#MemesonaItu Memancarkan Kecantikan dalam Diri Kita

Bismillahirohmanirohim,

Waktu mendengar pertama kali kata memesona, terus terang aku merasa janggal. Selama ini yang sering aku dengar adalah kata mempesona. Namun ketika akhirnya aku membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ternyata kata yang baku justru memang memesona, bukan mempesona. Wah aku baru tahu soal ini. Kemana aja coba, padahal ngakunya anak bahasa.

pesona >> me.me.so.na

v sangat menarik perhatian; mengagumkan

– KBBI

Menarik perhatian. Mengagumkan. Aku langsung terbayang-bayang sosok Audrey Hepburn. Artis Hollywood yang banyak membintangi film di tahun 1950-an merupakan sosok #memesonaitu menurut aku. Bukan hanya kecantikannya yang membuat aku merasa Audrey Hepburn pantas  menyandang penghargaan #memesonaitu. Keramahan dan kebaikan hatinya rasanya membuat dia semakin memesona. Semua ini bisa dilihat dari pengabdiannya untuk membantu anak-anak di negara miskin yang mengantarkan Audrey Hepburn menjadi Duta Unicef.

Time Tested Beauty Tips

For attractive lips, speak words of kindness.

For lovely eyes, seek the good in people.

For a slim figure, share your food with the hungry.

For a beautiful hair, let a child ruin his or her fingers through it once a day.

For a poise, walk with a knowledge you’ll never walk alone.

People, even more than things, have to be restored, renewed, revived, reclaim, and redeemed; Never throw out anybody.

Remember, if you ever need a helping hand, you’ll find one at the end of your arm.

As you grew older, you will be discover that you have two hands, one for helping yourself, the other for helping others.

The beauty of a women is not the clothes she wears, the figure that she carries, or the way she comb her hair. The beauty of a women must be seen from her eyes, because that is the doorway to her heart, the place where love resides.

The beauty of a women is not in a facial mole, but true beauty in a women is reflected in her soul. It is the caring that she lovingly gives, the passion that she shows, and the beauty of a women with passing years only grows!

-Sam Levenson

Puisi yang berjudul Time Tested Beauty Tips karya Sam Levenson itu merupakan salah satu puisi kesukaan Audrey Hepburn. Tak heran kalau  Audrey Hepburn menjadi orang yang begitu peduli dengan sesama. Dalam puisi itu jelas sekali digambarkan kalau #memesonaitu bukan dinilai dari pakaian yang kita kenakan, atau paras yang rupawan. #Memesonaitu terpancar dari hati. Cantik dan peduli sesama. Begitu sepertinya aku akan menggambarkan #memesonaitu ala Audrey Hepburn.

Tunjukkan Inner Beauty-mu

Aku juga ingin bisa tampil memesona. Kayanya semua orang juga pasti ingin bisa terlihat memesona. Masalahnya aku tidak pernah merasa diriku cantik, tidak juga merasa diriku hebat untuk bisa dianggap memesona. Tapi apakah itu artinya aku tidak bisa tampil memesona.

“Temukan inner beauty-mu”, aku mendengar hati kecilku berbisik.

Rasanya hampir semua orang paham bahwa yang dimaksud dengan inner beauty adalah kecantikan yang terpancar dari dalam diri. Semua orang tentunya memiliki inner beauty ini. Tapi bagaimana cara mengeluarkan inner beauty itu? Hmm…  Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk memancarkan inner beauty yang ada dalam diri kita.

1. Menjadi Pribadi yang Baik

“Jadi orang itu harus baik,” begitu nasihat mamaku sedari kecil. Baik itu sebenarnya kata yang relatif dan luas artinya. Baik seperti apa yang dimaksud?

Ramah dan Murah Senyum

Senyum di depan saudaramu adalah sedekah

(Muhammad S.A.W)

Sapalah orang dengan ramah ketika kita berpapasan. Berikan ia senyum terbaikmu. Aku selalu percaya dengan memberikan senyum kita pada orang lain, secara enggak langsung kita membantu orang itu merasa lebih baik. Aku teringat cerita seorang teman. Ia bercerita pagi itu mood-nya sedang kacau, dan ketika berpapasan dengan orang yang tak ia kenal dan disenyumi, entah kenapa ia pun reflek ikut tersenyum dan merasa mood-nya menjadi lebih baik.

Tolong, Maaf, dan Terima Kasih

Tiga kata ini adalah tiga kata sakti yang seringkali kita lupakan. Padahal pasti sedari kecil kita sudah mengenal tiga kata ini. Biasakanlah mengatakan “tolong” ketika kita membutuhkan bantuan, mengakui kesalahan kita dengan menyebut kata “maaf”, dan tak lupa mengucapkan “terima kasih” atas kebaikan sekecil apa pun untuk menunjukan kalau kita menghargai orang lain.

2. Berpikir Positif

Yang namanya hidup memang tak selalu berjalan mulus sesuai rencana. Tentunya berkali-kali kita akan tersandung pada yang namanya kegagalan. Beberapa kali aku dirundung kesedihan paska kegagalan program hamil yang aku jalani. Patah semangat? Tentu pikiran itu pernah terlintah di dalam diri. Tapi aku berjuang untuk kembali memunculkan pikiran-pikiran positif. Aku percaya Allah punya rencana yang lebih baik untuk aku.

3. Jadi Diri Sendiri

Meski banyak orang-orang yang terlihat memesona, tapi tak perlu berusaha menjiplak mereka. Percayalah bahwa tiap manusia yang lahir di bumi ini punya potensinya masing-masing. Tunjukan potensi yang kita miliki. Tak perlu juga latah ikutan trend terbaru padahal tak sesuai dengan gaya kita. Temukan kesukaan kita, gaya kita, dan tunjukkanlah pada lingkungan sekitar kalau kita nyaman dengan diri kita sendiri. Tetapi harus diingat, nyaman menjadi diri sendiri itu bukan berarti ktia tidak menghormati norma-norma yang berlaku dilingkungan kita. Jangan sampai ada kalimat “suka-suka gue-lah” padahal mengganggu lingkungan, apalagi melanggar peraturan. Ingat, tetap harus menjadi pribadi yang baik.

4. Menjadi Pribadi yang Sederhana

Buang jauh-jauh rasa sombong dan kebiasaan pamer. Tampilah apa adanya sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai karena ingin terlihat keren kemudian berakhir dengan tagihan hutang di sana- sini. Amit-amit! Biasakan merasa cukup dengan apa yang sudah dimiliki.

5. Bersih dan Wangi

Aku tahu aku memang tidak cantik. Tapi bukan berarti jadi malas-malasan merawat diri. Jaga kebersihan diri itu penting. Ditambah tubuh yang wangi dengan bantuan parfum. Wangi parfum tentunya juga mengikuti kepribadian yang kita miliki.

Melalui situ Vitalis, aku mencoba mengisi quesioner yang akan menentukan wewangian seperti apa yang cocok dengan kepribadian aku. Vitalis body scent ini memiliki enam macam varian yang mewakili kepribadian kita.

  • Blossom, wangi bunga-bungaan yang akan menunjukan sisi feminim yang kita miliki.
  • Bizarre, yang cocok untuk pribadi yang unik dan dinamis.
  • Breeze, memberikan kesan sejuk dan membangkitkan rasa damai dalam diri kita.
  • Belle, wewangian bunga-bungaan yang katanya bisa memancarkan kecantikan alami kita.
  • Blissful, yang memberikan kesegaran.
  • Bless, campuran wangi jasmine, dewberry, apple, freesia, dan gourmand.

Setelah menjawab 12 pertanyaan, katanya aku cocoknya pakai wangi Blossom. Karena aku memiliki sisi feminin yang tinggi.

Berarti aku enggak salah pilih. Karena sambil belanja bulanan awal bulan kemarin, aku sudah memasukkan Vitalis Body Scent yang Blossom ini ke dalam keranjang belanjaanku. Wanginya memang enak banget. Bikin aku makin percaya diri.


#Memesonaitu tidak melulu soal kecantikan yang ada terlihat dari luar diri kita. Bagi aku #memesonaitu  memancarkan kecantikan dalam diri kita. Semua orang tentu bisa menunjukkan pesonanya. Itu kita-kiat aku untuk bisa terus menggali potensi diri yang ada agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kalian punya kiat-kiat lainnya untuk tampil memesona? Yuk ceritakan tips kalian.

 

#MemesonaItu

 

32 Comments

  1. Wanita memang harus wangi, apalagi saat deket2 suami. Biar tambah sayang. Kalau saya sih suka wewangian blissful mbak,

  2. Berat ya jadi wanita yg mempesona itu. Dari semua kriteria tersebut di atas sangat susah dilaksanakan buat saya mah. Hehehe. Baru theory doang…

  3. wanita itu harus tetep harus wangi ya dan harus jadi diri sendiri. Satu lagi diingatkan dengan baca postingan ini harus tetap berpikir positif 🙂

  4. Eh…ini parfum aku waktu kuliah deeh..
    Gak lupa banget karena belinya barengan sama sahabat-sahabat.
    Aku beli yang blossom, temen-temen milih parfum bukan berdasarkan wanginya…tapi warna kemasannya coba.

    Hadeeu~~
    Alesan apeeu inii…??

    Tapi jelas, kami kompakan menjadi pribadi yang memesona. Heehhe…

  5. Setujuu memesona itu haru cantik dalam dann luar dan terutama wangi hahhaha.
    Aku selalu merasa orang yang wangi itu keren. Hehehe

  6. Aq suka vitalis yg pink. Eh tp kl makenya sih kadang2 aja. Hehehe.
    Btw ada typo di pragraf terakhir yaitu tamil seharusnya tampil. Hehehhe.

  7. Menjadi diri sendiri kadang terlihat ganpang tp susah diaplikasikan, lingkungan seolah ikut membentuk karakter diri.
    Tp jdi diri sendiri memang menyenangkan mba,bebas.
    Aku paki yg blossom juga vitalitasnya

  8. tipsnya nyentil-nyentil gimana gitu… hihihi
    banyak yang suka si Blossom ini ya, mau coba ah…

  9. Memesona=berilmu dan wangi, jadi pede deh. Hihi. Nyatanya mulai dari diri sendiri harus bisa menghargai dan mengakui bahwa kita memesano. Ya nggak kak?

  10. Menurut saya, Setiap wanita memiliki inner beauty nya masing2. Yg jadi masalah adalah tatkala sibuk memoles kecantikan di permukaan saja, lewat make up kosmetik dsb demi terlihat cantik. Dan banyak yg lupa, akam kecantikan sejati yg ada di dirinya sendiri. Kecantikan adalah tatkala seorang wanita percaya dan yakin bahwa dirinya cantik. Bukankah setiap wanita sesungguhnya terlahir cantik? Tapi kenapa stereotip kecantikan itu hanya berlandaskan pada sisi “kulit putih, lekuk tubuh yg aduhai, langsing, bibir merah, dan segala sesuatu yg menonjolkam sisi fisik. ” bukankah itu secara tidak langsung mendiskriminasi wanita yg kebetulan fisiknya tidak “secantik” anggapan masyarakat?, tentang kecantikan itu sendiri,.menurut saya itu relatif…

  11. Suka tipsnya supaya makin memesona. Banyak senyum ya mumpung senyum itu gratis. Eh tapi jangan senyum-senyum sendiri sih, hihi…

  12. Memesona itu kalau bisa bikin orang lain merasa nyaman berada di dekat kita. Eh tapi namanya hidup pasti gak semuanya lah. Wkwkwkw, at least we have tried to make them feel comfort xD

  13. Jasi keinget film Apa gitu yg bilang kalau mempesona itu bukan dari luar tapi lebih ke inner beauty hehe..

    Di jakarta kalimat Tolong, Maaf, dan Terima Kasih ini sepertinya sudah mulai terkikis yaa

  14. wow thanks mba, beberapa kali seliweran kata memesona, gw kira itu kata prokem ah malah justru yg sesuai eyd.

  15. Audrey Hepburn… Aku juga suka sama dia. Cantiknya klasik alami.
    Tapi sepakat, setiap perempuan punya pesonanya masing2. Tinggal bagaimana kita mengolah & mensyukurinya. 🙂

  16. Ahh, aku iseng ngisi. Dapat blossom juga. Aku feminis juga berarti #kalem
    Kalau ga ada foto produk di awal tulisan. Aku pasti pikir ini bukan tulisan untuk lomba 🙂

  17. aku juga suka vitalis blossom kak diaan. iiih, padahal mau iktan juga kontes memesona ini tapi lewat DL

  18. Inner beauty itu wanita yang cerdas & santun. Suka banget tipe wanita yg begini, masih harus banyak belajar biar bisa jadi wanita idaman seperti ini. Hehe
    Aku suka pakai vitalis yg blossom juga, yg lain belum pernah coba.

  19. Wanita harus bersih dan tidak jorok hehe dan harus murah senyum supaya nikmat di pandang oleh semua orang ya mba klo muka dengan wajah asem pasti tidak nikmat untuk dipandang hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *