Kolaborasi Gramedia dan Cashlez Bikin Belanja di Gramedia Bebas Antri

bismillahirrahmanirrahim, 

Dari kecil hingga sekarang berada di toko buku itu selalu membuat aku betah. Meski kini sudah jadi tukang main, tetap saja saat mood lagi enggak karuan aku akan memilih kabur ke toko buku, tenggelam di antara rak-rak buku.

Gramedia Matraman, masih menjadi tempat favorit aku untuk me time. Bukan saja karena toko buku ini yang terbesar dan enggak terlalu jauh dari rumah, tapi ditambah kantor sahabat aku berada tak jauh dari gedung ini, bikin aku semakin betah berburu buku di Gramedia Matraman.

Meski sekarang sudah banyak kemudahan untuk belanja online, untuk buku aku masih lebih senang datang ke toko buku. Biasanya aku datang tanpa list mau buku apa, tapi cukup dengan berkeliling di antara rak buku, memilah-milah buku yang cover-nya menarik dilanjut dengan membaca sinopsisnya.

Tapi ada satu hal yang paling aku enggak suka dengan belanja buku konvensional. Antrian kasirnya! Kalau lagi ramai, lihat antrian kasir itu bisa bikin mood yang sudah membaik mendadak ambyar. Apalagi kalau sudah mengantri terus ada yang tiba-tiba menyelak. Duh, itu tuh bikin aku ingin ngamuk rasanya. Mana kasir di Gramedia itu seringkali cuma ada ada beberapa, enggak banyak.

Tapi itu masalah kemarin-kemarin. Karena sekarang ada kabar bahagia dari Gramedia untuk solusi kasir ini. Mau tahu apa solusinya? Yuk, lanjutkan baca tulisan ini.

Selamat Tinggal Mengantri Kasir Berkat Kolaborasi Gramedia dan Cashlez

Thanks to technology, banyak hal-hal yang tadinya dirasa ribet jadi lebih praktis. Termasuk soal urusan pembayaran buku dan alat-alat tulis di Gramedia.

Selasa, 19 November 2019, bertempat di Cofi Juki, Gramedia Matraman, aku menghandiri peresmian kolaborasi antara Gramedia dan Cashlez. Cashlez, perusahaan fintech aggregator pembayaran terpercaya di Indonesia ini kini berkolaborasi dengan Gramedia, toko buku terbesar di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, pelanggan Gramedia akan dimanjakan dengan kemudahan transaksi secara langsung dengan cepat dan aman menggunakan kartu debit, kartu kredit, dan sistem pembayaran QR seperti OVO, Go-Pay, LinkAja, melalui POS Mobile. Kolaborasi ini diresmikan langsung oleh Teddy Tee, CEO Cashlez, serta Herman Kristanti Masman, Finance Director PT Gramedia Asri Media.

POS Mobile ini merupakan layanan terbaru dari Gramdia untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran. Berkat POS Mobile ini, pelanggan enggak perlu lagi mencari tempat kasir dan mengantri untuk membayar. Ada beberapa staf Gramedia yang sudah dilengkapi dengan CashlezOne, alat untuk melakukan pembayaran langsung di tempat, yang akan sigap menghampiri pelanggan, menawarkan langsung membayar di tempat.

Kolaborasi Cashlez dan Gramedia ini terjalin karena keduanya memiliki visi sama-sama mengedepankan kepuasan pelanggan. Tentunya dengan adanya kolaboarsi ini, kita, para pelangganlah yang paling diuntungkan. Aku jadi enggak perlu manyun lagi mengantri di kasir.

Sekarang ini, POS Mobile sudah tersedia di 27 toko Gramedia. Secara bertahap nantinya akan ada di 119 tok Gramedia yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagaimana cara membacanya cashless, tentunya pembayaran yang bisa dilakukan menggunakan POS Mobile ini adalah pembayaran non tunai, seperti menggunakan kartu kredit, kartu debit, LinkAja, serta QR payment seperti Ovo dan GoPay. Praktis banget bukan?

Pengalaman Bertransaksi Menggunakan POS Mobile di Gramedia Matraman

Usai menghadiri peluncuran kolaborasi Gramedia dan Cashlez, aku pun menghampiri rak buku. Kemarin enggak jauh-jauh sih, aku hanya jalan-jalan di rak yang berada di lantai 2, dekat dengan lokasi Cofi Juki.

Kali ini hati aku tertambat pada buku Me Photo Travel dari IW.WM. Tapi aku nelangsa karena lokasi kasir cukup jauh. Hahaha iya aku lagi manja kemarin itu. Kaki masih pegel efek turun ke Curug Cimahi, tapi mau buku baru biar semangat berkarya.

Happy banget aku ketika ternyata POS Mobile ini sudah beroperasi di Gramedia Matraman. Mbak yang cantik dan baik hati menghampiri aku menawarkan bertransaksi langsung di tempat. Awalnya aku ragu, karena aku maunya bayar pakai voucher (juragan voucher beraksi). Tapi ternyata pembayaran menggunakan voucher juga berlaku di POS Mobile ini. Uhlalaaa…. nikmat sekali.

Jadi gimana cara bertansaksi dengan POS Mobile ini? Caranya sih gampang banget. Sama saja seperti biasa kita bertransaksi di meja kasir. Staff Gramedia akan menanyakan dulu apakah kita punya member MyValue. Kalau punya, kita diminta menyebutkan nomor handphone yang terdaftar untuk MyValue kita. Ini penting nih bagi pengumpul poin seperti aku, tiap transaksi wajib mengumpulkan poin.

Setelah memastikan data MyValue kita, staff Gramedia tersebut akan meminta buku atau barang lainnya yang ingin dibayar untuk di scan dan ditotal belanjaan kita. Sudah tahu total biaya belanjaa, tinggal memastikan mau bayar pakai apa. Ingat, non tunai ya. Karena aku pakai voucher, jadi satu persatu lembaran voucher di scan sebagai bentuk transaksi. Sama saja dengan saat di meja kasir kan ya?

Transaksi berhasil. Mbak cantik menanyakan mau pakai plastik atau tidak. Sebisa mungkin aku sedang belajar untuk membawa tas belanja sendiri kalau ke Gramedia (mohon maaf, ke tempat lain masih suka lupa), jadi aku menolak kantong plastik.

Puas berbelanja, saatnya untuk pulang dan menikmati buku. I will be back soon sih pastinya. Masih punya voucher untuk belanja lagi. ahahahaha.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *