Kumpul Blogger BPK, Dari Pengumuman Pemenang Lomba Hingga Ilmu Ngeblog

Bismillahirohmanirohim,

Kumpul Blogger BPK. Ketika aku mendapat undangan dari Blogger Jakarta untuk hadir di acara di BPK ini, kamis 15 Maret 2018 lalu, aku benar-benar sumringah. Kenapa? Pertama, karena aku merasa keren aja rasanya diundang sebuah lembaga negara untuk kumpul-kumpul blogger. Itu kan artinya peran blogger semakin dihargai.

Alasan kedua karena meski acara ini dalam rangka pengumuman lomba blog BPK Kawal Harta Negara, tapi ada talk show yang menurut aku keren banget. Ada 3 pembicara, 2 diantaranya kebetulan idola aku. Silakanlah tebak sendiri yang mana.

Jadi, jangan heran kalau meski acara baru dimulai jam 10.30 tapi aku sudah duduk manis di dalam gedung Auditorium BPK sejak 9.30. I’m so excited!

Blogger Kawal Harta Negara

Aku agak ketinggalan informasi lomba blog BPK Kawal Harta Negara ini. Jadi ketika acara belum dimulai dan diputar sebuah film pendek tentang peran masyarakat mengadukan perihal ada harta negara yang diselewengkan aku jadi baru tahu peran BPK ini.

Dari jaman sekolah aku hanya sebatas tahu kalau BPK memiliki peranan untuk memeriksa keuangan negara, sesuai dengan kepanjangannya, Badan Pemeriksa Keuangan. Dan karena adanya KPK ini, aku sempat agak rancu antara peran BPK dan KPK. Tapi lewat film pendek yang kemarin aku tonton, aku jadi tahu bagaimana mekasinsme kerja BPK.

BPK bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan.

Hasil pemeriksaan BPK RI diserahkan ke DPR, DPD, DPRD, dan Pemerintah.

Hasil pemeriksaan yang berindikasi tindak pidana dilaporkan kepada instansi yang berwenang yaitu: Kepolisian, Kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Menjelang pukul 11.00 acara pun resmi dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa, laporan kegiatan oleh Sekertaris Jendral BPK RI, Bapak Hendar Ristriawan, pidato penyambutan oleh Ketua BPK RI, Bapak Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, serta disusul oleh pemukulan gong tanda acara hari ini resmi dibuka.

Setelah gong dibunyikan, tibalah saat yang paling deg-degan buat teman-teman blogger yang mengikuti lomba blog BPK Kawal Harta Negara ini. Aku yang enggak ikutan saja  ikut merasa berdebar-debar loh.

Dan inilah nama-nama pemenang lomba blog BPK Kawal Harta Negara:

Juara 1

Alexander Arie Sanata Dharma

Juara 2

Yesi Hendriani Supartoyo

Juara 3

Lalu Alfian Rifa’i

Juara Favorit 1

Lalu Alfian Rifa’i

Juara Favorit 2

Bayu Satria Utama

Juara Favori 3

Saiful Rijal Yunus

Tepuk tangan dulu yuk. Selamat buat semua pemenang. Kalian memang keren-keren. Oh iya, jangan pada bingung saat membaca nama juara ketiga dan juara favorit 1. Aku enggak salah ketik nama, dan bukan kebetulan bernama sama. Keduanya dimenangkan oleh orang yang sama.

Ada sedikit tips dari salah satu dewan juri tentang penilaian dalam lomba blog. Wah, ini ilmu penting buat yang suka ikut lomba blog seperti aku. Simak sejenak yuk:

  1. Konten yang baik, menarik, sesuai tema
  2. Kreativitas menjadi nilai lebih, seperti Lalu Alfian Rifai’i yang membuat komik sendiri
  3. Effort juga menjadi nilai lebih. Contohnya ada yang sengaja mengunjungi museum BPK sebagai bahan lomba.  Padahal belum banyak yang tahu kalau BPK punya museum.

Talkshow BPK Kumpul Blogger

Usai makan siang, tibalah acara yang menurut aku maha penting. Talkshow dengan 3 narasumber dan materi yang sangat menarik, khususnya bagi para blogger. Sayangnya materi yang disampaikan agak terburu-buru dan kami tak diberi bahan materinya. Jadi terpaksalah aku merangkum di tulisan ini senangkepnya aku saja ya.

Tips Menjadi Blogger, Dari Gagasan Menjadi Tulisan

Di awal aku sudah bilang bukan, kalau 2 dari 3 pembicara hari ini adalah idola aku. Nah Farchan Noor Rachman inilah salah satunya. Terus terang yang membuat aku membangun jati diri sebagai seorang blogger seperti sekarang ini setelah membaca beberapa blog tulisan dia. Jadi apa saja tips dari Mas Farchan soal menjadi blogger?

  • Tentukan nice. Nice ini penting banget, karena inilah yang akan menentukan kita ingin dikenal sebagai blogger apa.
  • Gali ide sebanyak-banyaknya. Karena semua bermula dari ide. Tapi pastikan kalau ide kita orisinil.
  • Cari referensi untuk memperkaya bahan tulisan kita. Tapi ingat, jangan lupa mencantumkan sumbernya.
  • Teruslah menulis hingga selesai. Jangan berhenti untuk mengedit.
  • Proses editing baru dilakukan setelah tulisan jadi. Endapkan dulu bebera jam, atau hari sebelum mulai mengedit. Pastikan tulisan kita tidak melanggar UU ITE.

Personal Branding dengan Media Sosial dan Blog

Aulia Halimatussaidah atau selama ini lebih dikenal dengan nama Ollie pernah aku temui di acara NulisBuku beberapa waktu lalu. Semenjak pertemuan itu aku jadi mulai mengidolakan dia. Cara dia membangun personal branding memang tak perlu diragukan lagi. Tak heran kalau siang itu dia membawakan materi ini.

Ini rangkumannya ya:

  • Kenali diri kita terlebih dahulu sebelum membuat personal branding. Apa kekuatan kita, nilai yang kita yakini, passion kita, dan jangan lupa tanyakan pada teman-teman kita, bagaimana kita dimana mereka.
  • Ketika membangun personal branding, kita harus lebih dulu percaya dengan personal branding kita, sebelum meyakini orang lain.
  • Saat menggunakan media sosial untuk membangun personal branding, pasang picture profil yang sama di semua media sosial. Ini berguna untuk membuat orang mengenali kita.
  • Namun untuk isi media sosial justru harus berbeda.

Cara Menghasilkan Uang dengan Menjadi Influencer di Blog

Sekarang ini monetize blog bukanlah hal yang asing lagi. Tak sedikit orang (anggap saja termasuk aku) menulis blog agar mendapatkan penghasilan. Masalahnya enggak semua mengerti bagaimana caranya. Nah Dimas Novriandi berbagi tipsnya.

  • Nice. Lagi-lagi nice memiliki peran penting. Hal ini bertujuan agar kita bisa fokus pada isi blog kita. Biar enggak berantakan, kaya isi hati aku isi blog aku ini.
  • Tak usah takut untuk memiliki beberapa blog. Justru ini penting agar kita bisa fokus pada nice.
  • Promosikan blog kita di media sosial. Tentunya blog kita harus diken
  • Jual diri dengan media kit. Media kit ini berisi profil dan rate card kita.

Kurang lebih itu ilmu-ilmu yang aku dapatkan dari acara Kumpul Blogger BPK kamis lalu. Alhamdulillah banyak ilmu baru lagi. Semoga ke depannya aku, dan kalian yang membaca bisa lebih maju lagi di dunia blogger. aamiin.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

3 Comments

  1. kereeennnn,, aku pengen ikut.bunda dian ravi hebat ya bisa di undang. tulisannya jg bermanfaat. okeh yg aku ambil dr ilmu di atas adalah, nice blog, personal branding, editing, refrensi sumber, gali ide, kreatif ga nangung2. ga jauh jauh ya saran dari sang mastah belajar lagi belajari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *