Menilik Lebih dalam Keuntungan Sistem Jualan Online

Bismillahirohmanirohim,

Internet merupakan salah satu media berkomunikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Melalui media komunikasi inilah, jarak yang jauh antar dua benua pun, sudah tidak menjadi penghalang yang berarti. Oleh karena itulah saat ini internet banyak digunakan sebagai media dalam melakukan berbagai promosi produk, diluar sebagai media komunikasi. Munculnya berbagai toko online, yang memanfaatkan media internet untuk mempromosikan barang komoditi jualan online mereka, merupakan bukti nyata bahwa internet banyak digunakan sebagai media dalam melakukan berbagai transaksi jual beli, tanpa harus memperhatikan jarak yang berarti.

Untuk melakukan transaksi jual beli ini, para pelaku usaha bisnis yang berlabel toko online ini, hanya perlu mendisplay gambar ataupun foto dari barang yang menjadi komoditi utama penjualan mereka. Bahkan beberapa pelaku bisnis ini, tidak perlu memiliki barang dagangan terlebih dahulu, dan dapat menginduk pada agen besar, tempat mereka nantinya akan melakukan kegiatan perkulakan. Sistem inilah yang biasa disebut dengan sistem jualan reseller.

Selain sistem reseller, dalam sistem penjualan secara online juga dikenal dengan sistem dropshipper, yaitu dimana para pengelola toko online hanya bertindak sebagai marketing dari barang yang akan dijadikan komoditi penjualan utama, sedangkan barang komoditi tersebut merupakan barang komoditi dari agen yang nantinya akan mengirimkan barang secara langsung kepada konsumen, dengan tetap mencantumkan nama toko online sebagai penjual utamanya. Sistem penjualan ini, lebih efektif untuk dilakukan oleh para pelaku bisnis online yang termasuk dalam kategori pemula.

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan sistem penjualan ataupun bisnis online, berikut ini beberapa gambaran keuntungan, yang dapat Anda rasakan ketika menjalankan bisnis ini, yang antara lain adalah:

  • Modal yang kecil dan tidak mengharuskan para pelakunya memiliki toko ataupun tempat usaha yang nyata.
  • Dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, bahkan juga dapat dijadikan sebagai usaha sampingan.
  • Sistem penjualan dan pemasangan iklan ataupun promosi yang mudah, dan tidak mengharuskan Anda untuk melakukan pembayaran produk iklan, karena Anda dapat dengan leluasa memanfaatkan berbagai jejaring sosial untuk memperkenalkan toko Anda.
  • Sistem pembayaran dan pengiriman barang yang mudah dan terpercaya, dan Anda dapat bekerjasama secara langsung dengan agen-agen pengiriman barang secara nasional maupun internasional.

 Jika Anda tertarik untuk melakukan sistem jualan online, untuk memulai usaha Anda, maka pastikan bahwa Anda telah memiliki terlebih dahulu satu fokus barang yang akan Anda jadikan sebagai komoditi utama dalam melakukan penjualan secara online tersebut. Jika memang Anda belum memiliki modal yang cukup untuk menghadirkan barang komoditi utama Anda, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk menjadi reseller ataupun dropshipper terlebih dahulu. Yang perlu menjadi catatan adalah pemilihan agen atau distributor yang harus terpercaya dan memiliki sistem yang jelas untuk dijadikan sebagai mitra kerja.

5 Comments

  1. Jual Beli online memang udh semakin berkembang sampai detik ini, selain praktis kita juga dapat menghemat waktu atau biaya dlm transaksinya.

    BTW aku jg pernah jualan online, tp masih pakai sistem dropshipper

  2. Kmrn coba jualin brg hadiah yg sempet aku trima, tp krn ga pake produk itu, mau dijual nih. Blm ada dpt reply soalnya. Moga2 bisa laku juga jual online gini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *