Merasakan Manfaat Buah Pear Bersama Sembutopia di Kampanye Supear

bismillahirrahmanirrahim,

manfaat buah pear

Sekitar 2,750 B.C buah pear pernah tercatat sebagai buah ajaib untuk penyembuhan. Hal ini ditemukan pada tablet lempung di Sumer, Mesopotamia kuno. Sekitar 10 SM, Homer menyebut buah pear sebagai karunia keajaiban para dewa dan salah satu buah-buahan yang hadir di Taman Alcinous.

Sementara itu  di Cina kuno, buah pear dipercaya mewakili keabadian dan kemakmuran karena pohon pear hidup untuk waktu yang lama. Dalam legenda Korea, buah pear itu melambangkan rahmat dan kebangsawanan. Pohon pear merupakan simbol kenyamanan dan buah pir merupakan simbol kesuburan bagi wanita.

Namun meski begitu dalam bahasa Cina, kata pear berarti li yang memiliki arti perpisahan. Itu sebabbnya buah pear tidak diperbolehkan diberikan kepada orangtua, keluarga, sahabat atau kekasih pada momen tahun baru.

Buah pear bagi aku sekalin memberikan rasa segar juga merupakan kenangan akan masa kecilku. Ini adalah buah kesukaan mamaku. No wonder mama rajin sekali membeli buah ini. Biasanya saat family time, papa yang akan mengupasnya untuk kami. Well, itu sedikit memori masa kecil aku tentang buah pear.

Manfaat Buah Pear untuk Kesehatan

manfaat buah pear

Buah pear selain mampu membuat aku terkenang akan masa kecil juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sama seperti sayuran dan buah-buahan lainnya yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari agar tubuh sehat, ada banyak manfaat buah pear untuk kesehatan.

Berikut adalah 9 manfaat buah pear yang bisa kita rasakan bila rajin mengkonsumsinya:

1. Kandungan antioksidan lawan radikal bebas

Buah pear yang sudah matang kaya akan kandungan antioksidan, jika kita rutin mengkonsumsinya, makan sudah tentu manfaat buah pear pada tubuh akan lebih baik dalam melawan berbagai radikal bebas. Kandungan klorofil pada buah pear yang matang mampu berubah menjadi antioksidan aktif yang sangat baik bagi tubuh kita.

2. Memperkuat sistem imun

Buah pear juga kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin K. Tingginya kandungan vitamin C tentu akan sangat baik bagi sistem imun tubuh kita dan membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik sehingga produksi sel darah merah menjadi lebih baik.

3. Mengurangi risiko terkena kanker

Mengkonsumsi satu buah pear bisa memenuhi 8 persen asupan vitamin K harian yang akan menurunkan risiko terkena kanker hingga 45 persen lebih rendah.

4. Melancarkan pencernaan

Buah pear kaya akan serat dimana asupan serat larut dan tak larut, pada satu buah pear saja bisa mencapai 5 gram atau sekitar 20 persen kebutuhan harian serat tubuh kita. Selain memperlancar saluran pencernaan, adanya serat ini juga akan membuat sistem imun tubuh menjadi lebih kuat dan membuat kita mampu menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab berbagai macam penyakit.

5. Menyehatkan otak

Satu buah pear berukuran sedang bisa membuat kita mendapatkan asupan copper (mineral minor) harian sebanyak 15 persen. Kandungan copper ini bisa memperbaiki kekuatan sistem saraf dan membuat kinerja otak menjadi jauh lebih baik.

6. Menurunkan berat badan

Kanar bahagia buat yang diet  nih. Ternyata manfaat  buah pear juga bisa untuk program menurunkan berat badan. Buah seperti pear dan sayuran yang kaya serat dapat membantu membuat kita  merasa kenyang lebih lama dan juga rendah kalori. Peningkatan asupan serat bermanfaat dalam penurunan berat badan yang ditingkatkan untuk individu obesitas.

7. Mengatasi penyakit kardiovaskular dan kolesterol

View this post on Instagram

Info Sembutopia😎😍 . . #SEMBUH #sembutopia #InfoSembutopia #QuoteSembuh #TipsSembuh #happiness #habitat #healthylifestyle #hope #heal #health

A post shared by sembutopia (@sembutopia) on

Buah pear juga baik untuk mengatasi penyakit kadiovaskular dan kolesterol. Sebuah tinjauan dari 67 uji coba terkontrol terpisah menemukan bahwa bahkan peningkatan 10 gram per hari dalam asupan serat dalam buah pear dapat menurunkan LDL (low-density lipoprotein atau kolesterol jahat) dan kolesterol total.

Ada studi terbaru menunjukkan bahwa serat makanan bahkan dapat berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan peradangan, dan manfaat buah pear memiliki potensi untuk mengurangi risiko kondisi terkait peradangan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan obesitas.

8. Diabetes

Diet tinggi serat dengan mengonsumsi buah pear juga dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes dan kadar gula darah lebih stabil pada penderita diabetes.

9Detox

Pergerakan usus yang teratur sangat penting untuk ekskresi racun harian melalui empedu dan tinja. Nah dalam buah pear mengandung sekitar 84 persen air, sehingga manfaat buah pear dapat membantu menjaga kotoran lembut dan menyiram sistem pencernaan dari racun.

Banyak sekali bukan manfaat dari buah pear ini?

Supear – Pesta Buah Pear Bersama Sembutopia

the supear

Eh kenapa juga aku tiba-tiba membahas manfaat buah pear. Kenapa ayo? Karena nostalgia? Karena baru makan buah pear? Bukan juga. Tapi karena aku baru saja diajak menghadiri talk show tentang manfaat buah pear ini bersama Sembutopia.

pic by: Siti Mudrikah

Sekitar satu tahun yang lalu, Kafi Kurnia, pemegang lisensi Apple Washinton, meluncurkan sebuah gerakan kemasyarakatan yang bertujuan untuk memotivasi dan memberikan isnpirasi bagi bagi masyarakat Indonesia untuk memberdayakan kemampuan dirinya sendiri untuk menyembuhkan diri, baik jiwa maupun raga.

Sembutopia, lewat media sosial, memiliki yang kini sudah memiliki pengikut 4.78K, memberikan info tentang gaya hidup sehat yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tujuannya agar hidup kita penuh kesembuhan dengan gaya hidup yang lebih holistik dan berenerji.

Bahkan dalam setahun  ini Sembutopia telah memiliki 2 apotik ,satu sekolah catur, serta perusahaan penyembuhan lingkungan (cleaning services and pest control) yang sudah memperkerjakan 100 karyawan. Rencana ke depannya, Sembutopia akan terus mengadakan sejumlah aktifitas dalam pemberdayaan sumber daya diri masyarakat untuk hidup lebih produktif dengan gaya hidup sehat yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Seperti untuk 1 Desember 2018 di Senayan dan 6 Desember 2018 di Aeon Mall BSD nanti, Kafi Kurnia akan mengadakan kampanye Supear untuk memotivasi masyarakat akan mengkonsumsi buah pear setiap hari. Hal ini berkaitan juga dengan diperingatinya hari pear sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Desember.

Dengan adanya kampanye Supear ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat buah pear serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan bergizi.

Bagaimana, sudah makan buah pear hari ini? Yuk makan buah pear secara rutin dan rasakan manfaat dari buah pear untuk kesehatan tubuh kita. Tentunya jangan lupa untuk diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya ya, seperti tidur cukup, hindari stres, dan tidak merokok.

pic source: HelloFika

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *