Kue Lidah Kucing dan Tips Pembuatannya untuk Hasil yang Sempurna

Bismillahirohmanirohim,

Ada banyak pilihan kue tradisional khas Indonesia yang rasanya tak kalah dibandingkan dengan produk kue dari luar negeri. Salah satunya adalah kue lidah kucing. Lidah kucing merupakan nama yang diberikan pada kue dengan bentuk pipih dan juga renyah, sajian yang satu ini tak kalah populer dengan nastar, wajib menjadi hidangan di atas meja ketika lebaran tiba. Namun jangan salah karena bukan hanya di hari lebaran Anda bisa menemukan sajian nikmat yang satu ini, melainkan juga di hari-hari biasa. Mengingat cukup banyak yang menjualnya di pasaran dengan harga terjangkau.

 Sehingga untuk Anda yang kangen merasakannya bukan hal yang sulit mendapatkannya di situs belanja online . Apalagi belakangan kue yang satu ini juga dibuat dengan berbagai varian rasa nikmat, sehingga selain renyah juga tawarkan taste yang berbeda. Sebenarnya khusus untuk kue semacam ini, selain dengan membelinya di pasaran, maka konsumen juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Ada banyak keuntungan dengan membuatnya sendiri, diantaranya adalah jaminan nilai kesehatan, kemudian dari segi rasa juga dapat disesuaikan dengan selera, hingga untuk harganya lebih ekonomis.

Hanya bermodalkan beberapa puluh ribu rupiah untuk pembelian bahan, maka bisa menghasilkan kue hingga ratusan jumlahnya, untuk santapan keluarga di saat bersantai. Sebenarnya cara membuat kue lidah kucing ini terbilang sangat mudah, hanya saja terkadang beberapa orang tak bisa mendapatkan rasa yang benar-benar sempurna. Untuk itu maka berikut ini sedikit tips dalam membuat kue renyah tersebut, diantaranya adalah: 

  1. Perhatikan takaran bahan secara tepat, salah satu hal yang sangat mempengaruhi nantinya hasil kue bisa benar-benar renyah atau tidak adalah dari takaran bahan, setiap komposisi harus diperhatikan takarannya secara tepat, sehingga menghasilkan kue yang sempurna. Untuk itu ketika ingin membuat dan melihat resepnya, hendaknya tirulah resep dari situs ataupun buku panduan yang terpercaya, sehingga hasilnya bisa pas.
  2. Perhatikan suhu ketika memanggang kue yang satu ini, ternyata untuk dapatkan hasil yang renyah sempurna, salah satu faktor penting yang mempengaruhinya adalah suhu panggangan atau oven yang digunakan, ketik suhunya sudah terlalu panas justru hasil kue menjadi tidak bagus. Untuk itu gunakan suhu yang rendah saja, sehingga hasil bisa, lebih sempurna.
  3. Kualitas bahan juga sangat mempengaruhi rasa kue. Hal penting yang wajib dipertimbangkan adalah merk tepung yang digunakan, umumnya dalam pembuatan jenis kue kering adalah menggunakan tepung protein rendah, dengan demikian nantinya kue yang dihasilkan juga jadi jauh lebih garing atau renyah. Perhatikan juga merk dari tepung tersebut, jangan asal pilih karena tidak semuanya tawarkan aroma dan juga rasa nikmat.
  4. Pastikan untuk mengoleskan margarin kedalam loyang sebelum nantinya kue akan dipanggang, ada kalanya ketika kue sudah matang tak bisa diangkat dari loyang, karena lengket, sehingga hasilnya cacat. Hal ini bisa diatasi kuncinya adalah dengan mengoleskan minyak atau margarin ke permukaan loyang sebelum dipakai untuk memanggang kue, sehingga kue akan lebih mudah diangkat.
  5. Untuk mengangkat kue tersebut agar nantinya semua bagian tercungkil rata, maka gunakan alat pencungkil kue khusus yang bentuknya pipih, lebih mudah dipakai untuk mengangkat kue dalam kondisi yang panas.

Setidaknya itulah beberapa tips penting yang harus diperhatikan ketika ingin membuat kue lidah kucing agar hasilnya lebih sempurna dan juga nikmat, ingin beli jadi juga banyak dijual di pasaran.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *