Menikmati Wisata Alam Sumatera Barat yang Mempesona

Bismillahirohmanirohim,

Liburan di Indonesia? Kenapa enggak. Indonesia jelas ga kalah dengan negara-negara lain, memiliki banyak potensi pariwisata yang ga akan ada habisnya untuk di exploreMau liburan dengan menikmati kota-kota besar atau pun menikmati wisata alam semua itu bisa dilakukan di Indonesia. Indonesia yang terdiri dari 34 provinsi memiliki banyak tempat wisata yang bisa dipilih untuk dikunjungi ketika hari libur tiba.

Salah destinasi liburan di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan adalah dengan mengunjungi Sumatera Barat seperti yang aku lakukan 2 tahun lalu. Aku, bertiga dengan mama dan Nina, adik semata wayangku, beruntung bisa mengunjungi salah satu provinsi yang memiliki banyak wisata alam dan tempat wisata selama 6 hari.

Mengunjungi Sumatera Barat sebenarnya merupakan salah satu mimpi mamaku. Dari masih duduk di bangku sekolah aku sering sekali mendengar mama berkata, “Duh mama pengen banget ke Sumatera Barat. Biar lengkap nih peta pulau Sumatera yang mama kunjungi.” Tapi karena alasan kesibukan dan belum adanya tawaran ke Sumatera Barat untuk bekerja membuat mimpi mama terpaksa tertunda untuk sekian tahun. Sampai pada akhirnya 2 tahun lalu, ketika adikku lulus SMA, mama pun langsung mengajak kami untuk berlibur bersama. Aku seperti biasa diminta untuk mengatur semua rencana perjalanannya.

Membuat rencana perjalanan itu terkadang susah-susah gampang. Mesti rajin browsing, baca peta, bikin kalkulasi perhitungan waktu, dan masih banyak kerepotan lainnya. Kalau ga mau repot, sebenarnya tinggal gunakan aja jasa HIS Travel Indonesia, agen travel yang bisa dipercaya. Ada banyak paket wisata domestik yang ditawarkan  yang bisa kita pilih. Tinggal sesuaikan waktu dan budget yang kita miliki. Praktis.

tampilan Domestic Tour Packages di HIS Travel Indonesia

Aku mulai menyusun ittinerary,  booking tiket pesawat, memesan hotel untuk menginap di Padang dan di Bukittingi, serta keperluan lainnya untuk selama di Sumatera Barat nanti. Aku merencakan perjalanan 6 hari 5 malam untuk kami bertiga dengan rincian sebagai berikut:

Hari 1 Jakarta – Padang

Pantai Air Manis, Masjid Raya Ganting, Pecinan, jembatan Siti Nurbaya

Hari 2 Padang – Painan – Padang

Jembatan Akar Bayang, Air Terjun Bayang Sani, Pantai Carocok, Bukit Langkisau

Hari 3 Padang – Bukittinggi

Danau Kembar, Danau Singkarak, Istana Pagaruyung, Kiniko

Hari 4 Bukittinggi

Danau Maninjau, Ngarai Sianok, Jam Gadang

Hari 5 Bukittinggi – Payakumbuh – Bukittinggi

Benteng Fort de Kock, Lembah Harau, Kelok 9,  Ngalau Indah, Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Hari 6 Bukittinggi – Padang – Jakarta

Padai Sikek – Pusat Informasi dan Dokumentasi Kebudayaan Minangkabau, Air Terjun Lembah Anai

Setelah semua persiapan perjalanan selesai tibalah saatnya untuk menikmati wisata alam di Sumatera Barat. Kami berangkat dari Jakarta pagi hari dan tiba di Bandara Minangkabau menjelang pukul 10 pagi. Pak supir dari rental mobil sudah  standby, siap mengantarkan kami sesuai dengan ittinerary yang sudah diatur.

6 hari di Sumatera Barat mataku termanjakan sekali dengan panorama yang cantik mempesona. Laut, air terjun, gunung, sawah, semuanya silih berganti menjadi background foto-foto aku selama liburan ini. Tempat wisata sejarah pun tak kalah menarik, menambah ilmu pengetahuanku tentang sejarah Indonesia. Dari liburan kali ini, aku ingin merekomendasikan beberapa tempat yang rasanya rugi kalau ga dikunjungi selama di Sumatera Barat. Apa aja? Yuk disimak list berikut ini.

 

1. Pantai Air Manis

Siapa sih yang ga pernah mendengar kisah Malin Kundang si anak durhaka yang dikutuk jadi batu sama ibunya? Dari kecil aku selalu dicekoki cerita ini agar selalu nurut dengan orangtua. Nah, di pantai inilah batu Malin Kundang dan kapalnya  berada. Tak jauh dari Pantai Air Manis ini terdapat Pulau Pisang, sebuah pulau kecil yang ketika air sedang surut kita bisa berjalan kaki untuk mencapainya. Sayangnya tak lama aku tiba di Pantai Air Manis ini hujan turun. Sehingga aku ga sempat untuk mengeksplore pantai ini.

2. Jembatan Akar Bayang

Jembatan yang terbuat dari akar 2 pohon beringin ini menghubungkan Kampung Puluik-Puluik dan Kampung Lubuk Silau, di Painan, sekitar 65 KM dari kota Padang. Jembatan yang  usianya sudah ratusan tahun tapi masih tetap kokoh ini menjadi daya tarik wisata alam. Awalnya aku agak takut untuk menyeberangi jembatan ini. Tapi begitu sudah berada di tengah-tengah, rasa takut itu pun hilang berganti decak kagum.

3. Air Terjun Bayang Sani

Lokasinya 3 KM sebelum Jembatan Akar Bayang. Awalnya air terjun ini ga ada dalam rencana perjalanan yang aku buat. Secara ga sengaja aku menemukan papan petunjuknya ketika akan menuju Jembatan Akar Bayang. Air terjun ini memiliki tinggi 80 m, terbagi menjadi 7 tingkat. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun terbesar yang ada di Sumatera Barat. Airnya jernih, kita bisa main-main air di tempat ini. Tapi karena aku tak membawa baju ganti, aku memilih untuk menikmati suasana saja.

5. Pantai Carocok

Pantai ini tempat wisata yang sangat terkenal di Sumatera Barat. Wisata airnya pun cukup banyak pilihan, mulai dari banana boat hingga jet ski tersedia di pantai ini. Eh bukan di pantainya sih, kita harus menyeberang terlebih dahulu ke Pulau Cingkuak yang tak jauh dari pantai ini. Menurut aku yang menarik dari pantai ini adalah jembatan yang menghubungkan Pantai Carocok dengan Pulau Batu Kareta. Pantai ini masih terbilang bersih, meski wisatawan memadati pantai.

6. Bukit Langkisau

Apabila menyukai petualangan di atas langit, Bukit Langkisau ini menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi saat berada di Sumatera Barat. Di tempat ini kita bisa mencoba Paralayang dan Paramotor. Aku sih jelas ga berminat untuk mencobanya. Naik tangga tinggi aja takut, apalagi harus berada di atas langit seperti itu. Buat aku, cukuplah menikmati keindahan pantai dari atas bukit ini. Tips dari aku, coba pergi ke Bukit Langkisau sore hari. Nikmati pemandangan langit senja dari bukit ini pasti ga rugi.

7. Danau Singkarak

Ini adalah danau terluas kedua di Indonesia setelah Danau Toba. Letaknya di antara Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Aku datang tepat saat menjelang makan siang. Sambil menikmati birunya air danau, aku mencoba pensi, yang merupakan kerang air tawar.

Meskipun Danau Singkarak ini cukup luas, tapi tak banyak jenis ikan yang hidup di danau ini. Hal ini karena terbatasnya jumlah plankton yang menjadi makanan ikan. Makanan yang wajib dicoba saat berada di sekitar danau ini adalah ikan bilih. Ikan kecil ini katanya hanya hidup di perairan Danau Singkarak saja. Karenanya tentu akan rugi kalau tak mencobanya. Ingin membawa pulang? Kunjungi saja pasar yang tak jauh dari Danau Singkarak, umumnya mereka menjual ikan Bilih juga.

8. Istana Pagaruyung

Pagaruyung adalah kerajaan yang pernah berdiri di Sumatera sekitar tahun 1347. Kerajaan ini runtuh pada masa perang padri, ketika ditandatanganinya perjanjian antara kaum adat dengan pihak Belanda bahwa Istana Pagaruyung berada dalam pengasawasan Belanda.

Istana Pagaruyung yang berada di Batusangkar ini merupakan replika dari istana yang asli yang berada di bukit Batu Patah dan telah habis terbakar pada tahun 1804. Pada tahun 2007 istana replika ini pun sempat terbakar akibat tersambar petir. Selain bisa melihat bagaimana replika dari Istana Pagaruyung, di tempat wisata ini kita bisa juga menyewa pakaian Minang untuk berpoto.

9. Danau Maninjau

Rasanya wisata alam di Sumatera Barat memang tak ada habisnya. Danau Maninjau merupakan danau vulkanik, merupakan kaldera dari letusan Gunung Merapi. Untuk mencapai Danau Maninjau ada 44 kelokan yang harus dilalui. Bila tak cukup waktu untuk sampai ke pinggir danau, cobalah nikmati keindahan danau ini dari Pucak Lawang, titik tertinggi di Danau Maninjau.

10. Ngarai Sianok

Pernah melihat uang nominal 1000 pada tahun 1980’an? Gambar yang tercetak di lembaran rupiah tersebut adalah gambar dari Ngarai Sianok. Ngarai Sianok adalah lembah yang menjadi perbatasan kota Bukittinggi. Di lembah ini selain wisata alam, terdapat juga tempat wisata sejarah, yaitu lobang Jepang yang merupakan tempat persembunyian Bangsa Jepang pada masa perang. Aku, bersama mama dan Nina mencoba menyusuri goa Jepang ini. Selain goa Jepang, kita bisa Ngarai Sianok dengan menapaki great wall. Sayangnya hujan turun dengan deras kala aku keluar dari goa Jepang, sehingga kami terpaksa membatalkan rencana berjalan kaki menyusuri great wall.

11. Jam Gadang

Belum lengkap rasanya kalau ke Bukittinggi tanpa mengunjungi Jam Gadang. Jam Gadang yang merupakan landmark dari Bukittinggi berada persis di tengah pusat kota. Jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda. Menurut aku, waktu yang paling cocok untuk melihat Jam Gadang adalah sore hari. Karena biasanya banyak sekali pedagang kaki lima menjajakan dagangannya di sekitar wilayah Jam Gadang.

12. Benteng Fort de Kock

Benteng ini digunakan oleh tentara Belanda sebagai kubu pertahanan dari gempuran masyasrakat Minangkabau saat meletusnya Perang Padri. Di sekitar benteng masih terdapat sisa-sisa meriam peninggalan abad ke 19. Tempat wisata ini menjadi satu dengan Kebun Binatang Bukittingi. Ini merupakan taman margasatwa yang tertua yang ada di Indonesia. Kebun binatang ini dibangun oleh pemerintahan Belanda pada tahun 1900an, dan hingga kini menjadi satu-satunya kebun binatang dengan koleksi hewan terlengkap di Sumatera.

13. Lembah Harau

Sekali lagi aku terpesona akan kecantikan wisata alam yang ditawarkan oleh Sumatera Barat. Lembah Harau yang  memiliki iklim tropis dan tanah yang subur menawarkan keindahan pemandangan yang menawan. Diapit oleh dua bukit serta tebing-tebing granit serta mengelilingi lembah membuat aku sangat menikmati perjalanan di tempat ini. Lembah Harau memiliki 7 air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda. Air terjun ini mengalir dari atas jurang yang membentang sepanjang Lembah Harau.

14. Rumah Kelahiran Bung Hatta

Sebagaimana papan nama yang tertera di tempat wisata ini, rumah ini dulunya merupakan tempat Bung Hatta lahir hingga berusia 11 tahun. Bung Hatta tinggal bersama ibu, nenek, kakek, dan pamannya pada masa itu. Di Rumah Kelahiran Bung Hatta ini kita bisa melihat perabotan rumah nenek Bung Hatta juga  dokumentasi foto. Di tempat ini aku bisa merasakan semangat Bung Hatta yang gemar membaca sedari kecil.

15. Pusat Informasi dan Dokumentasi Kebudayaan Minangkabau

Sebagai penutup sebelum kembali ke ibukota, aku diajak mengunjungi Pusat Informasi dan Dokumentasi Kebudayaan Minangkabau yang berada di Padang Panjang. Di sini aku diajak untuk mengenal budaya-budaya Minangkabau. Di tempat wisata ini juga kita bisa menyewa pakaian adat untuk berpoto.

Rasanya liburan aku di Sumatera Barat ini sangatlah lengkap. Bukan cuma wisata alam saja yang bisa aku nikmati, tapi aku juga belajar sejarah, serta budaya. Belum lagi wisata kulinernya yang membuat berat badan bertambah. Aku yakin dimana pun itu liburan di Indonesia pasti tak kalah istimewanya dengan berlibur ke mancanegara.

Di tengah kesibukan sehari-hari, luangkanlah waktu untuk menikmati liburan bersama keluarga. Coba mulailah tandai kalender di 2017, persiapkan rencana liburan, tentukan hotel yang nyaman. Bila masih bingung mau kemana, coba lihat Paket Wisata Domestik yang ditawarkan oleh HIS Travel Indonesia. Untuk pilihan tempat menginap, coba Hotetrip yang masih satu keluarga dengan HIS Travel Indonesia. Gunakan Poin Hotetrip untuk melakukan pembayaran hotel.

tampilan Hotetrip

Kalau itu tadi cerita liburan di Indonesia ala aku, gimana dengan cerita liburan kalian? Yuk ceritakan liburan di Indonesia yang pernah kalian lakukan, menangkan voucher hotel 3 hari 2 malam. Siapa tahu kalian beruntung.

liburan di Indonesia bersama HIS Travel Indonesia.

Selamat menikmati liburan,

dianravi.com

39 Comments

  1. Pantai Carocok, masya Allah bagusnyaa~
    Mupeng banget lihat yang paralayang di situ….wah, belaian angin laut dan senandung nya asyik sekali.

    Keren” banget tempat wisata di Sumatera Barat yah ternyata. Mainku kurang jauh >.<

  2. terakhir ke sumbar thn 2008..udah lama bnget… sempat ngunjungi pantai air manis, jam gadang, lembah anai..sama danau singkarak..

    semoga bisa ke sana lagi..

  3. Tempat-tempat wisatanya keren-keren mbak. Ah, kapan bisa menapak di Pulau Sumatraa ya, saat ini sih belum ada bayangan hehe.
    someday, semoga bisa

  4. Kapan bisa ke Sumatera Barat. huhuhu. sepertinya liburannya menyenangkan sekali ya mbak. mudah-mudahan suatu saat bisa ke sumbar. Aamiin.

    • Rasanya tetap asin, Kang. Sayangnya aku juga nyari tahu kenapa dinamakan Pantai Air Manis, tapi masih belum dapat jawabannya nih.

  5. Wah pas banget niii blogwalking kesini 😀
    Nanti temen yang di padang mau nikah bulan april jadi ada referensi mau jalan jalan kemana.

    Eh tapi rata rata di bukit tinggi yak 😀

  6. Aku jadi keinget dulu jaman kecil beli Bobo dan ada bonus semaam permainan ular tangga yang ada bebrapa destinsi seperti yg mbak sebut. Sejak kecil jdnya berangan2 kesana, moga suatu hari bisa ksana TFS 🙂

  7. Wah, Tahun ini kudu di anggarkan nih buat liburan ke Sumatera.
    Tahun ini liburannya cuma di sekitaran jawa dan bali saja soalnya.

  8. Saya baru tau beberapa tempat aja. Ternyata banyak juga ya, tempat wisata di Sumatera Barat. Dan untuk berkunjung ke semua tempat itu, kayaknya harus ngambil waktu beberapa hari ya….

  9. Pengen banget aku kemari, karena kami yang disebut sebagi suku Aneuk Jamee di Aceh berasal dari Sumatra Barat! Makanya aku lihat ada nama tempat wisata yang sama sebutannya di tempat kami seperti Pantai Carocok di Tapaktuan Aceh Selatan

  10. Wow 6hari bisa mengunjungi sekian banyak destinasi wisata. Pasti seru ya Mbak Dian. 🙂

    Saya sampai sekarang baru jalan2 ke Jakarta sama Surabaya aja. Hikz

  11. Wah banyak banget tempat yang dikunjungi, mba. Saya baru yang ke Jam Gadang, Gua Jepang, dan lihat-lihat ngarai dari kejauhan. Waktu itu Istana Bung Hatta lagi ditutup. Nanti kalau ke sana main2 ke pantai Pariaman, mba 🙂

  12. Widiiih Jalan mulu nih mba Dian. Hahaha

    Aku sih belom pernah ke Sumatra barat. Yang aku tau Dan bikin penasaran itu ya bukit tinggi yang terkenal dengan kelok 9 nya. Itu aseli bikin penasaraaan pengen kesana. Sama pulau mentawai yang terkenal itu katanya kereeen banget sih

  13. Pemandangannya indah sekali, mba Dian.
    Memang Indonesia kaya akan keindahan alamnya.

    Ingin sekali ke Sumbar.
    Semoga suatu hari nanti . . .

  14. Setiap ke sumbar cuman diisi dengan makan mulu. Lupa mauneksplore wisatanya. Malah sibuk icip icip mulu hehehehe. Ntar mauncoba eksplore yang sudah di tulis di sini ah

  15. Saya sendiri belum pernah ke Pulau Sumatera, Mbak. Pengen banget. Salah satunya ke Sumbar ini. Semua cerita ttg destinasi yg Mbak Dian paparkan di atas bikin saya tambah ngiler ke sana. Banyakin nabung, hihi.

  16. Kalau mau wisata pake budget emang lebih enak pakai jasa travel ya, mbak. Mungkin karena sudah pengalaman jadi bisa menyesuaikan dana sama tempat yang bakal di tuju. Btw, pantai air manis itu airnya rasanya manis gitu?

  17. Lengkap banget dian, bikin aku pingin lagi ke sini. . apalagi kan aku nggak punya sanak saudara di padang dan sumbar. . jd ulasan begini mah bermanfaat banget kalau mau menentukan tujuan jalan jalan

    Thanks ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *