Aku Mewujudkan Mimpiku Melalui Blog Top Level Domain

Bismillahirohmanirohim,

Today is a perfect day to start living your dreams

Mimpiku perlahan mulai menjadi nyata ketika aku memutuskan untuk membuat DianRavi.com. Iya, memiliki sebuah blog berakhiran dot kom dengan nama sendiri memang salah satu mimpiku semenjak kenal dengan dunia blogging di 2009 lalu. Tapi terwujudnya mimpiku tidak berhenti sampai di situ saja. Dengan mulai serius menulis di DianRavi.com ini satu persatu mimpi yang selama ini aku kira hanya sebatas mimpi mulai terwujud satu persatu.

baca juga: 4 Langkah Untuk Membuat Self Hosted WordPress

Terus terang, aku enggak pernah menduga sebelumnya kalau dengan memiliki domain ini akan menjadi pintu gerbang untuk meraih mimpi-mimpi aku yang lainnya. Lewat blog berakhiran dot kom ini, aku jadi memiliki kesempatan untuk menghasilkan pundi-pundi receh lewat tulisan. Lewat blog ini pula aku di undang ke beberapa event untuk meliput. Event yang diselenggarakan oleh JNE satu tahun menjadi acara pertama yang aku hadiri sebagai blogger. Rasanya cita-citaku dulu menjadi wartawan seolah bisa terpenuhi. Dan yang akan segera aku jalani dalam waktu dekat ini, lewat blog berakhiran dot kom ini pula, insya Allah aku bakal liburan gratis.

baca juga: Local Heroes Go International, JNE Media & Blogger Gathering 2016

Keuntungan Memiliki Blog Top Level Domain

Jadi kalau ada yang bertanya sama aku, apa keuntungan dari memiliki top level domain? Jawabannya adalah banyak. Eh enggak membantu banget ya itu jawabannya. Ehehe… Lewat tulisan untuk #ODOP14 ini aku ingin berbagi cerita soal manfaat pindah ke top level blogging. Siapa tahu yang masih galau maju mundur untuk pindah bisa makin mantep memutuskan kepindahannya, untuk yang belum kepikiran untuk beli domain jadi mulai bisa mikirin beli domain.

Apa saja manfaat dari Top Level Domain (TLD) yuk mari disimak listnya:

1. Mudah diingat dan memberikan kesan profesional

Silakan membandingkan antara mengingat DianRavi.com dengan DianRavi.wodpress.com. Sudah tentu lebih enak menyebut DianRavi.com bukan? Selain jadi lebih singkat, enggak perlu ngingat-ngingat lagi blog gratisannya pakai apa ya, WordPress kah? Blogspot kah? Atau jangan-jangan pakai tumblr?

Selain jadi lebih mudah diingat, menggunakan blog TLD itu juga memberikan kesan profesional. Kita akan lebih dianggap serius saat meng-apply kerjaan yang berhubungan dengan blog.

2. Kesempatan mendapatkan job review

Meskipun awal tujuan kita membuat blog adalah karena suka menulis, tapi masa sih enggak ingin bisa menambah pundi-pundi receh dari tulisan? Aku sih mau banget. Sekarang ini blog menjadi sumber penghasilan aku untuk tambahan uang jajan dan tabungan liburan.

3. Mengumpulkan goodie bags dan hadiah door prize

Blogger goodie bags, begitu kadang teman-teman sesama blogger bercanda. Tak jarang ketika kita diundang untuk event blogger, kita akan pulang dengan goodie bags. Memang sih goodie bags bukan tujuan utama kami sebenarnya. Tapi lumayan juga loh. Modem MIPI yang aku gunakanan untuk berinternet saat di luar rumah adalah hasil dari goodie bag sebuah acara blog yang aku datangi.

Nah selain goodie bags, ada juga bonus door prize. Untung-untungan memang. Tapi aku pun pernah membawa pulang ponsel dan panci pasta. Asik bukan?

4. Paksaan untuk rajin menulis

Sudah bayar domain, masa blognya enggak diisi sih? Sayang banget. Mau enggak mau pasti kita jadi kepikiran untuk sesering mungkin untuk mengisi blog. Apalagi dengan adanya kerjaan job review, kan mau enggak mau juga kita jadi nulis. Biar invoice cepat cair!

5. Pundi-pundi dollar dari Adsesnse

Mau merasakan menerima dollar dari adsense? Blog TLD-lah solusinya. Aku sendiri belum mencoba sih. Meski google adsense-ku sudah diapprove sama mbah Google bulan lalu. Hanya belum utak-atik saja. Yang jelas ini bisa jadi tambahan untuk tabunga liburan aku. Atau mungkin kalau suatu saat aku berminat untuk kembali melakukan bayi tabung.

Itu dia 5 manfaat dariΒ  blog Top Level Domain. Hari dimana aku memutuskan untuk hijrah ke blog TLD ini rasanya menjadi salah satu hal yang paling aku syukuri seumur hidup aku. Aku seperti menemukan kembali mimpi-mimpi lamaku.

Nah apa lagi yang membuat kalian masih berpikir untuk pindah ke TLD? Soal harga? Jangan takut, seperti di tulisan aku sebelumnya, untuk domain dan hosting aku sampai 2019 nanti saja, alhamdulillah sudah berhasil tertutupi dari berkah ngeblog aku dalam di 2017 ini (yang bahkan masih bulan ke-10). Padahal ya, sekedar berbagi cerita, aku menggunakan paket hosting yang cukup mahal akibat kebingungan aku dulu.

Yukkkk ah, silakan berpikir ulang, mantapkan pendirian soal hijah ke TLD. Aku sudah pindah, kalian kapan?

 

22 Comments

  1. Aku sih belum pake hosting sih, baru TLD aja. Nah, dan….ya alhamdulillah juga nih kak, bisaan aja Allah kasih rezeki dari Blog, sehingga bisa nutupin biaya perpanjangan domain heheheh.

    Passion bisa terpenuhi, pun menghasilkan juga. Maka nikmat Allah mana yang terdustakan? πŸ™‚

    Semoga apa yang kita kerjakan ini berkah ya kak ^_^

  2. Punya blog yang TLD memang terlihat lebih profesional, berpeluang lebih besar mendapat job reviu dan yang penting biar kita lebih rajin posting di blog. Secara udah bayar buat beli domain, masa’ blognya dianggurin πŸ™

    • DA PA itu emang PR yang susah-susah gampang. Tapi katanya salah satu caranya dengan rajin blog walking. Jangan lupa untuk bisa titip link kita di tulisan orang. Ajak barter. Aku juga masih berjuang untuk naikin DA PA kok.

  3. Saya alhamdulillah udah punya domain top level. Ya, walaupun domainnya adalah domain .web.id hehe πŸ˜€

    Saya mulai serius lagi ngeblog sejak bulan Juli yang lalu. Salah satu cara untuk memperlihatkan bahwa saya serius adalah dengan membeli domain. Kalau udah bayar untuk beli domain, sayang kan kalau blognya nggak diisi? πŸ˜€

    Terima kasih atas sharingnya mbak

  4. Ngerrrrriiii…. Kak Dian totalitas banget. Kalau aku, nggak kuat bayar domain+hosting harga selangit.

  5. Poin penting:: paksaan nulis. Udah bayar mahal2 tapi gak diisi? Sayang kan. Apalagi kalau tidak membuahkan apa2. Hihihi. Minimal bermanfaat bagi orang lain
    Alhamdulillah mulai taon kemarin udah TDL. Tapi gencar nulis baru bulan2 ini. Khilaf yg kemarin2…hehehe

  6. Aku dong yg masih kayak roller coaster.. kadang moodnya kenceeeng, kadang selow banget. Sepertinya butuh suntikan invoice nih biar semangat lagi. Hehehe. Tfs mba.

  7. kalau aku keuntungan punya domain top level bisa di bilang keren sama kawan kampus nih..
    selain itu pnya email professional untuk kelak ketika tamat kuliah bisa melamar kerja atau buka usaha bisnis, biar di percaya orang juga

    • iya juga ya, berasa keren punya domain top level itu. Trus aku lebih bangga lagi ketika ditanya, yang bikinin siapa, aku dong!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *