunkan pada Al Quran dan tidak pernah ada pada kitab lainnya.

Seperti sabda Rasulullah SAW pada hadits yang diriwayatkan Tirmidzi yang berbunyi :

“Allah tidak pernah menurunkan dalam Taurat, Injil, dan Zabur surat seperti AI-Fatihah. AI-Fatihah adalah as-Sab’ul Matsani (tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang), dan Alquran al-Azhim (agung) yang diturunkan kepadaku.” (HR. Tirmidzi)

3. Surat Paling Utama

Sebagai pembuka dari Al Quran, surat Al-Fatihah menjadi surat utama dan baik, hal ini tercantum pada hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Tirmidzi berbunyi :

“Alhamdulillahi rabbil ‘alamin (Al-Fatihah) adalah Ummul-Qur’an, Ummul-Kitab, as-Sab’ul Matsani, al-Qur’an al-‘Azhim, ash-Shalat, asy-Syifa, dan ar-Ruqyah.” (HR. Tirmidzi)

4. Sebagai Obat

 Surat Al-Fatihah juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit. Ditelisik dari salah satu surat di dalam Al Quran yaitu surat Al-Israak ayat 82, Allah SWT telah menyatakan bahwasanya Al Quran diturunkan kepada umat manusia yang didalamnya terdapat berbagai macam obat untuk segala penyakit. Bunyi dari Al-Israak ayat 82 adalah sebagai berikut :

“Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (Al Israak 82).

5. Untuk Ruqyah

Keutamaan terakhir yang akan dibahas disini adalah sebagai bacaan ruqyah. Ruqyah sendiri adalah salah satu metode dalam ajaran agama islam untuk mengeluarkan jin atau setan pada manusia.

Hal ini dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, saat seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW. “Wahai Rasulullah, aku tidaklah meruqyah kecuali dengan membaca surat Al-Fatihah.” Rasulullah SAW lantas tersenyum dan berkata, “Bagaimana engkau bisa tahu Al-Fatihah adalah ruqyah (bisa digunakan untuk meruqyah)?” Beliau pun bersabda, “Ambil kambing tersebut dari mereka dan potongkan untukku sebagiannya bersama kalian.”

Itulah sedikit penjelasan artikel yang bereferensi dari Indozone mengenai bacaan, arti, dan keutamaan surat Al-Fatihah. Semoga bermanfaat. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published.