Rangkaian Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju Bersama Sekretariat Kabinet

bismillahirrahmanirrahim,

http://setkab.go.id/

#MenujuIndonesiaMaju. Kalau dipikir-pikir siapa sih bangsa Indonesia yang tidak mengharapkan Indonesia maju? Aku yakin semua warganya menginginkan Indonesia maju, agar hidupnya terus teras nyaman.

Beberapa tahun terakhir ini aku merasakan sekali perubahan di Indonesia, khususnya di Jakarta, tempat aku tinggal. Dari sisi infrastruktur banyak perkembangan ke arah kemajuan Indonesia. Membuat aku yang suka traveling di Indonesia semakin dipermudah. Menuju Indonesia maju bukan lagi sebuah mimpi.

Ngomongin soal menuju Indonesia maju, tentunya, teman-teman yang rajin baca blog DianRavi sudah melihat banyaknya tagar #MenujuIndonesiaMaju di berbagai media sosial sepanjang 2018 ini. Lomba media sosial #MenujuIndonesiaMaju ini diadakan oleh Sekretariat Kabinet, yang diresmikan oleh Sekretaris Kabinet, Pramono Anung pada 26 Maret 2018. Sesuai namanya, lomba media sosial, ada berbagai lomba yang diadakan di Facebook, Twitter, Youtube, juga Blog.

Lombanya menurut aku seru-seru banget (apalagi hadiahnya). Aku sempat tuh mencoba menjawab TTS-nya. Nah, di akhir November ini, semua rangkaian Lomba Medsos #MenujuIndonesiaMaju yang diadakan Sekretariat Kabinet berakhir sudah dengan diumumkannya pemenang lomba periode akhir, Rabu (28/11/2018) lalu. Kira-kira, ada nama aku enggak ya? Atau nama kamu?

Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju

Lomba media sosial #MenujuIndonesiaMaju ini digelar selama 8 bulan, dari April hingga November 2018. Lomba media sosial tersebut memiliki variasi lomba sebagai berikut:

Membuat vlog atau  film pendek di Youtube:

Ada dua jenis lomba untuk Youtube, yaitu lomba vlog mengenai pembangunan infrastruktur di Indonesia dan manfaatnya bagi masyarakat dan lomba membuat film pendek  mengenai program prioritas pemerintah dibidang Maritim, Energi, Pangan, dan Pariwisata.

Untuk peserta lomba vlog dan film ini bisa perorangan atau juga juga kelompok dengan maksimal 5 orang. Durasi video maksimal 5 menit dan diuanggah ke Youtube dengan format judul [#MenujuIndonesiaMaju-Judul Vlog/Film Pendek] dan berikan tagar #MenujuIndonesiaMaju dan #PembangunanMaju. Satu peserta hanya bisa mengirimkan 1 vlog/film pendek saja.

Lomba ini berlangsung sebanyak 2 periode: Periode 1 dari bulan Mei-Juli 2018 dan Periode 2 yang berlangsung dari bulan Oktober-Desember 2018. Buat yang berminat, masih ada waktu nih untuk lomba Vlog atau film pendeknya di periode 2. Buruan tapinya.

Twitter :

Untuk twitter perideo lombanya dari April – November 2018. Tugasnya adalah membuat tweet tentang seberapa jauh dampak kebijakan yang telah dilakukan oleh pemerintah terkait program prioritas. Tweet ini nantinya dibikin dalam moments/ kul-tweet/ chirpstory.

Selain membuat tweet, ada juga mengisi teka teki silang, seperti ini:

menuju indonesia maju

menuju indonesia maju

 

Instagram :

Sedikit mirip dengan lomba di Youtube, untuk di Instragram ada lomba konten video/vlog berdurasi 1 menit bertemakan #MenujuIndonesiaMaju. Selain itu ada pula kuis menemukan kata dalam kotak. Dan untuk periode November ada  lomba membuat Meme tentang kepahlawanan.

Facebook :

Untuk lomba #MenujuIndonesiaMaju di Facebook ada dua:

  • Teka Teki Silang

menuju indonesia maju

  • Mengisi kata yang hilang dari pidato Presiden/Seskab

menuju indonesia maju

Lomba Blog :

Biasanya aku paling suka mengikuti lomba blog, apalagi dengan hadiahnya menarik. Tapi kali ini aku menyerah mengingat kesibukan yang enggak jelas. Tentunya untuk lomba blog temanya tetap tentang#MenujuIndonesiaMaju dong. Nah kriterianya adalah menulis 500-1500 kata, di blog pribadi, seperti blogspot, wordpress, kompasiana, dll.
Kemudian jangan lupa untu menshare tulisan tersebuh di Twtiter menggunakan tagar #MenujuIndonesiaMaju dan mention akun Twitter @setkabgoid. Periode lomba ini berlangsung dari Juli – Sepetember 2018.

Para pemenang Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet #MenujuIndonesiaMaju

Nah ini dia nih yang paling ditunggu-tunggu. Pengumuman pemenang lomba-lomba media sosial #MenujuIndonesiaMaju yang diadakan oleh Sekreatarian Kabinet. Apakah ada nama kamu diataranya?

April 2018

menuju indonesia maju

menuju indonesia maju

menuju indonesia maju

Mei 2018

menuju indonesia maju

menuju indonesia maju

menuju indonesia maju

Juni 2018

menuju indonesia maju

menuju indonesia maju

menuju indonesia maju

Juli 2018

menuju indonesia maju

menuju indonesia maju

menuju indonesia maju

November 2018

menuju indonesia maju

menuju indonesia maju

menuju indonesia maju

 

Selamat buat para pemenang, kalian memang luar biasa.

Mengenal Sekretariat Kabinet Lebih Dekat

Tak kenal maka tak sayang. Pastinya kita semua tumbuh besar dengan pepatah itu. Makanya, aku pun ingin mengajak kalian berkenalan dengan Sekretarian Kabinet selaku penyelenggara lomba media sosial #MenujuIndonesiaMaju ini.

Sekretariat Kabinet (Setkab) adalah lembaga pemerintah yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden dan memiliki tugas dalam memberikan dukungan pengelolaan manajemen kabinet kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan,berdasarkan Peraturan Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Kabinet.

Sekretariat Kabinet dipimpin oleh Sekretaris Kabinet yang diangkat dan diberhentikan oleh Presiden. Sekretaris Kabinet saat ini dijabat oleh Pramono Anung.

Skretariat Kabinet memiliki tugas memberikan dukungan pengelolaan manajemen kabinet kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dalam hal ini Sekretariat Kabinet aktif berperan dalam menyebarluaskan informasi tentang kinerja pemerintah untuk #MenujuIndonesiaMaju dan sosial media adalah salah satu saluran untuk menyampaikan informasi tersebut.

Itu dia sebabnya melalui lomba media sosial #MenujuIndonesiaMaju ini, Sekretariat Kabinet  mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mendukung program dan kebijakan pemerintah. Masyarakat diajak untuk mengenal lebih dekat Kabinet Kerja beserta program dan pencapaiannya.Diharapkan melalui lomba media sosial ini pula,  masyarakat pun bisa  menyampaikan aspirasinya terhadap pemerintah.

Twitter: @setkabgoid
Instagram: @sekretariat.kabinet
Fanpage FB: Setkab RI

 

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *