naik kereta api ke jawa timur
Lifestyle

Liburan Naik Kereta Api ke Kota-Kota Cantik di Jawa Timur Yuk

bismillahirrahmanirrahim

Liburan naik kereta api adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati kota-kota di Jawa Timur berikut ini. Alasan utama selain bebas macet adalah karena jangkauan kereta api yang luas dan membuat perjalananmu cukup dengan sekali naik kereta untuk tiba di kota-kota cantik ini. Senangnya lagi, karena tiket kereta api harganya cukup terjangkau, liburan ke kota-kota menarik ini pun jadi lebih hemat. Kamu bisa cek dengan mudah melalui website dan aplikasi secara online.

Hampir semua kota di Jawa Timur dilewati oleh kereta api. Tapi kalau kamu kepengen liburan ke tempat seru lainnya, beberapa kota berikut ini bisa jadi pilihan.

Surabaya

naik kereta api ke jawa timur

sumber:dailywuz.com / pecel semanggi

Ibukota Provinsi Jawa Timur ini tidak hanya memiliki gedung bertingkat yang tersebar di seluruh penjuru kota. Namun juga punya taman-taman sejuk yang cantik, pantai yang sekarang tertata rapi di kawasan Kenjeran, hutan mangrove di kawasan timur Surabaya dan juga wisata religi seperti Makam Sunan Ampel.

Satu hal yang nggak boleh kamu lewatkan dari Surabaya adalah berburu wisata kulinernya. Pada pagi hari, carilah pecel semanggi yang cuma ada di Surabaya. Siang harinya kamu bisa menyantap bebek ala Surabaya yang dilengkapi dengan kuah kuning yang gurih. Dan waktu tengah malam, ada rawon setan, bali Pengampon, nasi sambal Wonokromo dan banyak pilihan lain yang dijamin lezat.

Malang

naik kerata api jawa timur

sumber:photo.sindonews.com

Sebagai salah satu stasiun pemberhentian kereta api terbesar di Jawa Timur, Malang wajib untuk dikunjungi kalau kamu liburan naik kereta. Banyak pilihan tempat wisata di kota dingin ini, mulai dari yang dekat stasiun seperti Kampung Warna-Warni dan Kampung Tridi, hingga wisata alam di pantai selatan dengan banyak pantai yang bisa kamu pilih.

Malang juga memiliki wisata gunung, dengan pilihan bermain di kaki gunungnya yang sejuk seperti kawasan Hutan Pinus Wajak, atau santai menikmati senja di Gubuk Klakah Poncokusumo. Atau, melanjutkan perjalanan dengan mendaki ke Semeru, Bromo, Arjuno atau Welirang.

Kalau mengajak keluarga, liburan wajibnya adalah menikmati berbagai themepark di Batu. Ada Jatim Park 1, 2 dan 3 yang seru. Wisata Taman Gunung Banyak, berbagai destinasi wisata air terjun dan pemandian air panas. Semua bisa kamu dapatkan dengan sekali perjalanan menuju kota Malang.

Banyuwangi

naik kerata api jawa timur

sumber:bbksdajatim.org

Indahnya Banyuwangi sudah diakui dunia. Mulai dari kebudayaan yang masih terjaga hingga sekarang, sampai cantiknya alam Banyuwangi yang lengkap mulai dari megahnya Gunung Ijen dengan kawahnya yang mengagumkan, hingga ombak tinggi menjulang yang selalu jadi jujugan para peselancar dari seluruh dunia untuk membuktikan kepiawaian mereka menaklukkan ombak.

Banyuwangi juga memiliki hutan-hutan lindung yang amat cantik. Seperti Hutan Blauran yang punya hutan tropis, padang savana dan juga pantai sekaligus.

Jember

naik kerata api jawa timur

sumber:rekreasialam.co.id

Kota cantik ini dikenal dengan aneka varian kopi dan coklat yang lezat dari perkebunannya. Selain itu, Jember juga punya banyak pantai cantik yang nggak boleh kamu lewatkan.

Berbagai pantai indah di Jember berjarak tak jauh dari pusat kota. Cukup dengan beli tiket kereta api ke Jember, lalu lanjutkan liburanmu ke kawasan selatan kota ini, dan pantai-pantai berpasir cantik dan berombak besar akan menyambut liburanmu di sana.

Kota-kota lain di Jawa Timur sebenarnya juga nggak kalah cantiknya, dan sebagian besar terjangkau oleh kereta api. Sebelum membeli tiket kereta, tentukan dulu liburan seperti apa yang kamu inginkan kali ini. Beberapa opsi kota di atas tentu bisa memberi sedikit gambaran sebelum kamu menentukan pilihan.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

You may also like...

1 Comment

  1. Mbaaa.. Bromo bukan Malang deh, tapi Probolinggo hehehe..

    Saya sudah 18 tahun di Jatim, tapi belum pernah ke Banyuwangi dan Jember, kayaknya harus ke sana deh 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *