Membangun Jati Diri Lewat Blog

cerita di balik blog

Assalamu alaikum…

Halo, selamat datang kembali di dianravi.com Buat yang mendadak bingung kenapa blog ini mendadak kosong, jawabannya simple banget: karena tadi malem mendadak aku mendelete aplikasi wordpress yang langsung membuat semua tulisan hilang lang lang…. Eh tenang, jangan panik, udah aku backup kok. Pelan-pelan nanti aku posting ulang semuanya.

Dan siang ini ketika kembali menginstal ulang aplikasi wordpress, mau menulis postingan pertama tiba-tiba teringat giveaway yang diadain sama Mba Uniek: Cerita di Balik Blog. Hmm, kenapa ga ini jadi posting pertama “lagi” ya. Itung-itung sambil curhat mengenalkan dibalik dianravi.com ini.

As you may already guess, nama aku Dian Ravi. Nama yang selalu aku pakai di segala macam social media. Kenal dunia blog udah entah dari tahun berapa. Mulai dari multiply, wordpress, blogspot, tumblr, dan akhirnya kembali lagi ke wordpress dengan domain sendiri. Kenapa pindah-pindah? Nah, itu pun pertanyaan yang sering aku tanya ke diri sendiri.

Jujur, awal punya blog adalah untuk pamer foto. Yang kemudian mulai berkembang untuk menulis juga berjualan. Tapi tulisannya masih lebih ke curhat (lahhh, sekarang juga masih curhat kok). Yang bikin pindah-pindah blog biasanya karenaย ngerasa “ihhh ini blog kok isinya curhat ya.” Kemudian ga lama bikin blog baru. Ada blog yang menemani aku di masa-masa ketika akhirnya aku berhenti kerja dan fokus untuk program hamil. Tapi ketika akhirnya segala macam usaha yang dilakukan masih belum membuahkan hasil, aku pun berhenti menulis di blog itu. Dan ganti haluan menjadi penulis blog traveler. Itu pun akhirnya tersendat, karena penyakit malas nulis yang akhirnya ngerasa “ihhh ini liburannya udah lewat kapan, tapi ga ditulis-tulis.” Dan sampailah di dianravi.com ini. Dari dulu pengen banget punya domain nama sendiri ini. Kan kesannya keren ya ๐Ÿ˜€

Terus blog ini buat apa? Awalnya aku ingin bikin blog traveling yang serius. Sampai bolak balik baca buku Blog Inc.-nya Joy Deangdeelert Cho dan Travel Writting nya Lonely Planet. Ceritanya pengen serius jadi blogger. Tapi begitu beli domain, menatap lama tampilan blog yang masih kosong, akhirnya pikir, aku cuma ingin menulis. Biar aja blog ini mengalir isinya sesuka aku, semoodnya aku. Blog ini adalah brand image aku. Seorang istri, pemimpi, yang suka jalan-jalan dan foto-foto.

Visi dari blog ini mungkin lebih menemukan jati diri aku. Yang belakangan jadi pertanyaan banyak orang. “Lo kerja dimana sekarang, Yan?”, “Trus lo ngapain aja?”. Karena ketika aku menjawab pertanyaan itu dengan “Lagi menikmati dunia blogging kembali,” yang ada akan dilanjut dengan komentar “Ngapain blogging? Kan ga jadi uang?” Sombong kali ya kalau aku bilang ga butuh uang, ya butuh lah…. Cuma mungkin ga sampai ngebet harus terima gajian tiap bulan. Siapa tahu, dengan rajin menulis, terbiasa menulis, akhirnya aku berani menyebut diriku seorang penulis dan punya karya-karya yang menghasilkan. Aamiin….

The secret of becoming a writer is to write, write, and keep on writing.

-Ken MccLead

Peluang dari blogging kan juga banyak. Selain jadi pinter nulis yah. Sekarang mulai mencoba rajin blog walking dan berkenalan dengan para blogger-blogger. Meski pun masih sebatas di dunia maya, tapi teman jadi tambah banyak kan?! Ide-ide untuk menulis pun rasanya jadi semakin banyak. Karena tanpa sadar saat kita blog walking, pikiran kita pun mulai mencari-cari ide tulisan.

Semoga blog ini bisa ikut mewarnai dunia per-blog-an di Indonesia. Bisa eksis terus sampai satu tahun, dua tahun, dan seterusnya. Aamiin…

Yuk, ciptakan peluangmu lewat blog!!

Giveaway Cerita di Balik Blog

dianravi

10 Comments

  1. waduh mbak Dian, aplikasi apa itu yang bisa bikin semua posting ilang..?
    jadi ngeri deh karena aku nggak ngerti mau ngapain kalau sampai ada kejadian seperti itu
    good luck buat kontesnya

    • salam kenal mba Monda ๐Ÿ™‚ ga mba, bukan salah aplikasi kok yang bikin semua posting ilang. Tapi emang akhirnya aku delete semua gara-gara dianggap intall wordpress nya ada kesalahan. Sengaja aku instal ulang. Tapi udah aku pindahin dulu postingan yang dulu-dulu di blog lama. Pelan-pelan aku pindahin.

    • Mba Pungky, hihihihi aku emang asli nya seneng banget baca buku, mba. Hampir segala macam buku suka aku lahap ๐Ÿ˜€

  2. “The secret of becoming a writer is to write, write, and keep on writing.” hmmm same like this,
    “If we want to be great, we’ve to keep training”

    Emang kalau nggak terus mencoba dan berlatih itu nggak akan bisa sukses, kebanyakan orang meremehkan latihan hanya karena ia mampu melakukan suatu hal dalam sekali. Good luck mbak giveawaynya. ๐Ÿ™‚

  3. Teruss semangaaat blogging mbaaaak. Berbagi inspirasi, bahagia dan manfaat melalui tulisaaan. Insya Allah kalau konsisten akan banyak manfaat yg dibagi dan didapaat. .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *